Hidayati, Maulina Aulia (2016) Hubungan antara pelaksanaan shalat Dhuha dengan kedisiplinan siswa kelas VII di MTs Mambaul Ulum Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12110061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Shalat merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Dengan melakukan shalat, hati akan terasa tentram dan damai karena kita akan merasa dekat dengan Allah Swt. Ketika kita merasa dekat dengan-Nya, kita akan dimudahkan segala sesuatu yang kita niatkan positif. Oleh karena itu, shalat adalah perwujudan komunikasi kita dengan Allah. Selain sebagai penghubung antara manusia dengan Allah, shalat juga dapat dijadikan sebagai media untuk membentuk akhlak yang positif yang sangat perlu diajarkan kepada anak-anak, salah satunya yaitu memiliki sikap disiplin. Dengan disiplin hidup akan menjadi lebih teratur dan ia akan mudah meraih kesuksesan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) menjelaskan proses pelaksanaan shalat dhuha di MTs Mambaul Ulum Pakis, (2) menjelaskan hubunganantara pelaksanaan shalat dhuha dengan kedisiplinan siswa kelas VII di MTs Mambaul Ulum Pakis Malang, (3) menjelaskan besarnya hubunganantara pelaksanaan shalat dhuha dengan kedisiplinan siswa kelas VII di MTs Mambaul Ulum Pakis Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun jumlah populasinya adalah 42 siswa kelas VII MTs Mambaul Ulum. Karena populasi kurang dari 100, maka sampel yang diambil adalah sejumlah populasi tersebut yakni 42 siswa. Lokasi yang diteliti adalah MTs Mambaul Ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach, dan korelasi menggunakan reknik analisa data product moment.
Dari penelitian tersebut dapat diketahui bahwa hubungan pelaksanaan shalat dhuha terhadap kedisiplinan siswa kelas VII menujukkan tingkat sedang dengan korelasi product moment sebesar 0,469. Dari hasil tersebut menunjukkan ada hubungan yang signifikan karena berada antara 0,41-0,60 yang berarti sedang sebesar 22% dan 78% yang lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan diketahuinya hasil penelitian tersebut, maka penulis memberikan saran yaitu perlu adanya pembinaan tambahan tentang kedisiplinan kepada siswa MTs Mambaul Ulum sehingga dapat meningkatkan tingkat kedisiplinan selain dengan melaksanakan shalat dhuha.
ENGLISH:
Prayer is a compulsory worship that has to be done by every moslem. By doing prayer, we find peace and feel calm. It is because we feel stay close to Allah SWT. When we close to Allah SWT, we can do everything easily and positively. Prayer is a fact of our communication to Allah SWT. It is a connectivity of human being and Allah, too. Prayer is a media to create a positive attitude which is very important to be tought to children.It is a discipline. Discipline of life can makes the students more orgenize and easily to get success.
The goals of this thesis are: (1) to explain the implementation of dhuha prayer at MTs Mambaul Ulum Pakis. (2) to explain the relationship of dhuha prayer's implementation and the discipline of seventh grade students at MTs Mambaul Ulum Pakis, Malang. (3) to explain the influence of Dhuha prayer and the discipline of seventh grade students at MTs Mambaul Ulum Pakis, Malang.
To get those goals, this thesis uses quantitative research. The population was 42 students of seventh grade at MTs Mambaul Ulum Pakis. The population is less than 100, so the sample is as many as the population. The research's location is at MTs Mambaul Ulum Pakis. The methode are an observation, questionnaire, interview and documentary. The validity test is a product moment correlation. The pattern is alpha cronbach and correlation product moment data analysis.
Based on the research, The relationship of Dhuha prayer and the student's discipline of seventh grade is on moderate level and the product moment correlation is 0.469. It means that there is a significant influence of Dhuha prayer and the seventh grade stdent's discipline because it is on the range 0.41-0 61. The influence is 22%, There is 78% of other factors.
Finally, the researcher suggests that it is necessary to make development of discipline to the students of MTs Mambaul Ulum out of Dhuha Prayer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pelaksanaan Shalat Dhuha; Kedisiplinan Siswa; Implementation of Dhuha Prayer; Student's Discipline | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Elly Megawati | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 12:13 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 12:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3464 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |