Maulidiyah, Ibrizah (2014) Manajemen ekstrakurikuler dalam mengembangkan sekolah berwawasan lingkungan di SMA 3 Annuqayah Guluk-guluk Sumenep. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12710010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Salah satu problem mendasar yang dialami manusia di zaman modern ini yaitu krisis ekologis atau permasalahan lingkungan. Maka dari itu perlu adanya kesadaran dari bawah untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi agar tidak sampai mangakibatkan “kiamat” di bumi yaitu melalui sistem pendidikan. Berangkat dari realitas di atas, melalui pendidikannya SMA 3 Annuqayah mulai mengembangkan Sekolah berwawasan lingkungan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Hal tersebut merupakan bentuk kepekaan dan kepedulian dalam menyikapi perubahan lingkungan (Alam) yang mengancam akan keberlangsungan lingkungan hidup manusia.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study) dengan menggunakan desain penelitian grounded (Gorunded reseach). Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi partisipan dan non partisipan, wawancara mendalam dengan sumber data utama/primer dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi data dan sumber, kemudian diperkuat dengan analisis data yang diperkenalkan oleh Spredley dengan 4 kegiatan yaitu analisis domain, taksonomi, komponen, dan tema.
Perencanaan kegiatan ekstrakurikuler PSG dalam mengembangkan sekolah berwawasan lingkungan di SMA 3 Annuqayah, yang meliputi sasaran kegiatan, substansi kegiatan, dan pelaksana kegiatan. Yaitu:Sasaran kegiatan ekstrakurikuler komunitas PSG adalah seluruh masyarakat secara umum. Substansi kegiatan ekstrakurikuler PSG adalah untuk mengajarkan dan menciptakan budaya peduli lingkungan. Pelaksana kegiatan adalah mulai dari kepala sekolah selaku perintis komunitas PSG, guru yang mendampingi maupun yang tidak namun tetap ikut perpartisipasi dalam kegiatan PSG.
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PSG dalam mengembangkan sekolah berwawasan lingkungan di SMA 3 Annuqayah meliputi beberapa hal antara lain, mulai dari penjadwalan kegiatan, pelaksanaan kegiatan. Yaitu: Penjadwalan kegiatan komunitas PSG mengikuti alur kegiatan osis, pengkaderan dilakukan setiap tahun setiap akhir periode dan untuk selanjutnya akan dilakukan pada awal tahun pelajaran. Pelaksaan kegiatan dilakukan oleh pihak sekolah mulai dari petinggi yaitu kepala sekolah, guru, dan alumni yang juga berperan serta dalam meningkatkan intensitas kegiatan komunitas PSG.
Evaluasi kegiatan ekstrakurikuler PSG dalam mengembangkan sekolah berwawasan lingkungan di SMA 3 Annuqayah adalah bahwa evaluasi kegiatan ekstrakurikuler PSG belum secara menyeluruh, yaitu secara intern dari kelembagaan, yaitu: Penguatan kapasitas anggota, Membuat laporan pertanggung-jawaban, Mendokumentasikan setiap kegiatan dalam blog, Mengadakan evaluasi untuk perkembangan komunitas PSG lebih baik.
ENGLISH:
One of the basic problems that is done by human in this modern era is ecological crisis or environment problem. Therefore, it needs awarenss to improve damage that occurs in order that it will not cause “doom day” on the earth by education system. From the reality above, by the education, SMA 3 ANNUQAYH begins proof of sensitivity and care in way of behaving environment change (world) which threatens human’s life environment.
This research uses qualitative, descriptive research method with case study approaching that. Uses grounded rescriptive research. The data are gotten from research that has function as instrument to observe participant and non partiopant, profound interview with primer data source and documentation study. The data are analyzed with interactive analysis by 3 activities, namely data reduction, data presentation, and getting the conclusion. The legality of data is gotten with the participation extension and thebriangulation of data and source, then it is supported with data analysis that is introduced by spredley with 4 activities, namely analysis of domain, baxomony, component, and theme.
The planning of PSG extracurricular activity in developing environment insighted school in SMA 3 ANNUQAYAH comprises the object of activity, the subtantion of activity, and the committee of activity. Those are the object of PSG community extracurricular activity is generally all societies. The subtantion of SPG extracurricular activity is to teach and create culture of caring environment. The committees are headmaster as pioneer of PSG community, teachers who accompany or not but they still participate in PSG activity.
The implementation of PSG extracurricular activity in developing environment-insighted school in SMA 3 ANNUQAYAH comprises some cases like scheduling the activity, committing the activity. Thase are: schedulling the activity of PSG community follows OSIS activity, the forming of cadres is done every years at the end of period and for the next, it will be done in the beginning of academic year. Committing the activity is done by school side from head master, teacher, and alumnus who also participates in increasing the intensity of PSG community activity.
The evaluation of PSG extracurricular activity in developing environment-insighted school is that evaluation of PSG extracurricular activity is not spread out yet, namely internly, from institution, namely : the strengthening of member’s capacity, making responsibility report, documentating every activities in blog, making evaluation to reach up the better development of PSG community.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi and Maimun, Agus | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Manajemen; Ekstrakurikuler; Manajemen Ekstrakurikuler; Sekolah Berwawasan Lingkungan; SMA 3 Annuqayah; Management; Extracurricular; Extracurricular Management of Environment- Insighted School | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 20:13 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jun 2016 20:13 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3232 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |