Hasanah, Roifatul (2016) Peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas VIII MTs Hidayatun Nasyiin Pasrepan Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12130071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Seiring dengan berkembangnya zaman, masyarakat saat ini banyak banyak dihadapkan oleh problematika terutama menurunnya sikap Nasionalisme bangsa Indonesia, terutama para pemuda penerus bangsa. Menurunnya sikap Nasionalisme ini ditandai dengan menurunnya kecintaan bangsa Indonesia terhadap budaya bangsanya sendiri, melainkan lebih mengenal dan mengetahui budaya bangsa lain. Oleh karena itu dalam upaya meningkatkan sikap Nasionalisme peran guru disini sangat dibutuhkan dalam menanamkan sikap sikap Nasionalisme terhadap siswa sejak dini sehingga tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Berangkat dari latar belakang itulah, penulis bermaksud membahas peran guru IPS dalam meningkat sikap Nasionalisme siswa kelas VIII MTs Hidayatun Nasyiin Pasrepan Pasuruan.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peran guru IPS pada siswa kelas VIII MTs Hidayatun Nasyiin Pasrepan Pasuran, dan bentuk sikap Nasionalisme siswa yang dilakukan dalam bentuk kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, metode pengumpulan data dilakukan melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Kemudian langkah akhir dalam anlisis data penulis menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk sikap Nasionalisme siswa kelas VIII MTs Hidayatun Nasyiin Pasrepan-Pasuruan yaitu, bangga menjadi bangsa Indonesia, rela berkorban, menerima kemajemukan dan bangga kepada budaya Indonesia, dan menghargai jasa para pahlawan. Sedangkan peran guru sangat penting dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa, peran guru dalam meningkatkan sikap nasionalisme sisawa sebagai berikut, sebagai, pembimbing, jembatan antar generasi, stimulus kreatifitas, dan sebgai otoritas.
INGGRIS:
In a time, the society should face a lot of of problems especially demotivation toward Nationalism attitude, the first and foremost are the young generations as a succesor. Demotivation towards Nationalism attitude can be seen by the low nationalism of Indonesian towards culture. As a consequence, in in order to improve Nationalism, teacher’s role is required in planting Nationalism toward students early stage in such a way that this canationalism can be reflected in daily activity. Based on such a condition, the researcher will discuss about the role of social science teacher in improving nationalism attitude towards the eight grade of MTs Hidayatun Nasyiin Pasrepan Pasuruan.
This research aims to discover Social Science Teacher towards the eight grade of MTs Hidayatun Nasyiin Pasrepan Pasuruan and to know Nationalism attitude of students that reflected in their daily acitivity, both in a class and outside of class.
This research used descriptive qualitative method, case study. In gaining the data, observation, interview and documentation become instruments. In addition, the data analyzed qualitatively.
The result of this research showed that the form of the eight grade of MTs Hidayatun Nasyiin Pasrepan Pasuruan that are proud of become Indonesian, acquisce in becoming martyr, accept complexity, proud of Indonesian culture and appreciate Indonesian hero. Besides, teacher’s role is so significant in improving nationalism attitude of students. The teacher stands as supervisor, bridge among generations, creativity stimulus and authotiritarian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rachmaniah, Aniek | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Guru; Sikap Nasionalisme; Teacher’s Role; Nationalism Atitude;وجود المدرّس وروحية الوطنية | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Arfan Trisna Rizkydian | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 12:03 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 12:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3511 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |