Sulukiyah, Anna Akhsanus (2016) Peran guru dalam membentuk karakter melalui nilai-nilai kedisiplinan pada siswa kelas IV di SDN Gondangwetan 1 Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Disiplin berarti tertib, taat, latihan membentuk karakter moral. Oleh karena itu disiplin merupakan suatu masalah penting. Tanpa adanya kesadaran akan keharusan melaksanakan aturan yang sudah ditentukan sebelumnya maka pengajaran tidak mungkin mencapai target yang maksimal. Dalam kaitan ini maka dibutuhkan peran guru untuk menjadi teladan kepada siswanya tentang nilai yang baik dan kurang baik sehingga mampu membentuk karakter siswa yang kuat.
Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakter melalui nilai-nilai kedisiplinan pada siswa kelas IV di SDN Gondangwetan 1 Kabupaten Pasuruan, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk karakter melalui nilai-nilai kedisiplinan pada siswa kelas IV di SDN Gondangwetan 1 Kabupaten Pasuruan.
Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data: teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu reduksi data, display/penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) peran guru dalam membentuk karakter melalui nilai-nilai kedisiplinan pada siswa kelas IV di SDN Gondangwetan 1 Kabupaten Pasuruan adalah ketepatan guru saat datang ke sekolah, tutur kata dan bahasa yang baik dan sopan, cara berpakaian guru sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku serta selalu bersalaman dengan sesama guru, (2) faktor pendukung guru dalam membentuk karakter melalui nilai-nilai kedisiplinan pada siswa kelas IV di SDN Gondangwetan 1 Kabupaten Pasuruan antara lain adanya kontrol dari kepala sekolah secara langsung baik dengan terlibat langsung maupun melalui evaluasi rutin, adanya peran aktif dari dewan guru, adanya peran aktif dari orang tua siswa, kesadaran para siswa, dan adanya kekompakan antara kepala sekolah dan para guru. Adapun faktor penghambatnya adalah pengaruh lingkungan keluarga yang kurang bisa membagi waktu dengan baik karena kesibukan pekerjaan dan pengaruh lingkungan masyarakat yang kurang baik.
ENGLISH:
Discipline means orderly, obedient, exercising in forming moral character. Therefore, discipline is an important issue. Without the awareness of the necessity to implement the rules predefined then learning may not reach the maximum target. In this case it needs the role of the teacher to be an example to their students about the good value or not, so be able to form a strong student character.
The purposes of the study were to (1) Describe the teacher's Role in shaping character through discipline values of students of class IV in Public Elementary School (SDN) Gondangwetan 1 Pasuruan, (2) Describe the supporting and inhibiting factors of teachers in shaping character through discipline values of students of class IV in Public Elementary School (SDN) Gondangwetan 1 Pasuruan.
To achieve the purposes above, the researcher used a qualitative research approach with this type of case study research. Data collection techniques: observation, interviews and documentation that analyzed with the step, namely data reduction, display / data presentation and drawing conclusions.
The results showed that, (1) the role of teachers in shaping the character through the values of discipline in the fourth grade students of SDN Gondangwetan 1 Pasuruan was the appropriateness of teachers when it came to school, speech and language was good and polite, manner of dress of teachers was in accordance with schedules and regulations and always doing the shake hands, (2) factors supporting teachers in shaping the character through the values of discipline in the fourth grade students of SDN Gondangwetan 1 Pasuruan were, the control of the school principal whether directly by engaging or through regular evaluations, the active role of the teachers, the active role of parents, students' awareness, and the absence of unity between the principal and the teachers. The inhibiting factor were the influence of family environment that was less able to share good time because of busy work and environmental influences of societies that were not good.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran guru; Karakter siswa; Kedisiplinan;The role of the teacher; Student character; Discipline | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Siti Maimunah | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 12:10 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 12:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3469 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |