Responsive Banner

Pendidikan multikultural dalam perspektif Gus Dur

Musthofa, Indhra (2015) Pendidikan multikultural dalam perspektif Gus Dur. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13770051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Indonesia merupakan negara multikultural, keragaman itu tercermin pada berbagai macam bahasa, budaya serta agama dan kepercayaan, seperti Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, Kong Hu Chu serta berbagai aliran kepercayaan. Keragaman merupakan kekuatan tersembunyi, akan tetapi keragaman juga kadang menjadi penyebab timbulnya persoalan yang dihadapi bangsa ini sekarang. Terdapat relasi resiprokal antara dunia pendidikan dengan kondisi sosial masyarakat. Relasi ini bermakna bahwa apa yang berlangsung dalam dunia pendidikan adalah gambaran dari kondisi yang sesungguhnya dalam kehidupan masyarakat yang kompleks.

Pendidikan multikultural merupakan salah satu alternatif pendidikan di era globalisasi. Pendidikan sebagai ruang tranformasi budaya hendaknya selalu mengedepankan wawasan multikultural untuk memperbaiki kekurangan dan kegagalan, serta memebongkar praktik-praktik diskriminatif dalam proses pendidikan. Salah satu tokoh yang inten dan concern dengan praktik kehidupan yang multikultur adalah Gus Dur. Ide dan gagasan Gus Dur perlu diinterpretasikan dalam perspektif pendidikan multikultural. Karena melalui pendekatan pendidikan, konflik horizontal yang terjadi selama ini akan menemukan solusi yang kontekstual dan komprehensif. Sehingga konflik-konflik yang berhubungan dengan suku, ras atau agama dapat diminimalisir.

Penelitian ini memfokuskan masalah pada pemikiran Gus Dur mengenai multikulturalisme serta relevansinya dalam penerapan pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis kritis. Sumber data penelitian ini berasal dari karya Gus Dur, dan data penunjang lainnya berupa karya ilmiah yang diterbitkan (buku/jurnal/artikel) yang membahas tentang pemikiran Gus Dur serta pendidikan multikultural. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif analitis dan konten analisis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ideologi multikulturalisme yang dibawa Gus Dur dan penghormatannya terhadap pluralitas sepenuhnya berdasarkan pemahaman yang mendalam terhadap ajaran Islam. Karakteristik pemikiran multikulturalisme Gus Dur sangatlah bersifat teologis antropologis yang mengedepankan kontekstual kemasyarakatan. Pengamalan multikulturalisme Gus Dur tidak hanya mengajarkan toleransi terhadap keyakinan dari agama lain, tetapi juga disertai kesediaan untuk menerima ajaran yang baik dari agama lain. Konsep multikulturalisme Gus Dur diantaranya: (1) Pribumisasi Islam: kontekstualisasi ajaran Islam di Indonesia, (2) Demokrasi dan HAM, (3) Humanisme dalam pluralitas masyarakat. Sedangkan konsep dan pendekatan pendidikan multikultural perspektif Gus Dur diantaranya adalah (1) Penghargaan budaya lokal, (2) Menegakkan demokrasi dan HAM, (3) Pendidikan multikultural yang berbasis kemanusiaan dan keadilan, serta (4) Menghargai pluralitas masyarakat.

ENGLISH:

Indonesia is a multicultural country, the diversity is reflected in a wide variety of languages, cultures, religions and beliefs, such as Islam, Protestantism, Catholicism, Hinduism, Buddhism, Confucianism and various genres of religion. Diversity is a hidden power, but nowadays diversity sometimes becomes the cause of the problems facing this nation. There is a reciprocal relationship between the world of education and social conditions. This relationship means that what happens in the world of education is a picture of the actual conditions in the life of a complex society.

Multicultural education is one alternative education in the era of globalization. Education as a cultural transformation space should always put the multicultural insights to correct deficiencies and failures, as well as dismantle the discriminatory practices in the education process. One of the figures that intense and concerned with the practice of multicultural life is Gus Dur. Gus Dur's ideas and his concepts need to be interpreted in the perspective of multicultural education. Because of through education, horizontal conflicts which occur during this time will find a solution that is contextual and comprehensive. So, the conflicts which related to ethnicity, race or religion can be minimized.

This study focuses on the issues concerning Gus Dur’s perspective about multiculturalism and its relevance in the implementation of multicultural education. This study uses qualitative research methods with critical analytical descriptive research. Source of research data is derived from the work of Gus Dur, and other supporting data in the form of scientific publications (books / journals / articles), which discusses Gus Dur and multicultural education. Data collection technique uses documentation, while the technique of data analysis using descriptive analysis and content analysis.

The results showed that the ideology of multiculturalism brought by Gus Dur and his respect for the plurality entirely based on a deep understanding of Islamic teachings. Characteristics of Gus Dur’s perspective about multiculturalism thought is theological anthropology that emphasizes the contextual community. Gus Dur does not only teach tolerance towards religious beliefs of others, but also he teaches with a willingness to accept the good doctrines of other religions. The concepts of Gus Dur’s perspective about multiculturalism among others are: (1) Indigenization of Islam: the contextualization of Islam in Indonesia, (2) Democracy and human rights, (3) A plurality of Humanism in society. While his concepts and approaches to multicultural education include (1) Choice of local culture, (2) Enforcing democracy and human rights, (3) Multicultural education is based on humanity and justice, and (4) Respecting the plurality of society.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Masyhudi, Muhammad Mujab and Hamidah, Tutik
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMasyhudi, Muhammad MujabUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDHamidah, TutikUNSPECIFIED
Keywords: Pendidikan Multikultural; Multikulturalisme; Multicultural Education; Multiculturalism; Gus Dur
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 30 Jun 2016 13:15
Last Modified: 02 Jan 2018 10:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3313

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item