Responsive Banner

Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter toleransi: Studi multikasus di SMP Internasional Lab UM dan SMPN 20 Malang

Kurniawan, Abdun Nafi (2015) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter toleransi: Studi multikasus di SMP Internasional Lab UM dan SMPN 20 Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
13770029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dewasa ini, problem remaja–terutama pelajar dan mahasiswa adalah mudah terprovokasi yang tidak terkendali sehingga berujung pada tawuran antar pelajar atau tawuran antar mahasiswa, seperti yang diberitakan ditelevisi dan media cetak. Mereka juga terkesan kurang hormat kepada orang tuanya, guru/ dosen, orang yang lebih tua, dan tokoh masyarakat.

Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter toleransi di SMP Internasional Lab UM dan SMPN 20 Malang, bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter toleransi di SMP Internasional Lab UM dan SMPN 20 Malang dan bagaimana dampak pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter toleransi di SMP Internasional Lab UM dan SMPN 20 Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan rancangan multi kasus di SMP Internasional Lab UM dan SMPN 20 Malang. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta kuesioner sebagai data penunjang, yang semuanya untuk menjawab permasalahan penelitian tentang implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter toleransi di SMP Internasional lab UM dan SMPN 20 Malang, adapun informan penelitian adalah guru PAI dan peserta didik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Internasional Lab UM dan SMPN 20 Malang dengan langkah-langkahnya sama. Yaitu mengacu pada silabus sebelum membuat rencana pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Internasional lab UM dan SMPN 20 Malang sama-sama menerapkan Pembelajaran aktif learning dengan metode diskusi kelompok, inquiry dan demonstrasi. (3) Dampak pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Internasional lab UM dan SMPN 20 Malang adalah sebagai berikut mempunyai sikap diantara nya adalah: Menghargai perbedaan jenis kelamin di kelas, menghargai perbedaan latar belakang dan status sosial, menghargai perbedaan kemampuan, menghargai perbedaan umur, menghargai orang yang sedang berbicara/ menyampaikan pendapat dan menghargai perbedaan pendapat.

ENGLISH:

Nowadays, problem teenagers – especially students- is easily provoked uncontrolled so resulted in a brawl between students or a brawl between students, as reported in television and print media. They also impressed less respectful to her parents, teachers/lecturers, older people, and community leaders.

The focus of the research is how the planning study Islamic education in shaping the character of tolerance at SMP Internasional Lab UM and SMPN 20 Malang. how the implementation of Islamic learning in shaping the character of tolerance at SMP Internasional Lab UM and SMPN 20 Malang. and how learning impact Islamic education in shaping the character of tolerance at SMP Internasional Lab UM and SMPN 20 Malang.

This research uses a case study approach to design multi case at SMP Internasional Lab UM and SMPN 20 Malang. And the collection of data is done by the method of observation, interviews, and documentation as well as the questionnaire as of data, all of which support to answer the problems of the research on implementation of Islamic learning in shaping the character of tolerance at SMP Internasional Lab UM and SMPN 20 Malang. as for the informant's research is the PAI teacher and learners.

The results of this study show that, (1) Planning the learning of Islamic education at SMP Internasional Lab UM and SMPN 20 Malang steps with the same. That is referring to the syllabus before making the learning plan. (2) implementation of Islamic learning at SMP Internasional Lab UM and SMPN 20 Malang equally applying active learning method with inquiry learning, group discussions and demonstrations. (3) learning impact Islamic education at SMP Internasional Lab UM and SMPN 20 Malang is the following has the attitude among his are: appreciate the difference of the sexes appreciate the difference in class, background and social status, to appreciate the difference in ability, appreciate the difference in age, appreciate the person who is talking/conveying opinions and appreciate dissent.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin and Muhammad, Suaib H.
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBaharuddin, BaharuddinUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMuhammad, Suaib H.UNSPECIFIED
Keywords: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Karakter Toleransi; Implementation of Islam Education Learning; Character of Tolerance
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Anesti
Date Deposited: 30 Jun 2016 13:12
Last Modified: 30 Jun 2016 13:12
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3304

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item