Ningtias, Ratih Kusuma (2015) Modernisasi sistem pembelajaran pendidikan agama Islam di Lembaga Pendidikan Islam Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama: Studi di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah dan Pondok Pesantren Sunan Drajat Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13770043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Era globalisasi dan modernisasi ditandai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang transportasi dan komunikasi.Demikian pula pendidikan dan pembelajaran beberapa tahun terakhir ini ditopang oleh kecanggihan sistem, metode dan alat-alat teknologi pembelajaran ciptaan manusia.Pesantren yang kental dengan sistem pembelajarannya yang klasik menjadi sebuah problem sosialisasi dan aktualisasi ini ditambah lagi dengan problem keilmuan, yaitu terjadi kesenjangan, alienasi (keterasingan) dan differensiasi (pembedaan) antara keilmuan pesantren dengan dunia modern.Sehingga terkadang lulusan pesantren kalah bersaing atau tidak siap berkompetisi dengan lulusan umum dalam urusan profesionalisme di dunia kerja.Namun yang menarik untuk diteliti karena di pesantren Karangsem dan Sunan Drajat nampaknya sudah melakukan modernisasi sistem pembelajaran
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam tesis ini adalah: Bagaimana modernisasi sistem pembelajaran di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah dan Pondok Pesantren Sunan Drajat?Mengapa Pondok Pesantren Karangasem dan Pondok Sunan Drajat melakukan modernisasi sistem pembelajaran?. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian multi situs dengan pendekatan deskriptif kualitatif.Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, interview, dan dokumentasi.
Sementara hasil dan temuan penelitian dalam tesis ini: pertama, pondok pesantren Karangasem Muhammadiyah dan pondok pesantren Sunan Drajat sudah melakukan modernisasi sistem pemeblajaran baik dari segi komponen pemebajarannya serta usaha-usahanya. Akan tetapi kedua pondok tersebut memiliki ciri khas yang berbeda. Keduanya sudah modern akan tetapi di pondok Karangasem pola tradisionalnya hanya sedikit terlihat, sedangkan di Pondok Pesantren Sunan Drajat meski modern tapi pola salaf klasiknya tidak mau ditinggalkan juga. Alasan kedua pesantren ini melakukan modernisasi sistem pembelajaran PAI karena faktor tidak mau ketinggalan oleh zaman.
ENGLISH:
Globalization era and modernization are marked by the developement of knowledge and technology in the transportation and communication. Due to currently the whole education and learning system are supported by shopistication of, system, method, and human technology instrument. Boarding is considered going to be extincted, so far from the reality which is needed by the people/ society. Boarding which is full of classical learing become a social issue and actualization, it is added by science issue such us; discrepancy, alienation, and discrimination between boarding with modern life. So that why sometimes boarding student could not compete well with modern school student in the work profesionalisme. However, it is interested to be found because in the karangasem boarding and sunan drajat boarding seemingly had a islamic modernized learning system. Due to the learing system more active than classical learing system.
This thesis is going to discuss about: how is the modernization learning system in the karangasem boarding house?, how is the modernization learning system in the sunan drajat boarding house?, why are karangasem and sunan drajat boarding implement the modernization system?. While this research use multiple site method with the descriptive and cualitative approach. The data is obtained by interview and documentation.
The conclusion of this thesis are: 1). Karangasem and sunan drajat boarding house have done the modernization system of education in the learning components and implementation. Eventhough both of those boarding has a different specific characteristics. Both has done the modernization but karangasem boarding house has a litte bit classical pattern, in the other side sunan drajat also could not leave the whole their classical learning. The reasons why these boarding implement the modernization to adapt with the era.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad and Mubarok, Zulfi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Modernisasi; Sistem Pembelajaran pendidikan agama Islam; Pesantren Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama; Modernization; Learning System of Islamic Education; Muhammadiyah and Nahdlatul Ulama Boarding School | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2016 09:37 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2016 10:44 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3233 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |