Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 2

Alim, Azizil (2015) Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Malang 2. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12710032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kepala Madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagaimana tertuang dalam UU pasal 12 ayat 1 PP 28 yang menyatakan bahwa “Kepala madrasah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana prasarana”. Hal ini berarti kepala madrasah harus mampu untuk menjadi educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, motivator dan entrepreneur di lembaga sekolah yang dipimpinnya atau dengan bahasa yang sederhana kepala madrasah haruslah bisa memanajemen sekolahnya dengan baik. Dengan demikian sebuah sekolah akan mencapai sebuah mutu pendidikan yang bagus, baik dari segi kualitas dan kuantitasnya. Hal ini dikarenakan mutu pendidikan merupakan sebuah indikator untuk melihat produktifitas sebuah sekolah dan erat kaitannya dengan manajemen pada sebuah sekolah, karena kegagalan mutu dalam sebuah organisasi disebabkan oleh kelemahan manajemennya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang urgensi dari sebuah kepemimpinan kepala madrasah terhadap mutu pendidikan pada lembaga yang dipimpinnya, menganalisa strategi kepala madrasah yang digunakan dalam meningkatkan mutu pendidikan serta mendeskripsikan tipe atau karakter kepimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Metode dalam penelitian kali ini menggunakan kajian Deskriptif-Kualitatif. Pemilihan metode ini akan mempermudah dalam memahami paparan data yang telah dijelaskan karena tersusun secara akurat dan sistematis. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Setelah itu data yang telah terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah verifikasi atau menarik kesimpulan.

Hasil atau temuan yang dapat dipaparkan pada penelitian ini yakni beberapa strategi kepala madrasah yang digunakan untuk mencapai sebuah target yang telah ditetapkan bersama oleh semua komponen sekolah. Strategi yang diterapkan oleh kepala madrasah MIN Malang 2 ini tentunya mengacu pada paparan teori tentang mutu sebuah pendidikan yang mencakup input, proses dan output yang sudah ada. Dari pelaksanaan strategi ini dapat dilihat juga tentang bagaimana karakter atau tipe kepemimpinan kepala madrasah MIN Malang 2 yang ternyata menurut beberapa sumber data mengarah pada sebuah kepemimpinan yang demokratis. Hal ini dapat dilihat campur tangan pemikiran pihak-pihak terkait dalam mengeluarkan sebuah kebijakan sekolah.

ENGLISH:

Principals is one of the most educational component plays a role in improving the quality of education as set forth in Law article 12 paragraph 1 of Regulation 28, which states that "the head of the madrassa is responsible for the implementation of educational activities, school administration, coaching other education personnel and the utilization and maintenance of infrastructure ". This means that the headmaster should be able to be educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, motivator and entrepreneur in his school institutions or in simple language headmaster school should be able to manage well. Thus a school will achieve a good quality of education, in terms of both quality and quantity. This is because the quality of education is an indicator to see the productivity of a school and is closely related to the management of a school, because of the failure of quality in an organization caused by the weakness of its management.

This study aimed to describe the urgency of a leadership headmaster of the quality of education at the institution he leads , analyze strategies headmaster used to improve the quality of education and to describe the type or character of the leadership of headmaster in improving the quality of education.

The method in this research using descriptive - qualitative study . Selection of this method will make it easier to understand the exposure data that has been described as accurately and systematically arranged . This research data collection using observation, interview (interview) , and documentation . Once the data have been analyzed by stage data reduction , data presentation and the last one is verification or draw conclusions.

Results or findings presented in this study can be the headmaster several strategies used to achieve a target set jointly by all components of the school . The strategy adopted by the headmaster MIN Malang 2 is certainly referring to the exposure to theories about the quality of an education that includes input , process and output of existing ones. Of the execution of this strategy can be seen also on how the characters or the type of leadership headmaster MIN Malang 2, which turns out according to multiple sources of data leads to a democratic leadership . It can be seen intervene thought relevant parties in issuing a school policy.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Mujab, M. and Rofiq, Aunur
Keywords: Kepala Madrasah; Mutu Pendidikan; Principals; Quality Education
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 28 Jun 2016 07:49
Last Modified: 28 Jun 2016 07:49
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3258

Actions (login required)

View Item View Item