Winarti, Endah (2014) Analisis pengaruh faktor-faktor bauran pemasaran jasa pendidikan terhadap pembentukan image dan keputusan memilih PTAIN: Kajian di UIN di Jawa Timur. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12710050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam era kompetitif Perguruan Tinggi (PT) saat ini, setiap Perguruan Tinggi (PT) dituntut untuk memiliki keunggulan bersaing, agar menarik minat dan menjadi pilihan bagi konsumennya. Tuntutan yang sama terjadi pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) sekarang ini. Bauran pemasaran jasa pendidikan sebagai salah satu alat dalam usaha memasarkan jasa pendidikan memiliki pengaruh terhadap keputusan memilih perguruan tinggi. Begitu juga dengan image perguruan tinggi juga dapat dibentuk oleh faktor-faktor bauran pemasaran jasa pendidikan yang telah dilakukan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh faktor-faktor bauran pemasaran jasa pendidikan di UIN Maliki Malang dan UIN Sunan Ampel Surabaya, sekaligus mengetahui faktor-faktor bauran pemasaran jasa pendidikan manakah yang memiliki pengaruh terhadap pembentukan image dan keputusan memilih universitas. Disamping itu, juga untuk mengetahui pengaruh image terhadap keputusan memilih universitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 7 faktor bauran pemasaran jasa yang telah dikembangkan serta disesuaikan dengan bidang jasa pendidikan yang menjadi variabel eksogennya. Dengan menggunakan 32 item indikator sebagai penjabaran dari masing-masing variabel tersebut. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah confirmatory factor analysis (CFA) dan Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor produk (product), harga (price), orang (people), dan bukti fisik (physical evidence) memiliki pengaruh signifikan terhadap pembentukan image di Universitas Islam Negeri (UIN). Sedangkan faktor-faktor produk (product), tempat (place), proses (process), serta bukti fisik (physical evidence) juga secara signifikan memiliki pengaruh terhadap pembentukan keputusan memilih di Universitas Islam Negeri (UIN). Produk (product) dan bukti fisik (physical evidence) merupakan faktor bauran pemasaran jasa pendidikan yang memiliki pengaruh paling besar terhadap pembentukan image serta keputusan memilih Universitas Islam Negeri.
ENGLISH:
Nowdays higher education entering the competitive era. Every institutions of higher education supposed to have their own competitive advantage to attract new pupils so they could being choosen. Nowdays this condition also happen in Islamic State Higher Education (PTAIN). Services marketing mix in education as a tools in marketing educational services influencing on student’s choice. Likewise, an image of heigher education can be built by services marketing mix that held by higher education institution.
This research held to measure the influence of services marketing mix factors in education in State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang and State Islamic University Sunan Ampel Surabaya. At once, finding out which factor that influencing on image and student’s choice at those univeristies. This research also discovers whether image itself has influence on student’s choice. Instrumen that use in this research is 7P services marketing mix factors (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) being expanded and adapted with educational services field. There are 32 items as indicators to explain each variabels. This research use Confirmatory Factor Analysis (CFA) and Structutal Equation Modeling (SEM) to analyze the variabels and research model.
Finding of the reseacrh shows that product, price, people and physical evidence significantly influencing on building image of State Islamic University. While product, place, process and physical evidence also significantly influencing on student’s choice in State Islamic University. Product and physical evidence are factors that have biggest influence on image and student’s choice in State Islamic University.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Supriyanto, Achmad Sani | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Bauran Pemasaran Jasa Pendidikan; Image; Keputusan Memilih; SEM; Perguruan Tinggi; Services Marketing Mix in Education; Image; Student’s Choice; SEM; Higher Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2016 14:51 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2016 14:51 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3270 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |