Masrur, Masrur (2013) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMA 3 Negeri Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11710052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mutu pendidikan merupakan konskuensi langsung dari suatu perubahan dan perkembangan berbagai aspek kehidupan. Tuntutan terhadap mutu pendidikan tersebut menjadi syarat terpenting untuk dapat menjawab tantangan, perubahan dan perkembangan dunia pendidikan. Ada berbagai gaya kepala sekolah dalam melaksanakan dan mengembangkan kegiatan kepemimpinannya dalam ruang kerja yang dipimpinnya, maka dapat diklasifikasikan kepemimpinan pendidikan ada tiga gaya pokok kepemimpinan yaitu gaya kepemimpinan otoriter, gaya kepemimpinan Laissez Faire, gaya kepemimpinan demokratis. Atas dasar itu penelitian ini difokuskan pada permasalahan tentang: (1) Bagaimana mutu Pendidikan Agama Islam di SMA 3 Negeri Malang?, (2) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMA 3 Negeri Malang?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan mutu Pendidikan Agama Islam di SMA 3 Negeri Malang, (2) Untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SMA 3 Negeri Malang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan rancangan studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga tekhnik, yaitu: (1) Pengamatan terlibat (participant observation),(2) Wawancara mendalam (indepth interview), (3) Dokumentasi. Setelah data terkumpul data terlebih dahulu diolah (data processing), kemudian dilanjutkan dengan proses editing, kemudian dilanjutkan dengan pemberian kode (coding), langkah selanjutnya adalah penyajian data yang merupakan pemaparan data keseluruhan secara sistematis dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Mutu Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Malang dapat dikatakan cukup baik, hal ini dapat dilhat dari segi input, proses dan outputnya. Dari segi input, siswa-siswi SMA 3 Negeri Malang mempunyai motivasi untuk selalu meningkatkan diri dalam berprestasi sesuai dengan bakat dan kemampuannya, para guru, staf, TU, konselor dan administrator yang mempunyai keahlian dibidangnya dan juga didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Dari segi proses, guru agama Islam di SMA 3 Negeri Malang telah menggunakan metode pengajaran yang bervariasi sehingga membuat peserta didik lebih mudah memahami materi PAI. Adapun dari segi outputnya, siswa lulusannya sebagian besar diterima di SMA Negeri unggulan, rajin melaksanakan shalat dan bisa membaca Al-Qur’an. (2) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah SMA 3 Negeri Malang dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam adalah lebih cenderung menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi (partisipatif). Dalam hal ini, kepala sekolah lebih mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan suatu masalah. Namun seringkali dalam situasi atau kondisi tertentu menuntut kepala sekolah untuk bersikap lain (otoriter).
ABSTRACT
The quality of education is directly konskuensi of a change and the development of various aspects of life. Demands on the quality of education is a paramount requirement in order to meet the challenges, changes and developments in the world of education. There are many different styles of school principals in implementing and developing leadership in activities that lead workspace, it can be classified as educational leadership, there are three main styles of leadership that is authoritarian leadership style, Laissez Faire leadership style, democratic leadership style. On the basis of the research is focused on the issues of: (1) How does the quality of Islamic Education in High School 3 Malang?, (2) How does the principal's leadership style to improve the quality of Islamic education in the State High School 3 Malang. This study aimed (1) to describe the quality of Islamic Education in High School 3 Malang, (2) To describe the leadership style of principals in improving the quality of Islamic Education in High School 3 Malang.
This study is a qualitative research using case study design. Data collection procedures in this study using three techniques, namely: (1) Observations involved (participant observation), (2) in-depth interviews (in-depth interview), (3) documentation. Once the data is collected the first data processing (data processing), then proceed with the editing process, then proceed with the coding (coding), the next step is the presentation of data that is systematic exposure of the overall data and the last step is the conclusion.
Results of this study indicate that (1) Quality of Islamic Education in SMA Negeri 3 Malang can be quite good, this can be seen by in terms of input, process and output. In terms of input, the students of SMA Negeri 3 Malang has a motivation to always improve themselves in accordance with the outstanding talent and ability, the teachers, staff, TU, counselors and administrators who have expertise in their field and are also supported by adequate infrastructure. In terms of process, the Islamic religion teacher at SMAN 3 Malang has been using various teaching methods that make students more easily understand the material PAI. The terms of output, mostly graduate students accepted at SMA seed, diligent prayers and be able to read the Qur'an. (2) Principal Leadership Styles SMAN 3 Malang in Improving the Quality of Islamic education are more likely to use a democratic leadership style (participative). In this case, the principal prefers consensus agreement in solving a problem. But often in situations or circumstances require principals to be another (authoritarian).
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Basri, Basri | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah; Mutu Pendidikan Agama Islam; Principal Leadership; Quality of Islamic Education | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 12:12 | |||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2023 14:56 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3218 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |