Absor, M. Shofi Ulil (2021) Implementasi pendidikan karakter dalam pelajaran aksara Jawa di SMK Peradaban Desa di Yogyakarta. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14110159.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini difokuskan di SMK Peradaban Desa Yogyakarta, sebab sekolah ini memiliki tradisi aksara jawa yang menarik untuk dikaji. Ada tiga fokus utama dalam penelitian ini. Pertama adalah bagaimana manajemen pendidikan aksara jawa di SMK Peradaban Desa. Kedua, bagaimana proses pembentukan tradisi aksara jawa. Ketiga, bagaimana Implikasi dari tradisi aksara jawa pada karakter santri. Penelitian ini penting karena ingin melihat sejauh mana proses manajemen pendidikan dan tradisi aksara jawa yang ada di SMK Peradaban Desa sehingga mampu melahirkan santri-santri yang kreatif dan punya karya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif yang berlandaskan pada filsafat positifisme, mengungkap secara detail tentang manajemen pendidikan aksara jawa dan pembentukan tradisi aksara jawa yang berlangsung di Sekolah. Objek riset dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pendidikan aksara jawa di SMK Peradaban Desa. Subjeknya adalah siswa-siswi SMK Peradaban Desa Yogtakarta. Untuk menjawab persoalan ini data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi difokuskan pada manajemen pendidikan aksara jawa yang ada di SMK Peradaban Desa. Wawancara difokuskan pada pembentukan tradisi aksara jawa di Sekolah serta implikasinya terhadap karakter santri dan dokumentasinya adalah bukti beberapa karya-karya santri dan pengasuh yang telah tersebar luas di beberapa penerbit dan media di Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan karakter dalam pelajaran Aksara Jawa di SMK Peradaban Desa dilakukan dengan beberapa tahap yaitu, Pertama, perencanaan. Dalam perencanaan langkah yang dilakukan SMK Peradaban Desa di Yogyakarta ini meliputi beberapa hal yaitu; analisis lingkungan internal dan eksternal, menentukan tujuan, merumuskan rencana kegiatan, menyusun indikator capaian, merumuskan strategi serta menentukan sumber daya manusia dan finansial dan sarana prasarana yang dibutuhkan untuk implementasi program. Kedua, pengorganisasian dalam tahap pengorganisasian ini Kepala SMK Peradaban Desa Yogyakarta membentuk sebuah TIM aksara jawa secara kultural. Kepala sekolah SMK Peradaban Desa membentuk tim pendamping kelas aksara jawa yaitu beranggotakan santri-santri Pesantren Kreatif Baitul Kilmah senior yang sudah menjadi alumni. Ketiga, penggerakan, dalam tahap penggerakan ini kepala SMK Peradaban Desa Yogyakarta bertindak sebagai seorang manager dengan melakukan beberapa usaha untuk menggerakkan santri-santrinya seperti sosialisasi terkait dengan pembentukan aksara jawa santri. Keempat, pengawasan, dalam tahap pengawasan kegiatan aksara jawa di SMK Peradaban Desa di Yogyakarta mempertimbangkan dua unsur penting yaitu monitoring dan evaluasi.(2) Upaya pembentukan aksara jawa dilakukan dengan beberapa hal dengan tujuan dapat membentuk dan mencetak santri yang produktif dan kreatif diantaranya adalah dengan penanaman spirit secara kultural dan pembiasaan di lingkungan sekolah.
Apabila disekemakan maka terdapat dua pilar utama dalam rangka pembentukan tradisi aksara jawa di SMK Peradaban Desa, yaitu Figur Kepala Sekolah sebagai suri tauladan dan Kegiatan-kegiatan yang telah berjalan secara rutin di sekolah dan peran santri alumni yang menjadi motor penggerak. (3) Implikasi dari Tradisi Aksara jawa pada pembentukan karakter santri terbukti oleh beberapa hal yaitu meningkatnya pencapaian karya dan meneruskan tradisi budaya nusantara, baik dalam penerapan membaca, menulis dan membuat dekorasi.
ENGLISH:
The Research is focused on Islamic Boarding Schools Creative SMK Peradaban Desa Yogyakarta, because the boarding has a tradition of literacy that are interesting to study. There are three main focus in this study. The first is how management education literacy in SMK Peradaban Desa. The second, how the process of theformation of tradition of literacy. The third, how do the implications of the tradition literacyon the character of the students. This studis important because want to se the extent to which the process of management education and the tradition of literacy that exist in islamic boarding schools creative SMK Peradaban Desa so it is able produce students who are creative and have the work.
This study includes the type of field research is qualitative which is based on the philosopy positifisme, uncovver in dtail about the management of literacy education and the establishment of a tradition of literacy that take a place in islamic boarding schools. The object of research in this study is how the education management of literacy in schools creative SMK Peradaban Desa. The subject is a caragiver of islamic boarding school, theacher or tutor, as well as an students of the islamic boarding school creative SMK Peradaban Desa Yogyakarta. To answer this question data were collected by observation, interview and documentation. Observation focused on the management of literacy education in SMK Peradaban Desa. The interview focused on the formation of the tradition of literacy in schools and its implication for the character of the student and its documentation is the evidence ofsome of the work of student and caregives which has been widespread in some publisher and media in Indonesia.
The results showed that (1) The education management of literacy in Islamic boarding schools creative SMK Peradaban Desa done in several stages, First, the planning in the planning step made in Islamic boarding school creative SMK Peradaban Desa Yogyakarta this includes some of the things that: The analysis of the internal and external environment determine goals, formulate a plan of activities, compiling performance indicators, formulate a strategy and determinethe financial and hman resourcesand infrastructure. Needed for the implementation of the program. Second, organizing in the stage of organizing this school caretakers creative SMK Peradaban Desa Yogyakarta formed a Team of literacy culture. Caregivers of Islamic Boarding School SMK Peradaban Desa forming a team of facilitators literacy classes that consisted the students of senior Alumnus. Third, the mobilitation in the stage of mobilitation of this school caretakers creative SMK Peradaban Desa Yogyakarta acts as a manager by doing some effort to move the students such as socialitation associated with the formotion of the literacy students. Fourth, the supervision in the stage of supervision of literacy activities in schools creative SMK Peradaban Desa Yogyakarta consider two important elements. Namely monitoring and evaluation.(2) Efforts for the establishment of literacy carried out with some of the things with the purpose of can form and produce students who are productive and creative that is by planting the spirit of culturally and habituation in a boarding school envirement.
If in default, then there are two main pinars in the frame work of the formation of the tradition of literacy in the Islamic boarding school of creative SMK Peradaban Desa. That is the figure of the nanny as a role model and the activities that have veen run on regular basis in schools. (3) The implications of the tradition of literacy in the formation of character of students is proven by some of the things that is increasing the achievement of writing works. Either article or books printed by some of the media and major publishers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi Pendidikan; Tradisi Aksara Jawa; Sekolah | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Muhammad Shofi Ulil Absor | ||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2022 13:30 | ||||||
Last Modified: | 11 Jan 2022 13:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/33215 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |