Nulinnaja, Ratna (2015) Pengembangan media pembelajaran matematika berbentuk Macromedia Flash 8 di MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (FULLTEXT)
13760025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
INDONESIA:
Terdapat banyak guru yang tetap menggunakan strategi dan metode yang tidak koheren sehingga dipastikan sulit untuk memahamkan peserta didik terhadap materi yang sedang diajarkan, dalam hal ini adalah materi kecepatan, yang mana materi ini membutuhkan tingkat pemahaman yang tinggi karena terdapat tiga rumus perbandingan materi kecepatan. Jika peserta didik tidak memahami tentang ketiga rumus kecepatan maka akibatnya akan terbalik-balik antara rumus jarak, kecepatan dan waktu, dan inilah yang menyebabkan hasil belajar peserta didik tidak sesuai dengan KKM. yang ditentukan sekolah, yang pada akhirnya tidak tercapainya tujuan pendidikan.
Dari munculnya permasalahan tersebut maka peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran matematika materi kecepatan dengan menggunakan macromedia flash 8 yang didesain menjadi media interaktif “segitiga kreatif” kecepatan, yang mana media pembelajaran tersebut membantu pengoperasian rumus tanpa merubah konsep dasar perbandingan. Subyek penelitian dari MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang yang mana peserta didik kelas 5A sebanyak 35 peserta didik, 5B sebanyak 36 peserta didik, dan 5C sebanyak 36 peserta didik, yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas perlakuan, kelas 5A menjadi kelas kontrol dan kelas 5B srta 5C adalah kelas peerlakuan.
Hasilnya yang diperoleh dibuktikan melalui Uji T Tes, Independent Samples Test dengan SPSS versi 15 yaitu signifikansi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan nilai yang diperoleh antara kelas kontrol (5-A) dan kelas perlakuan (5-B dan 5-C) sehingga penggunaan macromedia flash 8 “segitiga kreatif” kecepatan pada peserta didik kelas 5-B MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang dinyatakan berhasil. Pengembangan media pembelajaran yang mampu memberikan efek yang stabil terhadap prestasi belajar dan pemahaman peserta didik tentang materi kecepatan, karena kestabilan peserta didik sehingga pembelajaran berlangsung dengan efektif, efesien, dan dapat memotivasi (daya tarik) peserta didik untuk mengikuti dan memahami materi kecepatan dalam jangka waktu yang lama, maka dari itu pembelajaran active learning dengan macromedia flash “segitiga kreatif” kecepatan dapat dilanjutkan disekolah MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang.
ENGLISH:
There are many teachers who keep using strategies and methods that are not coherent so it is certainly difficult for learners to understand the material being taught, in this case, the material of
‘speed’, which this material requires a high level of understanding because there are three formulas of comparison in speed material. If students do not understand about the three speed formulas, it willbe upsided down between the formula of distance, speed and time, and this is what led to the study of students not in accordance with the KKM. designated by school, which is consequently the goal of education npt achieved.
Based on the problem, the researcher wants to develop learning media of mathematics on ‘speed’ material by using Macromedia Flash 8, which is designed to be interactive media "triangle creative" for speed, which is the learning media that helps the operation of the formula without changing the basic concept of comparison. The subject of the study is MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang which comprises35 students of 5Aclass, 36 students of 5Bclass, and 36 students of 5Cclass, divided into a control group and treatmentgroup, 5A class is the controlgroup,while 5B and 5C classes are treatment group.
The result is proved by T Test, Independent Samples Test with SPSS version 15 is the significance of 0.000, which means that there is difference in value between the control group (5-A) and treatment group (5-B and 5-C) so that the use of Macromedia Flash 8 "creative triangle" for speed on students' of 5-B class at MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang is declared successful. The development of instructional media is able to give stable effect on learning achievement and students’ understanding about the material of ‘speed’.Because of the stability of the students, the learning takes place effectively, efficiently, and can motivate students’ (interest) to follow and understand the material in long duration, and therefore active learning using macromedia flash "creative triangle" for speed may be continued in school MI Sulaimaniyah Mojoagung Jombang.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. and Harini, Sri | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Pengembangan media; Matematika; Macromedia flash 8; Media Development; Mathematics; Macromedia flash 8 | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2016 14:49 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2016 14:49 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3261 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |