Responsive Banner

Perencanaan strategik madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan: Studi multisitus di MTs Negeri Jabung Blitar dan MTs Negeri Gandusari Blitar

Wahyuni, Laela Tri (2015) Perencanaan strategik madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan: Studi multisitus di MTs Negeri Jabung Blitar dan MTs Negeri Gandusari Blitar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13710025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Salah satu faktor rendahnya mutu pendidikan saat ini meliputi rendahnya kemampuan sekolah dalam melaksanakan perencanaan strategik secara utuh. Banyak sekolah menyusun perencanaan strategik bukan sebagai patokan untuk mengembangkan mutu pendidikan kedepannya tetapi hanya sebagai bentuk formalitas.

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis langkah-langkah perencanaan strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Jabung Blitar dan MTsN Gandusari Blitar, 2) menganalisis sasaran mutu pendidikan dalam perencanaan strategik di MTsN Jabung Blitar dan MTsN Gandusari Blitar, 3) menganalisis evaluasi program peningkatan mutu pendidikan dalam perencanaan strategik di MTsN Jabung Blitar dan MTsN Gandusari Blitar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan multisitus dan metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi reduksi data, menyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penyusunan perencanaan strategik melalui 3 tahap yaitu: a) analisis lingkungan internal dan ekternal, melalui pendekatan partisipatori, dan menghasilkan akuntabilitas sustsinability, b) tahap pencocokan dengan menggunakan pendekatan sistem, melihat potensi yang dimiliki, berdasarkan kebutuhan stakeholders dan dengan menggunakan sistem monitoring, c) tahap menentukan strategi lebih menekankan pada perencanaan strategik jangka pendek dengan menerapkan sistem bottom up dan menghasilkan konsep strategi distincive competence. Berdasarkan langkah-langkah tersebut menghasilkan sebuah konsep strategi yang lebih menekankan pada peningkatan mutu lulusan dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, 2) Sasaran mutu pendidikan menekankan pada pencapaian 8 SNP dengan prioritas peningkatan mutu lulusan dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan yang fokus pada bagaimana memperbaiki proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif, 3) evaluasi program dilakukan dengan mengevaluasi internal dan ekternal yang dilakukan secara sistematis pada akhir semester dan akhir tahun ajaran.

ENGLISH:

One of the causes of low quality of education today is the lack of ability of schools in implementing strategic planning as a whole. Many schools arrange strategic planning rather than as a benchmark to develop the quality of education in the future, but only as a formality.

This study aimed to: 1) analyze the strategic planning steps in improving the quality of education in MTsN Jabung Blitar and MTsN Gandusari Blitar, 2) analyze the quality objectives of education in strategic planning in MTsN Jabung Blitar and MTsN Gandusari Blitar, 3) analyze the evaluation of the quality improvement program education in strategic planning in MTsN Jabung Blitar and MTsN Gandusari Blitar.

This study used a qualitative approach with a case study multisitus design and methods of data collection was done by using in-depth interviews, participant observation and documentation. Data reduction techniques include analysis, presentation of data and drawing conclusions. Checking the validity of the data is done by triangulation resource and triangulation methods.

The results of this research: 1) The preparation of a strategic planning through 3 stages: a) analysis of internal and external environment, through a participatory approach, and generate accountability sustsinability, b) phase matching by using a systems approach, seeing the potential, based on the needs of stakeholders and using the monitoring system, c) the stage of determining the strategy more emphasis on strategic planning short term by implementing a bottom-up system and produce a concept strategy distincive competence. Based on these measures resulted in a concept strategy that put more emphasis on improving the quality of graduates and the quality of teachers and education personnel, 2) The quality objectives of education emphasizes on achieving the 8 SNP with a priority to improve the quality of graduates and the quality of teachers and focusing on how to improve the learning process that is creative and innovative, 3) evaluation of the program conducted by evaluating the internal and external are carried out systematically at the end of the semester and the end of the school year.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sutiah, Sutiah and Esha, Muhammad In’am
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSutiah, SutiahUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDEsha, Muhammad In’amUNSPECIFIED
Keywords: Perencanaan Strategik; Mutu pendidikan; Strategic Planning; Quality Education
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 01 Jul 2016 05:14
Last Modified: 01 Jul 2016 05:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3341

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item