Fitriani, Fitriani (2015) Model supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru: Studi multi kasus di MTs Negeri Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13710012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Supervisi akademik kepala sekolah merupakan salah satu program penting yang harus dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk meningkatan kinerja guru. Peningkatan kinerja guru merupakan suatu keharusan bagi lembaga pendidikan yang ingin tetap survive sepanjang masa, karena guru pada lembaga pendidikan merupakan kunci utama keberhasilan proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis: (1) Model supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Malang, (2) Tahap-tahap pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Malang, (3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan rancangan multikasus. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang mencakup empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan Kredibilitas, Transferbility, Dependebilitas, dan Konfirmabilitas.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Malang adalah model supervisi klinis. Kepala MTs Negeri Batu lebih menekankan pada Model Supervisi Klinis Face to Face, sedangkan kepala SMP Ar-Rohmah Putri Malang menekankan pada Model Supervisi Pendampingan, (2) Tahap-tahap supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Malang adalah (a) tahap perencanaan, (b) tahap pelaksanaan, dan (c) tahap tindak lanjut, (3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Batu dan SMP Ar-Rohmah Putri Malang adalah waktu, kesiapan guru, implementasi RTL dan keterbatasan interaksi antara kepala sekolah (laki-laki) dengan guru-guru yang semuanya perempuan.
ENGLISH:
Academic supervision principal is one of important program which must be implemented by school principals to improving the performeance of teachers. Improved performance of teachers is a must for educational institutions who wish to survive all time, because teachers in educational institutions is the key to the success of the learning process.
This research aimed to understand and analyze (1) Model academic supervision principals in improving the performance of teachers at MTs Negeri Batu and Junior High School Ar-Rohmah Putri Malang, (2) Stages of implementation of academic supervision principals in improving the performance of teachers at MTs Negeri Batu and Junior High School Ar-Rohmah Putri Malang, (3) Constraints faced in the implementation of the principal academic supervision in improving teacher performance at MTs Negeri Batu and Junior High School Ar-Rohmah Putri Malang.
This study used a qualitative approach with case study design multi cases. Data collection method is observation, interview and documentation. Data were analyzed using data analysis model Miles Huberman that includes four components: data collection, data reduction, data presentation and conclusion. Checking wetness data using four criteria, credibility, transferbility, dependebility, dan confirmability.
The results of this research: . (1) Model academic supervision principals in improving the performance of teachers at MTs Negeri Batu and Junior High School Ar-Rohmah Putri Malang is clinical supervision model. Principal MTs Negeri Batu more emphasis on Clinical Supervision Model Face to Face, while the principal of the Junior High School Ar-Rohmah Malang emphasis on Mentoring supervision Model, (2) Stages of implementation of academic supervision principals in improving the performance of teachers at MTs Negeri Batu and Junior High School Ar-Rohmah Putri Malang is (a) conference planning), (b) Observation, and (c) Feedback conference, (3) Constraints faced in the implementation of the principal academic supervision in improving teacher performance at MTs Negeri Batu and Junior High School Ar-Rohmah Putri Malang is time, teacher’s preparation, RTL implementation and lack of interaction between the principal (man) and all the women teachers.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Rofiuddin, Mohammad Walid | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Supervisi Akademik Kepala Sekolah; Kinerja Guru; Academic Supervision Principal; Teacher Performance | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2016 13:06 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2018 10:19 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3285 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |