Ariani, Rizka Maulidya Nur (2016) Pengaruh daya tarik iklan online shop terhadap pembelian impulsif (impulsive buying) pada mahasiswi fakultas psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12410094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelian Impulsif adalah pembelian tanpa perencanaan yang dilakukan secara spontan, segera, terburu-buru, dan didorong adanya aspek psikologis serta didasari hasrat, mood, dan emosi. Penyebab dari perilaku impulsif ini dapat didorong oleh faktor eksternal, salah satunya daya tarik iklan. Daya tarik iklan ini disebut juga suatu hal yang menampilkan baik dari segi gambar, informasi, dan persuasi pemasar yang guna menarik konsumen untuk melakukan pembelian dengan menggunakan iklan yang ditampilan dengan menggunakan media sosial. Dalam era yang modern seperti saat ini khususnya, sudah memiliki peralatan yang canggih dan semakin memudahkan bagi para konsumen. Berbelanja sendiri tidak dapat dipisahkan dari perempuan. Dimana dalam penelitian sebelumnya disebutkan bahwa perempuan yang lebih cenderung berbelanja secara online.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan daya tarik iklan online shop sebagai variabel bebas dan pembelian impulsif sebagai variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini 112 orang mahasiswi Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswi Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang 2012-2015 memiliki ketertarikan daya tarik iklan online shop yang tinggi sebanyak 88% atau 98 mahasiswi dan yang tidak tertarik sebesar 12% atau 14 mahasiswi. Kecenderungan perilaku pembelian impulsif sebanyak 89 mahasiswi atau 80% dinilai tinggi dan 23 mahasiswi atau 20% dinilai rendah. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa ada pengaruh antara variabel daya tarik iklan online shop terhadap pembelian impulsif dengan nilai R Square 0,126 atau sebesar 12,6%. Ditemukan juga bahwa aspek kebahagiaan dan stimulasi dari daya tarik iklan online shop memiliki nilai pengaruh paling tinggi pada aspek rasional pembelian impulsif sebesar 70,9%., sedangkan yang paling rendah sebesar 3,5% adalah spontanitas. Untuk aspek emosional pembelian impulsif lebih banyak dipengaruhi oleh aspek ketidakpedulian akan akibat sebesar 11,3% dan kekuatan pembelian memiliki pengaruh paling rendah sebesar 6,2%.
ENGLISH:
Impulsive buying is a purchase without any planning done spontaneously, immediately, in a hurry, and encouraged the psychological aspects and based on desire, mood, and emotion. The cause of this impulsive behavior could be driven by external factors, one of which appeal advertising. The appeal of this ad is called also a good thing to show in terms of images, information, and persuasion marketers in order to attract consumers to make purchases by using ads that are displayed by using social media. In the modern era like today, especially, already have sophisticated equipment and make it even easier for consumers. Shopping can not be separated from women. Where in previous studies mentioned that women are more likely to do shop online.
This research is a quantitative research of attractiveness of advertising online shop as an independent variable and impulsive purchases as the dependent variable. The samples in this study were 112 female students of the Faculty of Psychology UIN Maliki. The results of this study indicated that a student of Faculty of Psychology UIN Maliki 2012-2015 had an interest in ATTRACTION of online shop as 88% or 98 students and were not interested in 12% or 14 student. The tendency of impulsive purchase as much as 89 or 80% female students and 23 female students rated higher or 20% undervalued. Hypothesis test results noted that there was the influence of variables of online shop on impulse purchases with a value of R Square 0.126 or 12.6%. It was also found that the aspect of happiness and stimulation of online shop had the highest impact on the value of the rational aspect of impulsive purchase of 70.9%., While the lowest at 3.5% was spontaneity. For the emotional aspects of impulsive purchase was influenced by aspects of indifference to the result of 11.3% and purchasing power had the lowest effect of 6.2%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mangestuti, Retno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Daya tarik iklan online shop; Pembelian impulsif; Fascination online advertising shop; Impulsive purchases | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Siti Maimunah | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 17:48 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 17:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3522 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |