Manajemen inovasi pembelajaran pada kelas unggulan: Studi multisitus di MTsN Model Praya dan MTsN 1 Model Mataram

Ahyar, Ahyar (2015) Manajemen inovasi pembelajaran pada kelas unggulan: Studi multisitus di MTsN Model Praya dan MTsN 1 Model Mataram. Doctoral thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11730042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran yang unggul akan menghasilkan lulusan yang unggul. Kelas unggulan merupakan salah satu bentuk inovasi pembelajaran dalam upaya melahirkan lulusan madrasah yang bermutu. Keberadaan kelas unggulan dapat meningkatkan daya saing madrasah, membangun popularitasnya, dan posisi tawar madrasah sebagai madrasah unggul semakin kuat. Untuk meningkatkan daya saing madrasah tersebut sebagai madrasah yang unggul diperlukan inovasi pembelajaran dengan manajemen yang tepat. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menemukan: (1), konsep inovasi pembelajaran, (2), implementasi fungsi-fungsi manajemen inovasi pembelajaran dan (3), implikasi manajemen inovasi pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara berulang-ulang melalui analisis dalam kasus tunggal dan lintas kasus. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif melalui Analysis Interactive Model, yang terdiri dari koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui credibility, transferability, dependabilty, dan konfirmability.

Penelitian ini menghasilkan bahwa: (1), konsep inovasi pembelajaran pada kelas unggulan dibangun melalui input yang midle dengan proses pembelajaran yang unggul dan melahirkan out put yang unggul. (2) implementasi fungsi-fungsi manajemen inovasi pembelajaran pada kelas unggulan melalui a) desain perencanaan dengan penetapan standar seleksi input, standar proses yang unggul, dan standar output yang unggul, b) pengorganisasian inovasi pembelajaran melalui kurikulum yang diperkaya, alokasi waktu, peran dan tugas guru, dan sumber belajar, c) pelaksanaan inovasi pembelajaran melalui, kurikulum yang diperkaya dengan kurikulum olimpiade, bahasa, dan keagamaan, penataan kelas melalui moving class, guru yang terstandar, pengelolaan media berbasis IT dan full day school, d) evaluasi inovasi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tes dan non tes dengan standar mastery learning, dan penilaian kelas yang high competition, dan (3) implikasi manajemen inovasi pembelajaran meliputi sistem pengelolaan pembelajaran semakin integratif, standar kualifikasi guru semakin baik, dan reputasi madrasah semakin meningkat.

Temuan penelitian ini adalah manajemen inovasi pembelajaran pada kelas unggulan melalui model academic execellent berbasis spritual learning.

ENGLISH:

An excellent learning will produce an excellent output. Excellent class is one form of leaning innovation in order to produce a qualified madrasah’s graduation. The existence of excellent class may increase the madrasah’s competitiveness, build up its popularity, and madrasah’s bargaining power as excellent madrasah becomes stronger. In order to increase the madrasah’s competitiveness as the excellent madrasah needs the learning innovation with accurate management. Therefore, this research aims to find: (1) the concept of leaning innovation, (2), the implementation of learning innovation management functions and (3), the implication of learning innovation management.

This research used a qualitative approach with case study type and multisites study design. The data collection technique was done through deep interview, observation and documentation. The data was analysed repeatedly through analysis in single case and cross-case. The data analysis technique was done through descriptive technique by using Analysis Interactive Model, which consist of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. Meanwhile the data validity checking technique was done through credibility, transferability, dependibilty, and confirmability.

The research found that: (1) the concept of learning innovation in excellent class built through midle input with an excellent learning process and produce an excellent out put. (2) the implementation of of learning innovation management functions in excellent class was done through a) planning design by determining input sellection standard, an excellent process standard, and an excellent output standard, b) learning innovation organization through enriched curriculum, time allocation, teachers’ role and duty, and learning sources, c) the learning innovation was done through enriched curriculum of olympiad, language, and religiosity, the class setting through moving class, a standardized teacher, media management base on IT and full day school, d) the evaluation of learning innovation was done through test and non-test approach with mastery learning standard, and high competition class assessment, and (3) the implication of learning innovation management covers a more integrated learning management system, a better teacher qualification standard, and a more increase madrasah reputation.

The research found: Learning inovation management on excellent classes through academic execellent based spritual learning model.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Supervisor: Bawani, Imam and Sutiah, Sutiah
Keywords: manajemen; inovasi pembelajaran; kelas unggulan; management; learning innovation; excellent classes
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 21 Jul 2016 10:04
Last Modified: 21 Jul 2016 10:04
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3587

Actions (login required)

View Item View Item