Arifin, Zainul (2015) Pengaruh sertifikasi guru terhadap perubahan gaya hidup guru MTs Se-KKMTs (Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah) Wonorejo Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11130030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama. Figur yang satu ini akan senantiasa menjadi sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan. Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Selama ini Guru dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang pada kenyataannya Guru tidak banyak mendapat penghargaan selayaknya dalam sistem sosial. Banyak cerita menyedihkan yang dialami Guru terutama perjuangan Guru di daerah – daerah. Melalui Undang Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen, nasib Guru hendak diangkat tinggi – tinggi. Profesionalitas Guru bakal diakui pemerintah melalui program sertifikasi. Dengan kata lain, sertifikasi adalah pengakuan formal dari pemerintah terhadap sosok Guru sebagai tenaga profesional, mulai jenjang pendidikan anak usia dini hinggah menengah atas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh sertifikasi guru terhadap gaya hidup guru MTs se-KKMTs (Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah) Wonorejo Pasuruan.
Untuk melakukan penelitian ini, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MTs se-KKMTs Wonorejo Pasuruan yang telah mendapatkan sertifikat pendidik. Dengan banyaknya guru yang telah melakukan sertifikasi mencapai 125 guru. Maka dilakukan pengambilan sampel penelitian menggunakan rumus Arikunto didapat sampel sebanyak 27 responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sertifikasi guru terhadap gaya hidup guru MTs se-KKMTs (Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah) Wonorejo Pasuruan. Dari hasil uji coefficients, pada bagian ini dikemukakan bahwa untuk variabel sertifikasi guru (X) terhadap gaya hidup guru (Y) diperoleh nilai signifikan 0,035 yang menyertai thitung 7,539 pada konstanta 5%. Karena signifikansi yang menyertai lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis alternative Ho ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada sertifikasi akan menyebabkan perubahan pada gaya hidup guru.
ENGLISH:
As a whole, teacher is the most decisive component in education system which must be a central concern, first and foremost. This figure will always be the spotlight when it comes to issues education. The teacher is main role in development of education, especially formally organized in school. This time the teacher is regarded as unsung heroes who in fact many teachers are not properly honored in the social system. Sad stories that experienced teachers especially teachers in the region. Through legislation number. 14 year 2005 about teacher and lecture, the fate of teacher will be appointed. Professionalism of teachers will be recognized by the government through a certification program. In other words, certification is formal recognition of the Government to teachers as professionals, ranging from early childhood education to senior high school.
The purpose of this research is explain The Impact Of The Teacher Certification To Change MTs in KKMTs Wonorejo Pasuruan Teacher’s Lifestyle.
For this research, use quantitative research approaches with a simple linear regression analysis. Population in this research is MTs se-KKMTs Wonorejo Pasuruan teachers which get a educator certificate. Many teacher who achieve certification is 125 teachers. Then were taken a research sample use Arikunto’s formula get sample 27 responden.
The result of this research show there The Impact Of The Teacher Certification To Change MTs in KKMTs Wonorejo Pasuruan Teacher’s Lifestyle. Test result coefficients, in this part show to teacher sertification variable (X) to teacher’s lifestyle (Y) obtained significant value 0,035 accompany thitung 7,539 in constanta 5%. Because of the significance that accompanies smaller than 0,05 then hipotesis alternative Ho rejected and conversely Ha be accepted. This shows that the impact of certification will change teacher’s lifestyle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sertifikasi guru; Gaya hidup guru; Teacher’s certification; Teacher’s lifestyle | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Viki Alvionita Dwiningrum | ||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2016 13:14 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2020 13:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3580 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |