3D wayang adventure game untuk pengenalan budaya wayang nusantara menggunakan A* Pathfinding Algorithm sebagai pembangkit perilaku pencarian pada NPC.

Alif, Ifa (2015) 3D wayang adventure game untuk pengenalan budaya wayang nusantara menggunakan A* Pathfinding Algorithm sebagai pembangkit perilaku pencarian pada NPC. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11650062.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Wayang merupakan seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat serta menjadi primadona di Pulau Jawa. Di era perkembangan Islam di Jawa masa Wali Sembilan. Sunan Kalijaga menggunakan kesenian wayang sebagai salah satu media berdakwah. Seiring berkembangnya jaman dan menjamurnya produk teknologi, kesenian wayang yang merupakan warisan budaya lokal asli nusantara mulai luntur.

Demi mendukung melestarikan warisan budaya maka butuh sarana untuk mewadahi wayang menjadi konten yang menarik. Konten permainan adalah salah satu media hiburan yang banyak digemari masyarakat. Konten yang unik merupakan salah satu daya tarik untuk mampu mendukung iklim belajar. Penelitian ini menjelaskan bagaimana merancang perilaku pencarian NPC pada suatu game dan juga menjelaskan bagaimana membangun adventure game yang bernuansa edukasi. 3D Wayang Adventure Game adalah permainan edukasi berjenis adventure berbasis desktop yang dibangun dengan memanfaatkan Unity3d. Pemain bertugas untuk menyelesaikan misi yang sarat akan nilai pengenalan terhadap warisan asli budaya wayang nusantara. Karakter musuh mengimplementasikan sistem kecerdasan buatan yang akan mencari keberadaan pemain.

Implementasi kecerdasan buatan pada penelitian ini diterapkan pada NPC dengan memanfaatkan metode A*. Metode A* digunakan sebagai pembangkit perilaku pencarian. Penelitian ini difokuskan pada platform desktop.

ENGLISH :

Wayang is an original Indonesian arts are growing rapidly and be excellent in Java. In the era of the Islamic development in Java. Sunan Kalijaga using wayang as a medium of preaching. In modern era, the art of puppetry which is the local cultural heritage of archipelago began to fade.

In order to preserve the cultural heritage means to facilitate wayang become interesting content. Game is one of the entertainment media are widely popular. Unique content is one of the attractions to be able to support the learning. This paper describes how to design the search behavior of NPCs in a game and also explains how to build educational adventure game. 3D Wayang Adventure Game is educational adventure game based desktop that is built by using Unity3D. Player has task to complete the mission that will be full value of cultural heritage wayang archipelago. The enemy characters implement artificial intelligence system that will look for the presence of the player.

Implementation of artificial intelligence in this study applied to the NPC by utilizing the A* method. A* is used as a method of generating search behavior. This study focused on desktop platforms.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nugroho, Fresy and Faisal, Muhammad
Keywords: Pencarian Rute, NPC, Permainan Petualangan, A Star
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Alexander Malik
Date Deposited: 28 Jun 2016 07:58
Last Modified: 28 Jun 2016 07:58
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3279

Actions (login required)

View Item View Item