Maftukha, Khorirotul (2016) Pengembangan bahan ajar berbasis praktikum untuk meningkatkat hasil belajar siswa subtema perjuangan para pahlawan kelas IV di SD NU Bahrul Ulum Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (full text)
12140022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan bahan ajar berbasis praktikum merupakan salah satu sarana yang dapat membantu siswa dalam memahami pembelajaran. Melalui bahan ajar ini siswa memperoleh pengalaman belajar di mana siswa berinteraksi dengan berbagai alat dan bahan untuk mengobservasi gejala-gejala yang dapat diamati secara langsung dan dapat membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Materi pokok yang dibahas adalah materi tentang cahaya dan sifatnya. Materi ini menjelaskan tentang sifat-sifat cahaya, seperti cahaya dapat menembus benda bening, cahaya merambat lurus, cahaya dapat dipantulkan, cahaya dapat dibiaskan, dan cahaya dapat diuraikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar subtema perjuangan para pahlawan berbasis praktikum.
Bentuk penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Reserch and Development, yang mengacu pada model Dick and Carrey. Dilanjutkan dengan tahapan merancang yakni, pembuatan bahan ajar. Bahan ajar yang telah dirancang kemudian dikembangkan sampai menghasilkan produk akhir bahan ajar setelah melalui revisi berdasarkan masukan pembimbing dan masukan para pakar ahli/praktisi. Bahan ajar hasil pengembangan divalidasi oleh tiga validator yaitu dosen ahli materi, dosen ahli media dan guru ahli pembelajaran kelas IV.
Produk hasil pengembangan berupa bahan ajar berbasis praktikum subtema perjuangan para pahlawan materi sifat-sifat cahaya. Berdasarkan analisa hasil validasi ahli materi mencapai tingkat kevalidan 92,3%, ahli media mencapai 92,5%, ahli mata pelajaran mencapai 97,5%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 93,9%. Pada uji-t manual dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil t hitung > t tabel yaitu 7 > 2.074 artinya ditolak dan diterima. Sehingga, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menngunakan bahan ajar dan kelas yang tidak menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Development of teaching materials based lab is one tool that can help students in understanding learning. Through this teaching material students gain learning experience in which students interact with a variety of tools and materials to observe phenomena that can be observed directly and can prove to yourself something that I learned. The subject matter discussed is the matter of light and nature. This material describes the properties of light, such as light can penetrate translucent object, light propagates straight, light may be reflected, light can be refracted, and light can be described. The purpose of this study is to develop teaching materials subtema struggle of the heroes-based practicum.
This research conducted using method Research and Development design which refers to Dick and Carrey. In this research, researcher arranges teaching materials. This teaching material validated by adviser, expert, and teacher of fourth grades.
The result of this research based teaching material practice using the struggle of patriot theme. Based on the result of this research, it is found that validation result of material expert gains validity 92.3%, media expert gains 92.5%, and the lesson expert 93.9%. From the calculation of t-test with significance level 0.05, it is found that t-value (7) > t-table (2.074). It means Ho is rejected, meanwhile Ha is accepted. In conclusion, there is significance different on teaching material development. It shows that the research product have high validity that it is worthy teaching material.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Bahan ajar; Praktikum; Sifat-sifat cahaya; Kelas IV SD/MI; Development; Teaching material; Radiance character; Fourth grade of SD/MI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Siti Maimunah | ||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2016 12:09 | ||||||
Last Modified: | 21 Jul 2016 12:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3455 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |