Manajemen pengembangan kompetensi pedagogik guru berbasis religius: Studi multisitus di SDIT Anak Sholeh, SD Integral Luqman al-Hakim, dan SDIT al-Fajar Academy Mataram

Hadi, Lalu Sirajul (2015) Manajemen pengembangan kompetensi pedagogik guru berbasis religius: Studi multisitus di SDIT Anak Sholeh, SD Integral Luqman al-Hakim, dan SDIT al-Fajar Academy Mataram. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11730035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:

Guru merupakan komponen kunci (key component) dalam proses pembelajaran. Berkualitasnya proses dan hasil pembelajaran ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki guru, yang didasarkan pada nilai-nilai religius yang dirujuk sebagai keyakinan, pengetahuan, pemahaman dan pengamalan. Oleh sebab itu maka dibutuhkan manajemen pengembangan yang tepat, baik pada aspek pedagogik maupun pada aspek religius. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) konsep performance kompetensi pedagogik guru berbasis religius (2) strategi pengembangan kompetensi pedagogik guru berbasis religius dan (3) implikasi manajemen pengembangan kompetensi pedagogik guru berbasis religius di SDIT Anak Sholeh, SD Integral Luqman al-Hakim dan SDIT al-Fajar Academy Mataram.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multisitus. Tekhik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui analisis situs individu yang dilanjutkan dengan analisis lintas situs. Teknik analisis dilakukan dengan proses reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan serta pengujian kesimpulan data (drawaing and verifying conclusions). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tingkat kepercayaan (credibility), kebergantungan (dependability) dan objektivitas (confirmablity).

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) konsep performance kompetensi pedagogik religius adalah unjuk kerja guru yang dibangun berdasarkan potensi, ability, capabeltiy, capacity dan afeksi religius dalam mewujudkan kinerja guru dalam proses dan hasil pembelajaran yang dilandasai dengan nilai-nilai religius sebagai spirit, motivasi dan ideologi (2) pengembangan kompetensi pedagogik religius guru belum dilakukan melalui tahapan dan langkah-langkah yang sistematis, holisitk dan sestemik, kegiatan pengembangan bersifat general-temporary karena tanpa melalui proses analisis penilaian (assessment analysis) dan analisis kebutuhan (need analysis) yang komprehensif dan objektiv. Strategi pengembangan dapat dilakukan dengan menggunakan model pengembangan kompetensi berkelanjutan melalui pendekatan religius learning community (3) implikasi manajemen pengembangan kompetensi pedagogik berbasis religius, adalah; Pertama, implikasi bagi guru (personal impact), terbangunnya kepercayaan diri (self confident), kepuasan diri (self satisfication), kualitas kinerja, dan produktivitas dalam proses pembelajaran dengan menjadikan nilai-nilai religius sebagai spirit, motivasi dan ideologi. Kedua, implikasi bagi sekolah (institution impact), tercipta dan terjaganya kepercayaan stakeholder sebagai pengguna pendidikan. Temuan penelitian ini adalah Model Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan Berbasis Religius Learning Community.

ENGLISH:

Teachers are the key components in the learning process. Process quality and learning outcomes are determined by the competences of the teacher, which is based on religious values, referred to as the confidence, knowledge, understanding and application. Therefore, it is necessary to the proper management of the development, both on the pedagogical aspect as well as the religious aspect. This research aims to find (1) the concept of teacher pedagogical competence performancereligious-based (2) the development strategy of teacher pedagogical competence religious-based and (3) the implications of teacher pedagogical competence development management religious-based at SDIT Children Sholeh, SD Integral Luqman al-Hakim and SDIT al-Fajar Academy Mataram.

This research applied qualitative approach, case study with multisite study design. The data collecting technique was performed by in-depth interviewing, participant observation and documentation. The data analysis was performed through the analysis of individual sites, followed by site traffic analysis. The analysis technique was performed by data reduction process, data display, and drawing and verifying conclusions. Checking the validity of the data was performed by credibility, dependability and confirmablity.

