Kartika, Katon Dwi (2022) Strategi hubungan masyarakat dalam meningkatkan citra Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD): Studi kasus di Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
18170034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Citra yang baik dalam sebuah lembaga pendidikan akan mampu menarik kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap lembaga tersebut. Citra yang di bentuk publik berasal dari nilai-nilai yang berbentuk program-program yang di buat lembaga dan dikomunikasikan oleh bagian humas kepada publik. Peran humas dalam menyampaikan informasi terkait lembaga akan mempengaruhi citra lembaga. Oleh sebab itu humas membuat strategi-strategi yang bisa menarik kepercayaan masyarakat guna meningkatkan citra lembaga.
Fokus peneliti pada penelitian ini diantaranya: 1) Bagaimana perencanaan humas dalam meningkatkan citra PAUD di Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor? 2) Bagaimana implementasi strategi humas dalam meningkatkan citra PAUD di Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor? 3) Bagaimana evaluasi humas dalam meningkatkan citra PAUD berbasis pesantren di Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti mengambil lokasi di Pendidikan Anak Usia Dini Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diantaranya observasi, dokumentasi serta wawancara dengan pihak-pihak terkait. Dan menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengecekan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan humas PAUD PAS BQ dalam meningkatkan citra lembaga dilaksanakan satu tahun sekali yaitu pada awal tahun ajaran baru yang melalui beberapa proses yang diawali dengan laporan pertanggungjawaban program kerja sebelumnya, evaluasi dan solusi, penetapan program kerja baru dan pengesahan program kerja tahun ajaran baru. 2) Implementasi strategi humas dalam meningkatkan citra lembaga ini dibagi menjadi dua, yaitu implementasi strategi humas ke dalam lembaga yang mencakup dokumentasi, kerjasama, perbaikan pengelolaan humas, pembuatan slogan, penerapan core value lembaga. Dan implementasi strategi humas ke luar lembaga yang mencakup kerjasama, mengikuti perlombaan, promosi dan semboyan penerimaan tamu. 3) Evaluasi humas PAUD PAS BQ dilaksanakan mulai dari evaluasi insidental, evaluasi bulanan dan evaluasi tahunan. Peningkatan citra yang ada di lembaga tersebut diantaranya yaitu lembaga semakin memiliki koneksi yang banyak, meningkatnya kepercayaan publik, sering menerima tamu baik tamu yang bertujuan untuk melaksanakan kunjungan, penelitian, studi banding maupun dalam rangka kerjasama, peningkatan santri baru dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini.
ENGLISH:
An education institution which has good images could raises public trust and support. Public images made from values intitution in form of programs which cummunicated to public. Public relations task in communicate the informations for publik has many impacts in improving institution images. Therefore, public relations should creats strategies to increase institution image.
Focus of this research are: 1) How plan of public relations in improving image of Islamic Boarding School-Based Early Chilhood Education in Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo?, 2) How implementation of public relations strategies in Islamic Boarding School-Based Early Chilhood Education in Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo?. 3) How evaluation of public relations in Islamic Boarding School-Based Early Chilhood Education in Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo?.
This research uses kualitatif methode with case study as kind of research. This research object is Islamic Boarding School-Based Early Chilhood Education in Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo. Data collection tecnique used in this reseach are observation, documentation and interview. Analisist tecnique used in this reseach are data reduction, data presentation and conclution or verification. Checking data validity tecnique by triangulation.
Result of this research shows that 1) Public relations plan in increasing institutions image plans once a year at the beginning of new school academic year. Planning process of public relations are accountability report, evaluation and solution, new program formulation and the last is new program validation. 2) There are two ways use by public relations to implements its programes, there are implementation to inside institution such as documentation, collaboration, improvement management of public relations, slogan creation and the aplication of core value. And the other implementation is implementation to outside institution such as collaboration, follow up competitions, promotion, and implementation of guest receptions motto. 3) Public relations evaluastion helds in several times such as insidental evaluastion, monthly evaluastion and annual evaluation. Proofs of this improvement are increasing guests that come to this institution, an increasing new student in every year.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasanah, Siti Ma'rifatul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Citra; Strategi; Humas; PAUD; Image; Strategy; Public Relation; Early Chilhood Education | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Katon Dwi Kartika | ||||||
Date Deposited: | 25 Apr 2022 13:13 | ||||||
Last Modified: | 25 Apr 2022 13:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/35212 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |