Subhi, Mohammad Bagus (2016) Implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII D di SMPN 1 Purwosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12130025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pentingnya pendidikan karakter tidak lepas dari munculnya beberapa fenomena sosial saat ini, yang ditunjukan dengan perilaku yang tidak berkarakter serta adanya gejala-gejala yang menandakan tergerusnya karakter sebuah bangsa. Karakter bangsa merupakan aspek penting dari kualitas sumber daya manusia karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Dalam undang-undang sistem pendidikan nasional Indonesia sebenarnya sudah tercermin mengenai pendidikan karakter dimana dalam SISDIKNAS telah ditegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan potensi dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII D SMPN 1 Purwosari serta sikap sosial apa saja yang ditanamkan dalam pembelajaran tersebut dan yang terakhir adalah bagaimana penilaian pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII D SMPN 1 Purwosari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Kemudian pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut : (1) proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik melalui pembelajaran IPS Terpadu kelas VIII D SMPN 1 Purwosari dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dengan mata pelajaran IPS Terpadu serta menanamkan nilai-nilai karakter dalam setiap pembelajaran yang berlangsung sehingga sikap sosial peserta didik bisa terbentuk, (2) sikap sosial yang dibentuk di kelas VIII D meliputi : jujur, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri, (3) penilaian yang dilakukan oleh guru menggunanakan lembar pengamatan sikap peserta didik yang didalamnya di bagi menjadi empat item yaitu penilaian diri sendiri, teman sejawat, observasi, dan jurnal.
INGGRIS:
The importance of character education cannot be separated from the appearance of some current social phenomena, which is shown by the behaviour without character as well as the symptoms that indicate the erosion on the character of a nation. Character of the nation is an important aspect of the quality of human resources because the quality of the nation's character determines the progress of the nation itself. In the law of Indonesia's national education system, the character education is actullay already reflected in the National Education System (SISDIKNAS) which has been affirmed that the national education serves to develop the potential, the character and also the civilization of the nation's dignity in order to develop the nation’s intellectual life.
This study aims to identify how the process of implementation of character education in shaping social attitudes of learners through the learning of Integrated Social Science Class VIII D SMPN 1 Purwosari, and what social attitudes are invested in the learning and lastly how the assessment of character education in shaping the social attitudes of learners through learning Integrated Social Science Class VIII D SMPN 1 Purwosari.
This study used a qualitative approach and the type of this research is a case study. Then the data collection used is by observation, interviews, and documentation.
The results of the study conducted by researchers are as follows: (1) the implementation process of character education in shaping social attitudes of learners through learning Integrated Social Science Class VIII D SMPN 1 Purwosari conducted by integrating character education with the subject of Integrated Social Science and invest the character values in every learning process so that the social attitudes of the learners can be formed, (2) social attitudes formed in class VIII D include: honesty, responsibility, tolerance, mutual cooperation, courtesy, and confidence, (3) the assessment conducted by the teachers was using observation sheets for the attitudes of the learners which is divided into four items, namely self-assessment, peer assessment, observation, and journals.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Karakter; Sikap Sosial; IPS Terpadu; Character Education; Social Attitudes; Integrated Social Science; تربية الشخصية ، المواقف الاجتماعية، IPS المتكاملة | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Arfan Trisna Rizkydian | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 12:02 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 12:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3484 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |