Manajemen pendidikan nilai-nilai karakter religius di SMA Negeri 1 Kedamean Gresik dan SMA Negeri 1 Gresik

Fahruddin, Ahmad Afghor (2015) Manajemen pendidikan nilai-nilai karakter religius di SMA Negeri 1 Kedamean Gresik dan SMA Negeri 1 Gresik. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12710029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (73MB)

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan karakter religius di sekolah kepala sekolah dan guru berperan sangan penting untuk meningkatkan kualitas siswa dalam pendidikan nilai-nilai karakter religius, Sehingga kepala sekolah mempunyai program atau kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan karakter religius. SMA Negeri 1 Kedamean Gresik dan SMA Negeri 1 Gresik adalah sekolah yang berstatus Negeri yang visi dan misi kedua sekolah tersebut telah mengacu bukan hanya dalam keintelektualitas akan tetapi dalam pendidikan nilai-nilai karakter religius. SMA Negeri 1 Kedamean Gresik dan SMA Negeri 1 Gresik dalam pendidikan karakter religius yang lebih di tekankan yaitu akhlaq, jujur, disiplin dan sholat berjama’ah.

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan Strategi Pembentukan, Implementasi Penanaman, Evaluasi Pelestarian Nilai-nilai karakter Religius yang sudah di programkan oleh kepala SMA Negeri 1 Kedamean Gresik dan SMA Negeri 1 Gresik dalam pendidikan karakter religius.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, waka, guru, dan siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi Pembentukan Nilai- nilai karakter Religius: a) Visi dan Misi menjadi pedoman untuk menetapkan nilai-nilai pendidikan karakter religius, b) Program Pendukung dalam pencapaian karakter yang ditetapkan (Akhlaqul Karimah, Shalat Berjama’ah, dan Disiplin), c) Menciptakan Lingkungan yang kondusif. 2) Strategi Penanaman Nilai-nilai karakter Religius: Menyusun kegiatan setiap awal tahun ajaran dan kegiatan tersebut menjadi kegiatan rutinitas harian, bulanan dan tahunan, 3) Strategi Pelestarian Nilai-nilai karakter Religius : a) Melakukan kerjasama pihak sekolah dan kedua orang tua siswa, b) Membuat buku kontrol untuk laporan dalam kegiatan keagamaan seperti ibadah sholat lima waktu selama dirumah.

ENGLISH:

Religious character education in schools, principals and teachers play critical for improving the quality of education students in the values of religious character, so that principals have programs or activities related to the religious character education. SMA Negeri 1 Gresik Kedamean and SMA Negeri 1 Gresik is the school with the status of the State that the vision and mission of both schools have been referring not only in intellectuality but in education the values of religious character. SMA Negeri 1 Gresik Kedamean and SMA Negeri 1 Gresik religious in character education were emphasized, namely morality, honesty, discipline and prayer in congregation.

This study aims to reveal the Formation Strategy, Investment Implementation, Evaluation Conservation Values religious character that has been programmed by the head of SMA Negeri 1 Gresik Kedamean and SMA Negeri 1 Gresik religious in character education.

This study used a qualitative approach with descriptive methods of analysis. The data collection was done by using in-depth interviews, participant observation, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and conclusion, checking the validity of the findings made by way of an extension of the participation of researchers; triangulation techniques using a variety of sources, theories and methods; and perseverance observation. Informants research is the principal, vice principal, teachers, and students.

The results of this study show that: 1) Formation Strategy character Religious values: a) Vision and Mission serve as guidelines for setting the values of religious character education, b) Support Program in the achievement of the character set (Akhlaqul Karimah, prayer congregation, and Discipline), c) Creating a conducive environment. 2) Strategic Investment Values characters Religious: Organizes activities beginning of each school year and the activity into routine activities daily, monthly and yearly, 3) Conservation Strategy Values characters Religious: a) To cooperate the school and the parents of students, b) Make the control book to reports in religious activities such as the five daily prayers during home.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin and Abidin, Munirul
Keywords: Manajemen Pendidikan; Nilai-Nilai Karakter Religius; Education Management; Values Religious Character
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 28 Jun 2016 07:50
Last Modified: 28 Jun 2016 07:50
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3267

Actions (login required)

View Item View Item