Strategi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kementerian Agama Kota Malang

Al Barqy, Abdul Aziz. (2015) Strategi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kementerian Agama Kota Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13710037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkualitas memegang peranan yang utama dalam proses peningkatan kinerja dengan salah satu contoh yang teraplikasikan pada perbaikan produktivitas kerja. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pegawai adalah strategi pemimpin merubah mainset MSDM dan pemimpin harus menciptakan lingkungan kerja yang baik dan pemberian motivasi yang tepat. Lingkungan kerja yang dimaksud, seperti tersedianya perlengkapan dan fasilitas yang memadai, suasana kerja yang menyenangkan akan dapat memberikan kinerja yang efektif dan efisien. Peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja pegawai ini tidak lepas dari strategi Kepemimpinan lembaga ini serta salah satu kunci sukses bagi keberhasilan seluruh organisasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hal-hal sebagai berikut: (1) strategi Kepemimpinan kepala Kementerian Agama dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Malang, (2) Peran kepala Kementerian Agama dalam mengelola sumber daya manusia di Kantor Kementerian Agama Kota Malang, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis kendala dan solusi atau keberhasilannya kepala Kementerian Agama dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Malang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologic naturalistic. Data di kumpulkan melalui metode: wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis datanya dengan tiga jalur yaitu, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.

Penelitian ini menemukan bahwa Strategi Kepemimpinan dapat meningkatkan Kinerja Pegawai di Kantor Kementerian Agama Kota Malang, hal ini ditunjukkan dengan adanya pegawai selalu disiplin, tepat waktu dalam bekerja, aturan–aturan dari pemimping sangat tegas, di sisi lain bisa dikatakan pemimpin mempunyai sifat yang lemah lembut, santun terhadap pegawainya, mengayomi, mengakrabi terhadap bawahan, tidak pilih kasih semua jabatan di anggap sama, sering menyapa dan rasa kebersamaan menjadi menyatu di lingkungan Kementerian Agama Kota Malang.

Saran yang disampaikan peneliti bersifat konstruktif yaitu untuk mencapai hasil yang maksimal pendekatan personal harus lebih ditingkatkan.Tanpa membeda-bedakan pegawai/karyawan yang satu dengan yang lain sehingga tanpa membuat itu menjadi sebuah konflik atau kecemburuan yang dirasakan oleh masing-masing pegawai.

ENGLISH:

Reliable and qualified Human resources (HR) has major role in the process of improving performance by one of the examples which are applied to the improvement of job productivity. The performance of employees in performing their duties is very influenced by external and internal factors. Among the external factors is the organization's work climate. Because of conducive working conditions will help to improve employee morale which ultimately will affect the results of the employee's performance. The role of the leader in improving the performance of employees is one of the keys to success of an organization.

This study aimed to describe how the implementation of a leader's role in improving employee performance as a motivator and to describe the constraints faced by leaders in improving employee performance. Existing employees of Malang Religion ministry also carried out the tasks of providing good service to the society whose implementation required the motivation of leaders for the implementation. In improving the performance of employees was needed in Leadership role in the organization, so that with so employees will be increasingly capable and easy to carry out their duties as the goal of the organization that will be achieved effectively and efficiently.

The method used qualitative research type with fenomenologic naturalistic approach. Data collection were through: interviews, observation and documentation. Technical analysis of the data were with three channels, namely, the presentation of data, data reduction and conclusion.

The conclusions of this study were: leadership strategy in improving the performance of employees in these institutions, were: a). about discipline of on time working b). Providing the exemplary to all employees. c). Creating a conducive working atmosphere of full of kinship among employees d). Improving the welfare or salary employee e). Motivating employees through coaching, training, workshops, seminars, f). Increasing the ability to include technical training, such as computer training, promotion, retirement, public relations, secretary, etc. g). Modeling: When send an employee to discipline, then they wanted to implement and improved the performance of a more effective and efficient.

Suggestions presented by constructive researcher was to increase employee understanding of the duties and responsibilities of directing the work that was needed on a regular to employees duties related.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hady, Samsul and Barizi, Ahmad
Keywords: Strategi Kepemimpinan; Manajemen Sumber Daya Manusia; Kinerja Pegawai; Leadership Strategy; Human Resource Management; Employee Performance
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 21 Jul 2016 10:03
Last Modified: 21 Jul 2016 10:03
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3530

Actions (login required)

View Item View Item