Penanaman nilai-nilai ibadah shalat dzuhur berjama’ah pada murid di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang

Islam, Miftachul Al (2016) Penanaman nilai-nilai ibadah shalat dzuhur berjama’ah pada murid di Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12110167.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (27MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penanaman adalah proses, cara, perbuatan menanam, menanami atau menanamkan. Nilai adalah esensi yang melekat pada sesuatu yang sangat berarti bagi kehidupan manusia. Dalam artian bahwa esensi ini akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan pemaknaan manusia itu sendiri.

Peneliti mengambil penanaman nilai-nilai ibadah shalat dzuhur berjama’ah, yaitu nilai-nilai kebebasan, nilai-nilai persaudaraan, dan nilai-nilai kebersamaan atau persamaan. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penanaman nilai-nilai shalat dzuhur berjama’ah pada murid di SD BSS Malang yang terfokus pada konsep ibadah shalat berjama’ah dalam Agama Islam, dan bagaimana proses penanaman nilai-nilai shalat dzuhur berjama’ah pada murid di SD BSS Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedua hal tersebut.

Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa kegiatan yang mendukung terlaksananya proses penanaman nilai-nilai ibadah shalat dzuhur berjama’ah pada siswa di SD BSS ini, diantaranya adalah dalam hal nilai kebebasan yaitu bebas untuk memilih do’a yang ia sukai. Dalam artian bahwa tidak dipaksakan untuk berdoa seperti do’a yang dibacakan imam. Nilai persaudaraan dan kebersamaan atau persamaan yaitu kegiatan bakti sosial, bagi-bagi takjil saat bulan ramadhan, kotak amal berjalan, penyembelihan hewan korban.

Sesuai dengan konsep shalat berjama’ah dalam Agama Islam, guru ingin merubah sifat buruk siswa dengan membiasakan shalat berjama’ah. Nilai-nilai yang ingin ditanamkan melalui kegiatan shalat berjama’ah adalah nilai kebebasan, kebersamaan, dan persaudaraan yang terwujud dalam kegiatan bakti sosial, kotak amal berjalan, penyembelihan hewan korban, dan bagi-bagi takjil gratis saat bulan ramadhan.

Penulis berharap ada penelitian lanjutan sebagai respon positif dalam penanaman nilai-nilai ibadah shalat dzuhur berjama’ah pada murid di SD BSS Malang. Sehingga nantinya terwujud perilaku siswa yang baik khususnya kemampuan bersosialisasi.

INGGRIS:

The internalizing is process, manner, cultivating deed, cultivate or instil. Value is essence that adhere to most something meaningful for human life. It’s mean this essence will be more increase together with increasing of self meaning of human.

The researcher take internalizing of worship values by sholat dzuhur congregated i.e freedom values, brotherhood values, togetherness or similarity. The goal of research to critical description and analysis about internalizing of worship values by prayer dzuhur congregated at student in the Elementary School of BSS Malang that focusing on concept of worship together in islamic religion, and how are process internalizing of worship values by prayer dzuhur congregated at student in the Elementary School of BSS Malang. This goal of research to describe about the two of them.

The method of collecting data doing by observation, interview and documentation. For data analysis the researcher is using qualitative description analysis technical i.e description and interpretation of data to drawing of reality that suitable with real phenomenon.
The result research is showing that some of activity advocating the implementation of process internalizing of worship values by prayer dzuhur congregated at student in the Elementary School of BSS Malang included in freedom values i.e freedom to choosing of kind prayer that they are like. It’s means that student didn’t necessity to prayer like prayer reading by imam. brotherhood values and togetherness or similarity i.e share with poor people, share of food and drink in ramadan moment, run charitable, slaughter of animal like goat, cow and etc.

Suitable with concept worship together in islamic religion, teacher want to change student’s bad behaviour with accustom of worship together. The values that want to internalizing by worship together activity is freedom values, togetherness, and brotherhood that shaping in share with poor people, run charitable, slaughter of animal like goat, cow and etc, share of food and drink in the ramadan moment.

In the future the writer hopely that doing continuation research by other people as positif respon to in internalizing of worship values by prayer dzuhur congregated at student in the Elementary School of BSS Malang. So, get achieve student’s good behaviour for especially socialiszation ability

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhdi, A
Keywords: Penanaman Nilai; Ibadah; Shalat Dzuhur Berjama’ah; Internalizing; Worship; Prayer of Dzuhur Congregated; تطبيق القيم، العبودية، صلاة الظهر جماعة
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arfan Trisna Rizkydian
Date Deposited: 21 Jul 2016 05:02
Last Modified: 21 Jul 2016 05:02
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3459

Actions (login required)

View Item View Item