Khikmiyah, Jazilatul (2016) Peran Yayasan Yatim Piatu Siti Fatimah Desa Kulak Nogosari Kecamatan Pandaan-Pasuruan dalam pembinaan akhlak pada anak asuh. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembinaan akhlak pada anak perlu dilakukan sejak dini. Pembinaan bisa dari orang tua kandung bagi mereka yang masih mempunyai keluarga yang utuh. Dan bagi mereka yang tinggal didalam yayasan yatim piatu akan mendapatkan pembinaan akhlak dari pengurus (Pembina, guru/ustadz) yayasan. Untuk mempunyai akhlakul karimah diperlukan latihan-latihan dan juga pembinaan yang baik, sehingga dari latihan yang mereka jalani setiap harinya maka secara tidak langsung pesan-pesan moral yang terkandung didalam pembinaan akhlak di yayasan akan berada didalam diri setiap anak asuh.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memahami bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan didalam yayasan yatim piatu siti Fatimah pandaan, (2) memahami peran yayasan yatim piatu siti Fatimah pandaan didalam pembinaan akhlak pada anak asuh, (3) memahami faktor kendala dan solusi yang diambil didalam pengembangan program pembinaan akhlak di yayasan yatim piatu siti Fatimah pandaan.
Untuk mencapai tujuan diatas, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data secara deskriptif yang akan diperoleh melalui pendekatan kualitatif dimana data-data tersebut dapat dihasilkan dari penelitian dan kajian baik secara teoritis maupun dengan empiris.
Hasil penelitian menunjukkan yaitu: (1) Bentuk kegiatan didalam yayasan yang wajib bagi anak asuh untuk mengikutinya yaitu melaksanakan sholat malam, berjama’ah sholat, mengikuti kegiatan ekstrakulikuler religius, mengaji. (2) Yayasan yatim piatu siti Fatimah mempunyai peran didalam pembinaan akhlak pada anak asuh, yaitu: sebagai fasilitator, motivator, dan sebagai lembaga pendidikan agama non-formal (Pembinaan moral), sebagai orang tua bagi anak-anak yang tidak mempunyai orang tua. (3) Didalam pelaksanaan kegiatan tentunya terdapat kendala-kendala didalamnya antara lain kendalanya yaitu seperti terdapat guru/ustadz yang berhalangan hadir, terdapat tamu yang ingin bertemu dengan anak-anak untuk meminta do’anya, serta kurangnya kesadaran anak-anak dalam mengikuti kegiatan yang berlangsung. Kemudian soulsi yang diambil yayasan yaitu: memberi pengertian kepada anak-anak bahwa pentingnya kegiatan tersebut bagi diri mereka sendiri.
INGGRIS:
Children morals coaching need to be done early. Coaching can be of biological parents for those who still have an intact family. And for those who live in orphanages will receive coaching morals of officials (coaches, teachers) of foundation. Akhlakul Karimah requires to have exercises and good coaching, so of practice in which they live every day then it implies a moral message contained in the moral foundations of coaching will be inside every child.
The purpose of this study was to: (1) understand the forms of activities carried out within orphanages of Siti Fatimah Pandaan, (2) understand the role of orphanages of Siti Fatimah Pandaan in coaching morals in child, (3) understanding of the challenges and solutions taken in the development of training programs of morals in orphanages of siti Fatimah Pandaan.
To achieve the objectives above, this research used qualitative research methods. The data source of this research used primary data sources and secondary data. Data collection techniques used observation, interviews, and documentation. In this study, researcher used descriptive data analysis techniques that will be acquired through a qualitative approach in which the data may be generated from the research and studied both theoretically and empirically.
The results showed that: (1) This form of activity inside the foundation which was mandatory for foster children to follow that evening prayers, prayers in congregation, following the religious extracurricular activities, the Reading. (2) orphanages Foundation of Siti Fatimah had a role in the development of morals in foster child, namely: as a facilitator, motivator, and as a religious educational institution of non-formal (moral guidance), as a parent of children who did not have parents. (3) In the implementation of the course, there were obstacles namely as the constraints that teachers who was unable to attend, there were guests who wanted to meet with children to ask the pray, as well as lack of awareness of children in the following activities. Then the solution taken the foundation were: to give sense to the children the importance of these activities.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Yayasan Yatim Piatu; Pembinaan Akhlak; Anak Asuh; The Role of Orphan Foundation; Moral Guidance; Children | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Arfan Trisna Rizkydian | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 12:02 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 12:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3467 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |