Pengaruh penggunaan android dan e-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang

Shofiyah, Siti (2016) Pengaruh penggunaan android dan e-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12130125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak pada semua bidang, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Termasuk diantaranya penggunaan android dan E-learning yang muncul sebagai eksistensi penggunaan teknologi dalam ranah pendidikan. E-learning menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai belajar secara konvensional sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan globalisasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan pengaruh penggunaan android terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang, (2) menjelaskan pengaruh penggunaane-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang, (3) menjelaskan pengaruh penggunaan android dan e-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, instrument yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang jumlahnya 273 siswa dengan mengambil sampe 48 dari populasi siswa. Analisis datayang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi, determinasi, uji t dan uji F.

Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan android terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel(3,204> 2,01) dengan nilai signifikansi 0,002. Artinya penggunaan android sebagai sumber dan media dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang. (2) tidak terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan e-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS ditunjukkan dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel(0,961< 2,01)dengan nilai signifikansi 0,342. Artinya penerapan e-learning tidak dapat menyebabkan peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang. Karena penerapan e-learning masih bersifat sederhana, ketersedian materi mata pelajaran IPSmasih minim, pembelajaran masih berpusat pada guru dan faktor-faktor lain di luar e-learning lebih mempengaruhi hasil belajar siswa. Seperti diantaranya faktor jasmani, spikologis, keluarga dan lain sebagainya. (3)terdapat pengaruh positif signifikan penggunaan android dan e-learning terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS ditunjukkan dengan Fhitung lebih besar dari Ftabel(7,807>3,19) dengan nilai signifikansi0,001. Dan diperoleh nilai regresi linier berganda sebesar Y = 30,403 + 0,860 X1 + 0,211 X2+ e

INGGRIS:

The development of information and communication technology brought the impact on all fields, no exception in the world of education. Including the use of android and E-learning that appears as the existence of the use of technology in the jurisdiction of education. E-learning provides a set of tools that can enrich the value of conventional learning so that can answer the challenge the development of globalisation.

The purpose of this research are (1) explains the influence of using android toward the results of Social Sciences students at class VIII SMPN 3 Kepanjen Malang, (2) explains the influence of using e-learning toward the results of Social Sciences students at class VIII SMPN 3 Kepanjen Malang, (3) explains the influence of using android and e-learning toward the results of Social Sciences students at class VIII SMPN 3 Kepanjen Malang.

This research method using quantitative research, instrument that are used in the form of questionnaires and documentation. The population in this research are the students of class VIII SMPN 3 Kepanjen Malang number 273 students take until 48 from the population of students. Analysis of the data used in this study using multiple regression analysis, determination, t test and F test
The results of the research that has been done that: (1) there is a significant positive the influence of useandroid toward the results of the study of Social Sciences with the value of tcount greater than ttable (3,204 > 2.01) with the value of the significance of 0,002.

This means that the use of android as a source and the media in the process of learning can improve the results of the study of Social Sciences the students at class VIII SMPN 3 Kepanjen Malang. (2) there is no significant positive influence the use of e-learning toward the results of the study of Social Sciences indicated by the value of tcount smaller than ttable (0,961< 2.01) with the value of the significance of 0,342. This means that the implementation of e-learning cannot cause an increase the results of the study of Social Sciences the students of class VIII SMPN 3 Kepanjen Malang. Because implementation of e-learning still is simple, ubiquitous Social Studies material is still low, learning is still centerd on teachers and other factors outside of e-learning more influence the outcome of student learning. Such as including physical factors, psychology, family and etc. (3) there is a significant positive influence the use of android and e-learning toward the results of the study of Social Sciences indicated with Fcount greater than Ftabel (7,807 > 3,19) with the value of the significance of 0.001. And obtained the value of double linier regression of Y = 30,403 + 0,860 X1 + 0,211 X2 + e

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Julaihah, Umi
Keywords: Android; E-learning; Hasil Belajar; Learning Results; نتائج التعلم
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Arfan Trisna Rizkydian
Date Deposited: 21 Jul 2016 05:03
Last Modified: 21 Jul 2016 05:03
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3486

Actions (login required)

View Item View Item