Rojahatin, Rojahatin (2014) Manajemen kesiswaan untuk meningkatkan kualitas input dan output madrasah aliyah di pondok pesantren: Studi kasus MA 1 Putri Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12710022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Tingkat kelulusan Ujian Nasional tahun ajaran 2011-2012 tingkat MA mencapai 99,24%. Capaian tersebut belum sejajar dengan tingkat kelulusan sekolah umum atau SMA yang tingkat kelulusannya mencapai 99,50%. Pesantren merupakan lembaga pendidikan dan lembaga sosial yang banyak tumbuh di pedesaan dan perkotaan. Data yang diperoleh dari kementrian Agama menunjukkan bahwa ada sekitar 4400 pesantren yang ada di daerah jawa timur, 870 merupakan pesantren yang terdapat di Madura. Hal ini menunjukkan bahwa pesantren cukup diminati, sehingga dengan banyaknya pesantren menunjukkan bahwa tidak sedikit lulusan yang dihasilkan oleh pesantren. Hal ini mengharuskan pesantren untuk memiliki kualitas input dan output yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetagui pelaksanaan manajemen kesiswaan, upaya-upaya yang dilakukan, serta implikasi penerapan manajemen kesiswaan di MA 1 Putri Annuqayah dalam meningkatkan kualitas input dan output siswanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan mengambil latar di MA 1 Putri Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokementasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan manajemen kesiswaan yang berlangsung di MA 1 Putri Annuqayah tergolong cukup baik, dimana konsep dalam manajemen kesiswaan yang dimulai dari perencanaan siswa baru, pelaksanaan penerimaan siswa baru, monitoring atau pengendalian, dan evaluasi sudah dapat diterapkan oleh semua civitas MA 1 Putri Annuqayah. (2) Dalam upaya yang dilakukan sekolah berkaitan dengan manajemen kesiswaan untuk meningkatkan kualitas input dan output di madrasah aliyah 1 Putri Annuqayah antara lain: meningkatkan kedisiplinan siswa, adanya bimbingan dan konseling, mengadakan tambahan belajar (les), penambahan fasilitas yang disediakan untuk siswa agar mememadai, mengirimkan siswa yang berbakat untuk mengikuti perlombaan, memotivasi siswa, serta memberikan arahan kepada siswa yang ingin melanjutkan, dan (3) Adapun implikasi dari implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kualitas output di Madrasah Aliyah 1 Putri Annuqayah Guluk- Guluk dilihat dari prestasi akademik berupa nilai UN dan UAMBN yang mengalami peningkatan, prestasi non akademik yang diraih oleh siswa MA 1 Pi Anuqayah juga mengalami peningkatan, dan lulusan MA 1 Putri Annuqayah diterima di perguruan tinggi Negeri ataupun Swasta.
ENGLISH:
The passing rate of the National Examinati on 2011-2012 school year MA levelreaches 99.24%. The achievementis not aligned with the public school graduation ratesor high schoolgraduation ratereached 99.50%. Boarding Schoolis an educational institutionand social in stitutions that have sprung upinrural and urban areas.Data obtained from theMinistry of Religious in dicatethat there are about4400boarding schoolinEast Javaregion, 870is aboarding schoollocatedin Madura. This show sthat boarding school sattractive enough, so that the number of boarding schools show that not a few graduates produced by boarding. It requires boarding schools to have input and output qualityis good.
This study aims toknow implementation of student management, ef fortsweremade, and the implications of student management applicationin the Supreme Courtone PrincessAnnuqayahin improving the quality of the input and output of students.This study used aqualitative research approach using acase study totake a background in MA1Princess Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Data was collected through interviews, observation and documentation. Data analysisusing descriptive analysis.
The results ofthis study were (1) Application ofthe managementof studentthat took place in MA 1 Princess Annuqayahis quitegood, where the concept of the student management from the planning stage of new students, the implementation of new admissions, monitoring or controlling, and evaluating already be implemented by the community MA1 Princess Annuqayah. (2) In theefforts made by the school relating to the management of student affairstoimprove thequality of inputs and outputs in madrasah aliyah 1 Princess Annuqayah include:improving student discipline, the existence of guidance and counseling, conductan additionalstudy (les), the addition of the facilities provided for students to fulfill, send gifted students to follow the race, motivate students, as well as providegui dance to students who want to continue, and(3) As for the implication of the implementation of student management in improving the qualityof output in Madrasah Aliyah 1 Princess Annuqayah Guluk-Guluk view sofa cademic achievementin the form of UN valuesand UAMBN students who have increased, non- academic achievement attained by 1 Pi Anuqayah MA students also increased, and the graduat esreceived MA 1 daugh terincollege Annuqayah Stateor Private.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin and Yasin, Ahmad Fatah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Manajemen Kesiswaan; Kualitas Input dan Output; Pondok Pesantren; Student Management; Quality Input and Output; Boarding School | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2016 10:26 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2016 10:26 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3253 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |