Kusuma, Nailah Aka (2014) Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan sumber pembiayaan pendidikan berbasis wirausaha: Studi kasus di SMP dan SMA Nurul Hikmah Pamekasan Madura. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12710019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Bukan menjadi hal baru jika banyak sekolah swasta mengalami kesulitan dalam hal pembiayaan pendidikan. Salah satu penyebabnya ialah minimnya sumber pembiayaan yang dimiliki sedangkan kebutuhan yang harus dipenuhi sekolah sangat banyak. Untuk itu dibutuhkan inovasi kreatif oleh kepala sekolah untuk dapat keluar dari permasalahan pembiayaan pendidikan disekolah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan ialah dengan menjalankan wirausaha sekolah sebagai sumber pembiayaan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi, penerapan strategi, dan bentuk evaluasi kepala sekolah dalam mengembangkan sumber pembiayaan pendidikan berbasis wirausaha beserta dampaknya bagi sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian di SMP dan SMA Nurul Hikmah Pamekasan Madura. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1. Wawancara, 2. Observasi, dan 3. dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis interactif (Reduksi data, Penyajian data, Melakukan verifikasi dan Penarikan kesimpulan/temuan akhir). Pengecekan keabsahan data di dasarkan pada Kredibilitas (Kepercayaan) yang meliputi perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan dan triangulasi data (triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu).
Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) SMP dan SMA Nurul Hikmah melakukan perencanaan strategi yang meliputi: Penyusunan program, mengikuti kriteria usaha sekolah, melibatkan kepala sekolah, pengurus yayasan, waka bendahara, dan komite sekolah dalam merumuskan strategi usaha sekolah, menetapkan target dan sasaran pencapaian usaha sekolah, membuat program tertentu untuk pencapaian target dan menyusun strategi pelaksanaan dilapangan. (2) SMP dan SMA Nurul Hikmah melaksanakan perencanaan meliputi: melaksanakan program sesuai dengan rencana yang disusun, kepala sekolah sebagai penanggung jawab menjalankan fungsi manajemen dan etika wirausaha disekolah, dan melakukan beberapa strategi usaha yang sesuai. (3) Adapun bentuk evaluasi dilakuakan dengan program laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang dilaksanakan setiap akhir tahun ajaran dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan program dan sebagai acuan perencanaan tahun selanjutnya. (4) dampak yang ditimbulkan dari wirausaha sekolah dapat dirasakan oleh beberapa pihak diantaranya sekolah yang berupa kemandirian pembiayaan pendidikan dan peningkatan mutu sekolah, wali murid, siswa dan masyarakat sekitar.
ENGLISH:
Not a new thing that many private schools have difficulty in financing education. One of the reasons is the lack of finance sources while they need to fulfill the school very much. That is required about creative innovation by the headmaster to get out of the problems of financing education in school. One of the solutions can be done is to run the school as a source of financing education entrepreneurial. The Purpose of this study is to describe the strategy, implementation strategies, evaluation forms the principal source of financing in developing entrepreneurial based education and implications for schools.
This study used a qualitative approach with a case study and descriptive method. The location of research is in Junior and Senior High School Nurul Hikmah Pamekasan Madura. Data collection technique used: 1) Interview, 2) Observation and 3) Documentation. Data analysis was performed using the model of interactive analysis (data reduction, Data display, verification and conclusions). Checking the validity of the data is based on credibility (trust) which includes the extension of the study, increased persistence and data triangulation (triangulation of techniques, triangulation of resource and triangulation of time).
The result of research showed that (1) Junior and Senior High School Nurul Hikmah do the planning strategies with include: preparation of the program, following the school of business criteria, involving headmaster, board of trustees and school, and the school committee in formulating business school strategy, setting targets and achieving goals business schools, formulating certain programs for the achievement of targets and implementation strategy in the field. (2) Junior and Senior High School Nurul Hikmah do the plan with include: implementing the program in accordance with the plans drawn up, the headmaster in charge of running the functions of management and entrepreneurial ethics school, and doing some business strategies accordingly. (3) The form of the evaluation is conducted by the accountability reporting program that is held every end of the school year in order to determine the effectiveness of the program and as a reference for planning next year. (4) The impact of entrepreneurial school can be felt by several parties including the school in the form of financial independence and improve the quality of school education, parents, students and the surrounding community.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad and Mulyono, Mulyono | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Strategi Kepala Sekolah; Sumber Pembiayaan Pendidikan; Wirausaha; Strategy of Headmaster; Sources of Financing Education; Entrepreneur | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2016 10:02 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2016 10:02 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3243 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |