Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film “The Miracle Worker”

Rochmawati, Warda Putri (2016) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film “The Miracle Worker”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12110100).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan Nasional pada hakekatnya adalah membentuk karakter bangsa. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan di sekolah merupakan upaya pembentukan character building peserta didik menjadi bangsa yang kuat dalam menghadapi persaingan masyarakat global. PAI sebagai mata pelajaran pembentuk karakter. Pesan dan nilai-nilai karakter dapat dikembangkan dan diperoleh dari berbagai media pembelajaran. Pembelajaran PAI saat ini masih dianggap kurang mampu membentuk karakter dan cenderung ke aspek kognitif. Film adalah sebuah media audio visual yang bisa menjadi wahana hiburan serta dapat memberi pengetahuan dan pendidikan bagi penonton. Film ini merupakan salah satu media yang mengandung pesan nilai-nilai pendidikan karakter. Sehingga perlu dilakukan analisis terhadap nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film “The Miracle Worker” pada pembelajaran yang dapat difungsikan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi atau mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan dalam film “The Miracle Worker”. Dan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam film “The Miracle Worker”? Bagaimana metode pembentukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam film “The Miracle Worker”? Bagaimana implikasi penggunaan media film “The Miracle Worker” dalam pembentukan karakter pada pembelajaran PAI?.

Penelitian ini adalah termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik teori Roland Barthes dan termasuk jenis penelitian dokumen. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan metode content analysis yaitu menganalisis isi dialog, alur, setting dan karakter berdasarkan nilai-nilai pendidikan karakter.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat nilai karakter dalam film “The Miracle Worker” yaitu nilai keyakinan, kerja keras, ketulusan, menghargai dan sabar. Nilai-nilai tersebut dikembangkan agar manusia dapat menghayati dan mengamalkan nilai-nilai pendidikan karakter bagi pribadinya. Kedua, pembentukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam film “The Miracle Worker” ditemukan dalam 3 metode, yakni memberikan keteladanan dan penghargaan, memberikan kepercayaan dan pendampingan, serta belajar dari pengalaman yang sukses maupun kegagalan. Ketiga, implikasi penggunaan media film “The Miracle Worker” dalam pembentukan karakter pada pembelajaran PAI adalah untuk membangun self confidence, self spiritualization, dan self actualization.

ENGLISH:

Based on the reality, National Education is forming the nation character. The values of character education that implanted in the school are the efforts to form the character building of the students to be strong nation in facing global society competition. Islamic Education Department as the character lesson builder, the command and the values of characters can be developed and acquired by the variety of learning media. Since learning of PAI lesson still considered as unable to build character and tend to cognitive aspect. Film is a visual media that can be entertainment and can be giving the knowledge and the education for spectator. This film is one of media, which contains the moral value of character education. Therefore, it needs to be analyzed the values of character education on “The Miracle Worker” film in learning process, whether it can be useful to form the values of it to the students or not. The objective of this study is to explore or describe the values of character education that was developed on “The Miracle Worker” film. Furthermore, this study focuses on what are the values of character education on “The Miracle Worker”? How the method in forming the values of character education on “The Miracle Worker”? And how the implementation of using “The Miracle Worker” as media in building the students’ character in PAI learning process?

The study is qualitative method by using semiotic theory approach by Roland Barthes as kind of document research. In addition, the researcher used observation and documentation method in collecting the data while to analyze the data the researcher used content analysis method by analyze the content of the dialogues, plot, setting, and character based on the values character education.

The result of study showed that: 1) There are the character values on “the Miracle Worker” Film, those are the value of conviction, hard work, honesty, appreciate, and patient. All of them were developed so that the people can inspire, and apply the values of character education its self. 2) There are three methods that discovered in building the values of character education on “the Miracle Worker” Film. Those are giving a model and reward, giving belief and guidance, and studying from success experiences or failure. 3) The implementation of using “the Miracle Worker” Film media in building the characters in the PAI lesson are to build self-confidence, self-spiritualization, and self-actualization.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Suti’ah, Suti’ah
Keywords: Analisis; Nilai-nilai Pendidikan Karakter; Film The Miracle Worker; An Analysis; The values of Character Education; The Miracle Worker Film
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elly Megawati
Date Deposited: 21 Jul 2016 05:13
Last Modified: 21 Jul 2016 05:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3474

Actions (login required)

View Item View Item