Lestari, Fauziah Ayu (2016) Implementasi algoritma fuzzy sugeno untuk pengaturan clue pada game Ali and the labirin. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10650058.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Tingkat kemajuan suatu bangsa juga diukur dari tingkat pendidikannya. Sementara itu, Indonesia masih memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Berdasarkan survei UNDP tahun 2003 mengemukakan bahwa Indonesia ada di urutan bawah yaitu 112 dari total 175 negara, jauh di bawah Malaysia dan Thailand yang masing-masing menempati ukuran 58 dan 74. Filipina menempati urutan 85 sedangkan Vietnam menempati urutan 109.
Banyak faktor mempengaruhi hal tersebut, salah satu di antaranya adalah rendahnya keinginan siswa untuk belajar yang bisa disebabkan karena jenuh, bosan, dan yang lainnya.
Oleh karena itu, diperlukan satu inovasi baru untuk memunculkan kembali minat belajar siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan game sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan di dalam game tersebut ada unsur menyenangkan.
Penelitian ini menjelaskan bagaimana merancang pengaturan clue pada suatu game. Game Ali and The Labirin adalah permainan edukasi bergenre RPG berbasis mobile yang dibangun dengan Unity 3D. Pemain harus menyelesaikan misi untuk menemukan jalan keluar. Agar memperoleh clue pemain harus menjawab semua pertanyaan yang ada di dalam box. Pengaturan clue pada game ini menggunakan sistem kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan yang digunakan adalah fuzzy sugeno. Dengan adanya penerapan fuzzy sugeno pada game ini menjadikan game ini lebih dinamis.
ENGLISH:
Education is a very important thing. The rate of progress of a nation is also measured by the level of education. Meanwhile, Indonesia still has a low level of education. Based on the 2003 UNDP survey suggests that Indonesia is on the order under which 112 of the total 175 countries, far below Malaysia and Thailand, each of which occupies a size 58 and 74. The Philippines ranks 85, while Vietnam ranks 109.
Many factors affect this, one of which is the low need for students to learn that can be caused due to saturation, bored, and others.
Therefore, it needs a new innovation to bring back the interest in student learning. One of them is to use the game as a learning medium. This is because in the game there is an element of fun.
This paper describes how to design a clue in a game setting. Game Ali and The Maze is educational games based mobile RPG genre built with Unity 3D. Players must complete the mission to find a way out. In order to obtain a clue players have to answer all the questions in the box. Settings clue in this game using artificial intelligence systems. Artificial intelligence is used Fuzzy Sugeno. Application of Fuzzy Sugeno in this game make this it more dynamic.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nurhayati, Hani and Arif, Yunifa Miftachul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Clue; Fuzzy Sugeno; Game Labirin; Maze Game | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Dian Anesti | |||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 17:05 | |||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 17:05 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3588 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |