Rahman, Moh. Ainur (2015) Implementasi Fuzzy Sugeno Untuk Mengatur Bentuk Bonus Dari Konten Islami (Ilmu Tajwid Hukum Bacaan Nun Sukun Atau Tanwin) Pada Game 3d Battle Jet. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (FULLTEXT)
11650095.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Battle Jet merupakan sebuah permainan dengan type permainan action. Yaitu Game yang mengutamakan gerak/sentakan. Permainan jenis ini membutuhkan ketangkasan/gesek respon yang cepat dari pemain. Pada game ini terdapat musuh yang terbagi menjadi 4, yaitu Musuh 1, Musuh 2, Jenderal Musuh, dan Raja Musuh. Dalam game ini juga terdapat konten islami berupa ilmu tajwid. Konten islami yang berupa ilmu tajwid tersebut memiliki tiga bentuk, yakni dapat berbentuk tambahan poin, tambahan nyawa, atau menjadi bom untuk menghancurkan musuh. Pengaturan bentuk bonus dari konten islami tersebut menggunakan Logika Fuzzy dengan sistem inferensi Sugeno. Pengaturan bentuk tersebut terjadi dengan mempertimbangkan beberapa kondisi yaitu nyawa player, skor player, dan level yang dimainkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa fuzzy sugeno bisa diterapkan untuk mengatur bentuk bonus dari konten islami secara dinamis sesuai dengan nilai nyawa, skor, dan level.
ENGLISH :
Battle Jet is an action game with a game type. Game namely that prioritizes motion / jolt. This kind of game requires dexterity / swipe a quick response from the players. In this game there are enemies that are divided into four, Enemy 1, Enemy 2, General Enemy, and King Enemy. In this game there are also Islamic content of tajwid. Islamic content of tajwid has three forms, which can be in the form of extra points, extra lives, or into bombs to destroy the enemy. The bonus of Islamic content form settings
using Fuzzy Logic with Sugeno inference system. Setting the shape of the case by considering a number of conditions, namely the life of the player, the player scores, and the level being played. The results obtained from this study that can be applied to
Sugeno fuzzy set form Islamic content dynamically according to the value of life, scores, and level.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nugroho, Fresy and Kurniawan, Fachrul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Game; Konten Islami; Fuzzy Sugeno | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Alexander Malik | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2016 14:58 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2016 14:58 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3287 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |