Arifin, Miftahul (2021) Implementasi strategi Inkuiri untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kecamatan Modung Kabupaten Bangkalan pada masa Covid 19. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
17761029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Matematika memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, maka matematika perlu dipahami dan dikuasai oleh semua lapisan masyarakat khususnya siswa di sekolah. Matematika merupakan ilmu yang membantu dalam mencari penyelesaian untuk berbagai masalah dalam kehidupan. Tidak dapat dipungkiri, bahwa tidak ada hari yang terlewat begitu saja tanpa penggunaan prinsip-prinsip matematika mulai dari matematika sederhana sampai matematika tingkat tinggi.
Oleh karena itu, pembelajaran dengan menggunakan strategi inkuiri dipandang sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika karena siswa dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis dengan bimbingan dan petunjuk dari guru.
Siswa tidak hanya dituntut untuk menguasai materi pelajaran, akan tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan potensi yang dimilikinya Penelitian terfokus pada dua hal yaitu (1) implementasi strategi inkuiri pada pemecahan masalah matematika pada siswa MI Miftahul Ulum al-Islamy di masa pandemi Covid-19 (2) pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MI Miftahul Ulum al-Islamy setelah pembelajaran dengan strategi inkuiri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kasus. Di dalam penelitian ini peneliti hadir secara langsung dalam pembelajaran dan mengumpulkan data penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan teknik analasis data dengan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data serta verifikasi lalu kesimpulan. Selanjutnya teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini ialah (1) implementasi strategi inkuiri pada mata pelajaran matematika di kelas V MI Miftahul Ulum al-Islamy dilaksanakan dalam enam tahapan yaitu menyajikan pertanyaan atau masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan, mengumpulkan dan menganalisis data serta membuat kesimpulan. (2) Bahwa ada pengembangan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, hal ini didasrkan pada hasil pretest yaitu terdapat 3 siswa atau 17,64% yang masuk kategori sangat baik, sedangkan pada hasil postest meningkat menjadi 6 siswa atau 35,29% yang mendapat skor sangat baik dalam memecahkan masalah matematika
ABSTRACT
Mathematics has a very important role in everyday life, so mathematics needs to be understood and mastered by all levels of society, especially students at school. Mathematics is a science that helps in finding solutions to various problems in life.
It is undeniable, that not a day goes by without the use of mathematical principles ranging from simple mathematics to advanced mathematics. Therefore, learning using inquiry strategies is considered appropriate to be applied in mathematics learning because students can be actively involved in the learning process to search and investigate systematically with the guidance and instructions of the teacher.
Students are not only required to master the subject matter but how they can use their potential
The research focused on two things, namely (1) the implementation of an inquiry strategy in solving mathematical problems for MI Miftahul Ulum al-Islamy students during the Covid-19 pandemic (2) developing mathematical problem-solving skills for MI Miftahul Ulum al-Islamy students after learning with inquiry strategy?
This research uses a qualitative approach with the type of research that is a case study. In this research, the researcher is present directly in the learning and collecting research data. The data collection techniques used are test techniques, structured interviews, participant observation, and documentation. While the data analysis technique with three stages, namely data condensation, data presentation and verification, and then conclusions. Furthermore, the data validity technique uses source triangulation techniques and method triangulation techniques.
The results of this study are (1) the implementation of an inquiry strategy in mathematics in class V MI Miftahul Ulum al-Islamy carried out in six stages, namely presenting questions or problems, making hypotheses, designing experiments, conducting experiments, collecting and analyzing data, and making conclusions. (2) That there is a development of students' abilities in solving mathematical problems, this is based on the results of the pretest, namely there are 3 students or 17.64% who are in the very good category, while the posttest results increase to 6 students or 35.29% who get a score very good at solving math problems.
مستخلص البحث
تلعب الر اٌض اٌت دورًا مهمًا جدًا ف الح اٌة ال وٌم ةٌ ، لذلك جٌب فهم الر اٌض اٌت وإتقانها من قبل جم عٌ مستو اٌت المجتمع ، وخاصة الطلاب ف المدرسة. الر اٌض اٌت علم سٌاعد ف إ جٌاد حلول لمشاكل مختلفة ف الح اٌة. لا مٌكن إنكار أنه لا مٌر وٌم دون استخدام المبادئ الر اٌض ةٌ الت تتراوح من الر اٌض اٌت البس طٌة إلى الر اٌض اٌت المتقدمة.
لذلك ، عٌتبر التعلم باستخدام استرات جٌ اٌت الاستعلام مناسبًا ل تٌم تطب قٌها ف تعلم الر اٌض اٌت لأنه مٌكن للطلاب المشاركة بنشاط ف عمل ةٌ التعلم للبحث والتحق قٌ بشكل منهج مع إرشادات وتعل مٌات المعلم. لا طٌُلب من الطلاب فقط إتقان الموضوع
، ولكن ك فٌ مٌكنهم استخدام إمكاناتهم ركز البحث على ش ئٌ نٌ هما ) 2( تنف ذٌ إسترات جٌ ةٌ استقصائ ةٌ ف حل المشكلات الر اٌض ةٌ لطلاب المدرسة الإبتدائ ةٌ مفتاح العلوم الإسلام أثناء جائحة ( ؟ كوف دٌ 21 2 ) تطو رٌ قدرات حل المشكلات الر اٌض ةٌ لمفتاح العلوم الإسلام .ً الطلاب بعد التعلم باستخدام استرات جٌ ةٌ الاستعلام.؟ سٌتخدم هذا البحث نهجًا نوع اًٌ مع نوع البحث الذي مٌثل دراسة حالة. ف هذا البحث ، كٌون الباحث حاضرًا بشكل مباشر ف تعلم وجمع ب اٌنات البحث. تقن اٌت جمع الب اٌنات المستخدمة ه تقن اٌت الاختبار والمقابلات المنظمة ومراقبة المشارك نٌ والتوث قٌ.
ب نٌما تتكون تقن ةٌ تحل لٌ الب اٌنات من ثلاث مراحل وه تكث فٌ الب اٌنات وعرض الب اٌنات والتحقق منها ثم الاستنتاجات. علاوة على ذلك ، تستخدم تقن ةٌ صحة الب اٌنات تقن اٌت تثل ثٌالمصدر وتقن اٌت طر قٌة التثل ثٌ وكانت نتائج هذه الدراسة ) 2( تنف ذٌ استرات جٌ ةٌ استقصائ ةٌ ف الر اٌض اٌت ف الصف الخامس MI مفتاح العلوم الإسلام نفذت على ست مراحل ، وه طرح الأسئلة أو المشكلات ، ووضع الفرض اٌت ، وتصم مٌ التجارب ، وإجراء التجارب ، والتجم عٌ والتحل لٌ. الب اٌنات والتوصل إلى استنتاجات. ) 0( أن هناك تطورًا ف قدرات الطلاب ف حل المسائل الر اٌض ةٌ ، وذلك بناءً على نتائج الاختبار القبل ، أي أن هناك ثلاث طلاب أي 24.31 ٪ ف فئة ج دٌة جدًا ، ب نٌما ترتفع نتائج الاختبار البعدي إلى ست طلاب أو٪92.01 الذ نٌ حصلوا على درجة ج دٌة جدًا ف حل مسائل الر اٌض اٌت
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Basri, Basri and Susanti, Elly | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Strategi Inkuiri; Pemecahan Masalah Matematika; Covid 19; Inquiry Strategy; Mathematical Problem Solving; the Covid 19; إسترات جٌ ةٌ استقصاء; حل المشكلات الر اٌض ةٌ, كوف دٌ 21 | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Miftahul Arifin | |||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2022 09:02 | |||||||||
Last Modified: | 24 Feb 2022 09:02 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/34449 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |