Responsive Banner

Korelasi literasi budaya dan literasi digital terhadap moderasi beragama pada siswa jenjang Madrasah Aliyah di Kota Madiun

Mahmudah, Mahmudah (2021) Korelasi literasi budaya dan literasi digital terhadap moderasi beragama pada siswa jenjang Madrasah Aliyah di Kota Madiun. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
19770055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi memberi dapak signifikan bagi perubahan teologis. Bagaikan pisau bermata dua, perkembangan teknologi membawa dampak positif juga negatif. Menghadapi tantangan demikian, pada generasi Z, literasi menjadi hal utama sebagai bekal menyelami dunia virtual dengan tetap memegang teguh ajaran agama yang memiliki nilai moderat. Selain itu, peran budaya sosial sebagai sistem pembentuk nilai sangat penting, agar sikap moderat dalam beragama tetap terpupuk dengan baik. Oleh karena itu, penelitian ini hendak melakukan analisis dan mendeteksi tingkat dan korelasi dari literasi budaya, literasi digital dan juga korelasi keduanya terhadap moderasi beragama.

Adapun penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional, dengan teknik pengumpulan data berupa pemberian angket/ kuisioner dan dokumentasi. Angket diberikan kepada 242 siswa jenjang madrasah aliyah di Kota Madiun sebagai responden. Adapun analisis dan uji keabsahan data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, normalitas data, korelasi Pearson Product Moment, dan juga korelasi ganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi budaya termasuk dalam kategori tinggi yakni 62%, literasi digital kategori sedang yakni 45,9%, dan moderasi beragama kategori tinggi yakni 68,2%. Sedangkan korelasi antara literasi budaya dan moderasi beragama menunjukkan hubungan yang kuat sebesar 0,788, demikian pula dengan korelasi antara literasi digital dan moderasi beragama menunjukkan hubungan yang kuat sebesar 0,631. Adapun korelasi literasi budaya dan literasi digital secara simultan terhadap moderasi beragama menunjukkan hubungan yang sangat kuat sebesar 0,807 dan bersifat positif. Sementara nilai R square sebesar 0,651 menunjukkan variabel literasi budaya dan literasi digital berkontribusi secara simultan terhadap moderasi beragama sebesar 65,1%. Jadi, disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara literasi budaya dan literasi digital terhadap moderasi beragama.

ABSTRACT

Theological changes have gained a lot of momentum as a result of technological developments. Technology development, like a double-edged knife, has both constructive and adverse consequences. When challenged with such issues, literacy becomes the most essential aspect to consider as a means to interact in the virtual world while conforming to moderate religious principles. Furthermore, because the role of social culture as a value-forming system is crucial, moderate religious attitudes are encouraged. As a reason, the goal of this study is to conduct analysis and assess the amount and correlation between cultural literacy and digital literacy, as well as the relationship of the two and religious moderation.

The study used a correlational type of quantitative research approach, using data collection methods like questionnaires and documentation. As responders, 242 students in Madiun City's madrasah aliyah were handed questionnaires. Validity tests, reliability tests, data normality tests, Pearson’s Product moment correlations, and double correlations were used in the studies utilizing IBM SPSS Statistics Version 26.

The findings revealed that cultural literacy is in the high level at 62%, digital literacy is in the moderate level at 45.9%, and religious moderation is in the high level at 68.2%. While there was a strong correlation of 0.788 between cultural literacy and religious moderation, there was also a strong correlation of 0.631 between digital literacy and religious moderation. The correlation of cultural literacy and digital literacy with religious moderation was quite significant, with a correlation coefficient of 0.807 and a positive correlation. While the R square value of 0.651 indicated that cultural literacy and digital literacy, both of them correlated 65.1% to religious moderation simultaneously. As a result, it can be argued that religious moderation has a good and significant correlation with cultural literacy and digital literacy.

مستخلص البحث

وَقَدْ أَعْطَى تَطْوِيْرُ التَّكْنُوْلُوْجِيَا أَهَمِّيَةً كَبِيْرَةً لِلتَغْيِيْرِ الدِّيْنِيْ. كَسِكِّيْنِ بِوَجْهَيْنِ، تَطْوِيْرُ التَّكْنُوْلُوْجِيَا عِنْدَهُ تَأْثِيْرُ إِيْجَابِيٌّ وَسَلْبِيٌّ. أَمَّافِي مُوَاجِهَةِ هَذِهِ التَّحْدِيَاتِ، يَصْبَحُ مَحْوُ الْأُمِّيَّةِ فِي الْجِيْلِ Z هُوَ الشَّيْءُ الرَئِيْسِيُّ كَدَلِيْلُ لِلْغَوْصِ فِي بَحْرِ العَالَمِ الْإِفْتِرَاضِيْ مَعَ الْإِسْتِمْرَارِ فِي التَّمَسُّكِ بِعُلُوْمِ الدِّيْنِ ذَاتَ القِيَمِ الْمُعْتَدِلَةِ. وَكَذَلِكَ، فَإِنَّ دَوْرَ الثَّقَافَةِ الْإِجْتِمَاعِيَّةِ كَنِظَامِ لِتَشْكِيْلِ اْلقِيْمَةِ مُهِمٌّ جِدًّا، حَتَّى تَكُوْنُ الْمَوَاقِفُ الْمُعْتَدِلَةُ فِي الدِّيْنِ مُتَعَزِّزَةً بِشَكْلٍ جَيِّدٍ. لِذَلِكَ، تُرِيْدُ هَذِهِ الدِّرَاسَةِ لِغَرْضِ التَّحْلِيْلِ وَالْمَعْرِفَةِ عَنِ الْمُسْتَوَى وَالْإِرْتِبَاطِ مَحْوُ الْأُمِّيَّةِ الثَّقَافِيَّةِ وَمَحْوُ الْأُمِّيَّةِ الرَّقْمِيَّةِ وَكَذَلِكَ الْإِرْتِبَاِط مِنْهُمَا باِلْإِعْتِدَالِ الدِّيْنِي.

وَيَسْتَخْدِمُ اْلبَحْثُ نَهْجًا كِمِّيًا مِنَ النَّوْعِ الْإِرْتِبَاطِيِّ، أَ مَّا تَقْنِيَّاتُ لِجَمْعِ اْلبَيَانَاتِ فِي شَكْلٍ إِسْتِبَيَانَاتٍ وَوَثَائِقِ. كَانَتْ الْإِسْتِبَيانَاتُ مُتَدَاوَلَة لِ 242 طَاِلبًا فِي الْمَدْرَسَةِ اْلعَالِيَةِ فِي الْمَدِيْنَةِ "مَادِيُيوْنَ". كاَنَ التَحْلِيْلُ وَالإِخْتِبَارُ عَنْ صِحَّةِ اْلبَيَانَاتِ بِإِسْتِخْدَامِ الْإِخْتِبَارَاتِ الصَّلَاحِيَّةِ ، والْإِخْتِبَارَاتِ الْمَوْثُوْقِيَّةِ ، والْإِخْتِبَارَاتِ الطَّبِبْيعِيَّةِ لِلْبَيَانَاتِ ، وَالإِرْتِبَاطَاتِ Pearson Product Moment ، وَكَذَلِكَ الْإِرْتِبَاطَاتِ الْمَزْدُوْجَةِ بِمُسَاعَدَةِ IBM SPSS Statistics 26.

وَكَانَتْ النَتَائِجُ دَلَالَةً أَنَّ الْمُسْتَوَى مَحْوُ الْأُمِّيَّةِ الثَّقَافِيَّةِ يَحْصِلُ إِلَى الْفِئَةِ الْعَالِيَةِ بِ 62٪، وَمَحْوَ اْلأُمِّيَّةِ الرَّقْمِيَّةِ فِي الْفِئَةِ الْمُتَوَسِطَةِ بِ 45.9٪، وَالْإِعْتِدَالِ الدِّيْنِي فِي الْفِئَةِ الْعَالِيَةِ بِ 68.2٪.إِنَّ الْإِرْتِبَاطَ بَيْنَ مَحْوُ الْأُمِّيَّةِ الثَّقَافِيَةِ وَاْلإِعْتِدَالِ الدِّيْنِي أَظْهَرَ إِرْتِبَاطًا قَوِّيًا بِ 0.788، فَإِنَّ اْلإِرْتِبَاطَ بَيْنَ مَحْوُ الْأُمِّيَّةِ الرَّقْمِيَّةِ وَالْإِعْتِدَالِ الدِّيْنِي يَدُلُّ إِرْتِبَاطًا قَوِّيًا بَلَغَ 0.631. وَكَانَ الإِرْتِبَاُطُ بَيْنَ مَحْوُ الْأُمِّيَّةِ الثَّقَافِيَّةِ وَمَحْوُ الْأُمِّيَّةِ الرَّقْمِيَّةِ مَعًا بِالْإِعْتِدَالِ الدِّيْنِي يَدُلُّ إِرْتِبَاطًا قَوِّيًا جِدًّا بِ 0.807. وَكَانَ الإِرْتِبَاطُ إِيْجَابِيًّا. وَأَمَّا الْقِيْمَةُ الْمُرَبِّعَةِ R هِيَ 0.651 تَدُلُّ عَلَي مُتَغَيَّرَاتِ مِنْ مَحْوِ الْأُمَّيَةِ الثَّقَافِيَّةِ وَمَحْوِ الْأُمِّيَّةِ الرَّقْمِيَّةِ أَنَّهَا سَاهَمَتْ مَعًا فِي الْإِعْتِدَالِ الدِّيْنِي بِنِسْبَةِ 65.1٪. لِذَا، يُمْكِنُ لِإِسْتِخْلَاصِ أَنَّ هُنَاكَ الْإِرْتِبَاطَ إِيْجَابِيٌ وَقَوِّيٌ بَيْنَ مَحْوُ الْأُمِّيَّةِ الثَّقَافِيَّةِ وَمَحْوُ الْأُمِّيَةِ الرَّقْمِيَّةِ وَالْإِعْتِدَالِ الدَّيْنِي.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ulum, Mohammad Samsul and Nur, Muhamad Amin
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDUlum, Mohammad SamsulUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDNur, Muhamad AminUNSPECIFIED
Keywords: Literasi Budaya; Literasi Digital; Moderasi Beragama; Cultural Literacy; Digital Literacy; Religious Moderation; مَحْوُ الْأُمِّيَّةِ الثَّقَافِيَّةِ; مَحْوُ الْأُمِّيَّةِ الرَّقْمِيَّةِ; الْإِعْتِدَالِ الدِّيْنِيْ
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahmudah -
Date Deposited: 17 Dec 2021 09:57
Last Modified: 17 Dec 2021 09:57
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/32332

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item