The results of the research show that (1) the concept of religious pedagogic competence performance is teachers performance which is built based on the potential, ability, capability, capacity and religious affection in realizing the teachers performance in the process and learning outcomes which is based on religious values ​​as the spirit, motivation and ideology (2) the development of teachers religious pedagogical competence has not carried through the systematically steps, holisitk and systemic. The development activities are general-temporary because without going through the process of assessment analysis and need analysis which are comprehensive and objective. The development strategy can be done by using a sustainable competence development model through religious approach (learning community) (3) the implication of pedagogic competence development management religious based, are; first, the implications for the teacher (personal impact), the self-confidence establishment (self-confident), self-esteem (self-satisfication), the quality of performance, and productivity in the learning process by making the religious values ​​as the spirit, motivation and ideology. Second, the implications for school (institution impact), to create and maintain the trust of stakeholders as education users. The finding of this reserach is a sustainable competence development model religious-based in learning community.

ARABIC:

اَلْمُدَرِّسُ هُوَالمُكَوِّنَاتُ اَلْمِفْتَاحِيَّةُ فِي عَمَلِيَّةِ التَّعْلِيْمِ. واَمَّا جَوْدَةُ عَمَلِيَّةِ التعليم وَنَتِيْجَتُه تَعَيَّنُ بِكَفَاءَةِ الْمُدَرِّسِ عَلَى أَسَاسِ اَلْقِيْمَةِ اَلدِّيْنِيَّةِ، اَلَّتِي تُأْخَذُ مِنْالْيَقِيْنِ واَلْمَعْرِفِيَّةِ، و الْمَفْهُوْمِيَّةِ، وَالْأَعْمَالِيَّةِ. وَلِذَلِكَ يَحْتَاجُ إِلَى اِدَارَةِ التَّطْوِيْرِ اَلْمُنَاسِبَةِ، إِمَّا من نَاحِيَةِ الكَفَاءَةِ التَّعْلِيْمِيَّةِ وَإِمَّا مِنْ نَاحِيَةِالأَسَاسِ اَلدِّيْنِيَّ. اَهْدَافُ هَذَا الْبَحْثِ لِلْحُصُوْلِ عَلَى: (1) مَفْهُوْمُ التَّطْبِيْقِ لِكَفَاءَةِ الْمُدَرِّسِ التَّعْلِيْمِيَّةِ بِالأَسَاسِ اَلدِّيْنِي. (2) اِسْتِيْرَاتِيْجِيَةُ تَطْوِيْرِ لكَفَاءَةِ التَّعْلِيْمِيَّةِ لِلْمُدَرِّسِ عَلَى الأَسَاسِ الديني(3) أَثَرُ اِدَارَةِ التَّطْوِيْرِ بِالْكَفَاءَةِ التَّعْلِيْمِيَّةِ لِلْمُدَرِّسِ عَلَى الأَسَاسِ اَلدِّيْنِيفِيمَدْرَسَةِ "اناك صالح "الْاِبْتِدَائِيَّةِ اَلْإِسْلَامِيَّةِ اَلْمُتَكَامِلَةِ، ومَدْرَسَةِ"لُقْمَان الْحَاكِيْمِ" الْإِبْتِدَائِيَّةِ اَلتَّكَامُلِيَّةِ وَمَدْرَسَةُ "اَلْفَجْر أَكَادِيْمِي" الْاِبْتِدَائِيَّةِ الْإِسْلَامِيَّةِ اَلْمُتَكَامِلَةِ بمَاتَرَام

الْبَحْثُ المستخدم هو الْمَدْخَلَ الْكِيْفِي مَعَ تَصْمِيْمِ الدِّرَاسَات الحالة بِنَوْعِ الدِّرَاسَةِ الأماكن اَلْمُتَعَدِّدَةِ. وَأَمَّا طَرِيْقَةُ جَمْعِ الْبَيَانَاتِفهِيَ اَلْمُقَابَلَةُ العميقة، الْمُلاَحَظَةُ بالمشاركة، وَالتَّوْثِيْقُ. أما الْبَيَانَاتُ الْمَجْمُوْعَةُ فَتُحَلِّلُ بِالْتحليل الأماكن الْمُنْفَرِدَةِ التي تستمرّ بالتحليل الأماكنِ اَلْمُتَعَدُّدِة. وَطَرِيْقَةُ التَّحْلِيْل تَسْتَخْدِمُ بِعَمَلِيَّةِ تَصغير الْبَيَانَاتِ، عَرْض الْبَيَانَاتِ وَالْاِسْتِنتاج. واَمَّا تَصْدِيْقُ صِحَّةِ الْبَيَانَاتِ بِالدَّرَجَةِ التَّصْدِيْقِيَّةِ والْمَوْثُوْقِيَّةِ وَالْمَوْضُوْعِيَّةِ.

تَدُلُّ نَتِيْجَةُ الْبَحْثِ عَلَى: (1)مَفْهُوْمُ التَّطْبِيْقِيَّة عَنْ كَفَاءَةِ التَّعْلِيْمِيَّةِ اَلدِّيْنِيَّةِ هِيَ أَعْمَالُ الْمُدَرِّسِ الْمَبْنِي عَلَى اَسَاسِ الْقُوَّةِ وَالْقُدْرَةِ وَالسَّعَةِ وَالطَّاقَةِ وَالْوِجْدَانِ اَلدِّيْنِي لِإِيْجَادِ اَعْمَالِ الْمُدَرِّسِ فِي الْعَمَلِيَّةِ وَالنَّتِيْجَةِ التَّعْلِيْمِيَّةِ الْمُؤَسَّسَةِ بِالْقِيْمَةِ اَلدِّيْنِيَّةِ رُوْحًا وَ تْشْوِيْقًا, وَفِكْرِيًّا. (2) تَطْوِيْرُ كَفَاءَةِ التَّعْلِيْمِيَّةِ اَلدِّيْنِيَّةِ لِلْمُدَرِّسِ لَمَّايَعْمَلْ مِنْ خِلاَلِ التَّدْرِيْجِ وَالْخُطُوَاتِ بِالطَّرِيْقَةِ الْخَاصَّةِ وَالْكُلِّيَّةِ وَالنِّظَامِيَّةِ، اَلنَّشَاطُ التَّطْوِيْرِي لَهُ صِفَةٌ عَامَّةٌ وَقْتَةٌ لِاَنَّهُ بِدُوْنِ عَمَلِيَّةِ تَحْلِيْلِ التَّقْوِيْمِ(assessmentanalysis) وبِدُوْنِ تَحْلِيْلِ الْإِحْتِيَاجَاتِ (needanalysis)الْمُشَامِلِوَ الْمَوْضُوْعِي، اِسِتْرَاتِجِيَّةُ التَطْوِيْرِ تُعْمَلُ بِاِسْتِخدام نَمُوْزَجِ تَطْوِيْرِ الْكَفَاءَةِ اَلْمُتَوَاصِلَةِ عَلَى الْمَدْخَالِ الدِّيْنِيَةِ التعليم اَلْمُجْتَمَعِي(learning community). (3)أَثَرُ اِدَارَةِ تَطْوِيْرِ الكَفَاءَةِ التَّعْلِيْمِيَّةِ عَلَى الأسَاسِ الدِّيْنِي مِنْهَا اَلْاَوَّلَ، اَلتَّأْثِيْرُ لِلْمُدَرِّسِ(personal impact)، تَنْمِيَّةُ لِلْاِعْتِمَادُ عَلَى النَّفْسِي(self comfidence) وَاِقْتِنَاعُ النَّفْسِي(self satisfication)، وَجَوْدَةُ الْأعمال وَنتَائِجُها فِي عَمَلِيَّةِ التَّعْلِيْمِ بِتَكْوِيْنِ الْقِيْمَةِ الدِّيْنِيَّةِ رُوْحًا وَدافعية، وا إيدْيُولُوجِيَّة. الثَّانِيُ التَّأْثِيْرُ لِلْمَدْرَسَةِ (institution impact)اَلْإِيْجَادُ وَالْمُحَافَظَةُ على تَصْدِيْقُ الْمُجْتَمَع الذي يَسْتَخْدِمُ التَّرْبِيَّةَ.اِكْتِشَافُ هَذَا الْبَحْثِ: نَمُوْذَجُ تَطْوِيْرِ الْكَفَاءَةِ الْإِسْتِمْرَارِيَّةِ عَلَى الأَسَاسِ الدِّيْنِي لِتَعْلِيْمِ اَلْمُجْتَمَع.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Supervisor: Bawani, Imam and Djakfar, Muhammad
Keywords: Manajemen Pengembangan; Kompetensi Pedagogik; Berbasis Religius; Development Management; Pedagogic Competence; Religious-Based; إِدَارَةُ التَّطْوِيْرِ، الكَفَاءَةُ التَعْلِيْمِيَّةُ عَلَى الْأسَاسِ اَلدِّيْنِي
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Doktor Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:02
Last Modified: 28 Jun 2016 07:59
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3245

Actions (login required)

View Item View Item