Damayanti, Nurul Indah Budy (2016) Implementasi penilaian berbasis kurikulum 2013 pada rumpun Pendidikan Agama Islam di MIN Bendungan Jati Pacet Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12140042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
INDONESIA:
Keberhasilan pembelajaran ditandai dengan perubahan perilaku siswa. Untuk mengetahui perubahan sikap siswa maka harus dilakukan penilaian. Pada kurikulum 2013 isi materi menggunakan tema kontekstualisasi dengan beberapa Mata pelajaran, sehingga pembelajaran lebih mudah untuk dipahami. Berbeda dengan materi, maka berbeda pula dengan penilaian. Pada penilaian kurikulum 2013 yang merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya, penilaiannya mencakup segala aspek yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu, pada kurikulum 2013 penekanannya tidak hanya pada hasil. Namun, melalui proses sejak pelaksanaan pembelajaran hingga pada hasil akhir yang nantinya akan masuk pada raport.
Berdasarkan hasil uraian di atas, maka penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan konsep penilaian berbasis Kurikulum 2013 pada rumpun Pendidikan Agama Islam di MIN Bendungan Jati Pacet Mojokerto, untuk mendeskripsikan implementasi penilaian berbasis Kurikulum 2013 pada rumpun Pendidikan Agama Islam di MIN Bendungan Jati Pacet Mojokerto, serta untuk mendeskripsikan dampak penilaian berbasis Kurikulum 2013 pada rumpun Pendidikan Agama Islam terhadap siswa di MIN Bendungan Jati Pacet Mojokerto.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk pengumpulan data dan mendeskripsikan tentang konsep penilaian, implemenatsi penilaian, dan dampak penilaian terhadap siswa di MIN Bendungan Jati pacet Mojokerto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIN Bendungan Jati Pacet Mojokerto menggunakan aplikasi penilaian. Aplikasi tersebut berasal dari kemenag yang selanjutnya diajarkan kepada seluruh Madrasah yang terakreditasi A yang ada di Mojokerto. Aplikasi penilaian diisi oleh masing-masing guru. Penerapan penilaian dinilai oleh semua guru untuk aspek sikap, guru dapat mengamati sikap siswa setiap harinya. Untuk aspek pengetahuan siswa diberikan tugas individu dengan mengerjakan LKS, Buku Cetak, ataupun soal yang dibuatkan sendiri oleh guru. Sedangkan untuk aspek keterampilan siswa akan membuat produk dengan menulis ayat atau hadits yang terkait dengan materi. Dampak dari penilaian siswa semakin ada perbaikan dari sikap, pemahaman dalam menyerap pelajaran, serta keterampilan.
ENGLISH:
The success of the learning is evidenced by the changing of student behavior. To know the changing of behavior is must to do an assessment. In the Curriculum 2013, the material content uses contextualization theme through some material, so that the learning is easier to be understood. The different of material is then the different of assessment as consequently of it. In the assessment of Curriculum 2013 which is development of previous curriculum, it assessment is include all of aspect, that are attitude, knowledge, and skill. In addition in Curriculum 2013, the emphasis is not only on the outcome. However, it is by way of processing since the implementation of learning to the final outcome that will go on report.
Base on explanation above, then the objective of research that are: (1) to describe of assessment concept based Curriculum 2013 in Islamic Education subject at MIN Bendungan Jati Pacet Mojokerto, (2) to describe the implementation of assessment based Curriculum 2013 in Islamic Education subject at MIN Bendungan Jati Pacet Mojokerto, and (3) to describe the impact of assessment based Curriculum 2013 in Islamic Education subject to the students at MIN Bendungan Jati Pacet Mojokerto.
In this research, the technique of data collecting uses observation method, interview, and documentation that is to collect data and describe about assessment concept, implementation of assessment, and impact of assessment to the student at MIN Bendungan Jati Pacet Mojokerto.
The result of research indicate that the assessment that used in MIN Bendungan Jati Pacet Mojokerto uses application of assessment. The application is from Religion Ministry that for forward that taught by all of Islamic School that accredited A in Mojokerto. Application of assessment that filled by each teacher. The implementation of assessment is evaluated by all of teacher for attitude aspect, teacher can monitor students attitude in everyday. It will be on the assessment. For knowledge aspect, students be assigned an individual task through doing LKS, Book or a task which conducted by teacher self. While for skill aspect, students will make a product through writing ayah or hadith that related with material. The impact of assessment is the improvement of behavior, understanding in material, and skill
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi penilaian; Kurikulum 2013; Implementation of assessment; Curriculum 2013 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Siti Maimunah | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 12:10 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 12:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3460 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |