Rohmah, Saidatul (2016) Pengembangan media Ritatoon pembelajaran dalam pembelajaran fikih di kelas 2 MI Nurul Huda I Kedungkandang Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14760038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran merupakan proses komunikasi antara siswa dan guru beserta segenap lingkungan yang menaunginya. Lazim terjadi, dalam pembelajaran dilaksanakan hanya dengan memanfaatkan buku. Kondisi tersebut, acapkali menimbulkan verbalisme. Keadaan tersebut, tentu menstimulis untuk mencarikan jalan keluarnya agar terhindar dari verbalisme. Untuk kepentingan tersebut, perlu dikembangkan suatu media yang lebih memberikan visualisasi guna memfasilitasi pembelajaran, salah satunya berupa media ritatoon. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media ritatoon guna pembelajaran dengan subtema shalat yang layak menurut ahli dan pengguna. Media ini berupa kumpulan gambar yang dipasang pada perangkat keras, yang terbuat dari kayu.
Model yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall, namun hanya sampai langkah ke 7 dari 10 langkah. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) desain produk; (3) pembuatan produk; (4) validasi ahli; (5) revisi awal produk; (6) uji coba kelompok kecil; dan (7) revisi akhir produk. Uji validasi media dilakukan oleh seorang ahli materi dan seorang ahli media. Hasil validasi digunakan untuk merevisi produk, dilanjutkan uji coba kelompok kecil dilakukan kepada seorang guru kelas 2 serta 24 siswa kelas 2 MI Nurul Huda 1 Kedungkandang Malang. Data dikumpulkan melalui angket dari validator dan pengguna. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan persentase.
Hasil pengembangan media Media ritatoon subtema shalat pada pembelajaran 1, 2 dan 3 ini dinyatakan layak,dariahli materi diperoleh nilai 98 atau termasuk kategori layak dan dari ahli media diperoleh nilai 90 termasuk kategori layak. Hasil uji coba pengguna(guru) diperoleh nilai 85 atau termasuk kategori layak dan terhadap 24 siswa kelas 2 diperoleh nilai 91 termasuk kategori layak. Berdasarkan hasil analisis di atas, maka produk media Media ritatoon dinyatakan layak dan dapat digunakan pada pembelajaran di MI Nurul Huda 1 Kedungkandang Malang semester 1 Tema mari tegakkan shalat Subtema Shalat. Dalam menggunakan media Media ritatoon ini pengguna harus tetap didampingi atau mengacu pada buku guru dan buku siswa.
ENGLISH:
Learning is a process of communication between students and teachers and all the shelter environment. Common, the study carried out only by utilizing the book. Under these conditions, often lead to verbal. The situation is, of course stimulus to find a way out to avoid verbal. For this purpose, the need to develop a more media provide a visualization to facilitate learning, one of them a ritatoon media. This study aims to generate media ritatoon to study with prayer Sub theme eligible according to experts and users. Media is a collection of images that are installed on the hardware, which is made of wood
The model used is the research and development of Borg and Gall, but only until step 7 of 10 steps. The steps are performed : (1) analysis of needs; (2) the design of the product; (3) the manufacture of the product; (4) The expert validation; (5) the early revision of the product; (6) small group trial; and (7) the final revision of the product. Media validation test performed by a subject matter expert and a media expert. The tests used to revise the product, followed by small group trial conducted at a second grade teacher and 24 students in grade 2 MI Nurul Huda 1 Kedungkandang Malang. Data were collected through questionnaires from the validator and users. Data were analyzed quantitatively by percentage
Results of media development Media ritatoon Sub theme prayer on learning 1, 2, and 3 is to be eligible, of experts
material values obtained 98 or category of decent and media experts obtained a score of 90 including a decent category. The trial results users ( teachers ) obtained a value of 85 or categorized as feasible and to 24 students in grade 2 obtained grades 91 including a decent category.
Based on the analysis above, the Media ritatoon media products to be eligible and could be used in learning MI Nurul Huda 1 Kedungkandang Malang 1st half let Scene enforce Sub theme prayer. In using this ritatoon Media media users must still be accompanied or refer to a book teacher and student books.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Aziz, Rahmat | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Ritatoon; Shalat; Instructional Media; Prayer; Madrasah Ibtidaiyah; | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2016 12:55 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2016 12:55 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3350 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |