Nurhasanah, Nurhasanah (2014) Manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Kepanjen. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11710024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Persaingan dalam dunia pendidikan yang semakin tinggi sekarang ini memerlukan adanya hubungan yang baik dengan masyarakat, karena dukungan dan minat masyarakat terhadap pendidikan sangat penting dan peran hubungan masyarakat (Humas) sangatlah urgen sekali. Sebagaimana inti dari hubungan masyarakat dimana seorang manajer atau kepala sekolah dengan keterampilan manajerialnya harus mengkomunikasikan seluruh informasi terkait dengan lembaganya kepada masyarakat dan bagaimana cara memperoleh dukungan masyarakat dalam pelaksanaan proses pendidikan di lembaganya. Akan tetapi fenomena yang terjadi bahwa banyak lembaga pendidikan yang memiliki keadaan yang kurang stabil yang sering diistilahkan dengan laa yamuutu wa laa yahya atau hidup segan mati tak mau, ini dikarenakan kurangnya hubungan sosial dengan masyarakat yang menjadi sumber dukungan lembaga tersebut, seringkali suatu lembaga pendidikan masih mengabaikan untuk kerjasama dengan masyarakat dalam pengembangan dan proses pendidikan sehingga muncul persepsi masyarakat yang tidak mempunyai rasa memiliki, karena lembaga pendidikan tidak menyadari pentingnya kehadiran mereka. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program hubungan masyarakat (Humas) di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen? 2) Bagaimana partisipasi masyarakat untuk masuk SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen?
Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus karena hanya mengungkap fakta yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipatif dan (studi dokumen). Informan yang diambil dari teknik purposive. Wujud data adalah kata-kata, catatan, laporan dan dokumen diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala Humas, wakil kepala kesiswaan dan kepala staf tata usaha (TU) SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang waktu penelitian dan ketekunan pengamatan, teknik triangulasi dan menggunakan referensi.
Adapun hasil penelitian adalah dari manajemen hubungan masyarakat SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, yaitu melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian. Perencanaan hubungan masyarakat melalui kegiatan: a) Menganalisis keadaan dan kebutuhan masyarakat, b) Menganalisis keadaan ekonomi sosial masyarakat, c) Merancang kegiatan atau program sekolah dan d) merencanakan biaya yang dihabiskan dalam proses merealisasikan kegiatan. Pelaksanaan hubungan masyarakat dengan melakukan beberapa kegiatan yaitu; a) Pelaksanaan promosi, b) Kegiatan belajar mengajar dan c) Kelanjutan karir output yang dihasilkan. Sedangkan kegiatan evaluasi hubungan masyarakat melalui rapat triwulan dan rapat di setiap akhir kegiatan.
ABSTRACT
The Competition in the world of higher education today requires a good relationship with the community, because of the support and interest of the public to education is very important and the role of public relations (PR) is urgent once. As the core of public relations in which a manager or principal with managerial skills must communicate all information related to the institution to the community and how to gain the support of the community in the implementation of the educational process at the institution. But the phenomenon that happens that many educational institutions that have a less stable state that is often termed wa laa laa yamuutu yahya or life would not hesitate to die, is due to a lack of social relationships with people who become a source of support for the agency, often an institution still disregard for cooperation with the community in the development and education process so that the perception of society who do not have a sense of belonging, because educational institutions do not realize the importance of their presence. The focus of this research are: 1 ) How does the planning, implementation and evaluation of public relations ( PR ) at SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen? 2) How does the interest and community support for SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen?
The method study used a qualitative approach and case study research because it reveals the fact that there are at SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Data was collected by (1) in-depth interviews, (2) and participant observation (documents study). Informants were drawn from a purposive technique. The form of the data are words, notes, reports and documents obtained from the principal, deputy head of PR, deputy head of student affairs and chief administrative staff (TU) SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. The technique of data analysis done by: data reduction, data display, and conclusion. While checking the validity of the data was extended research time and perseverance observation, triangulation techniques and using references.
The research results are of a public relations management SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, through planning, implementation and evaluation. Planning public relations through the following activities: a) to analyze the circumstances and needs of the community, b) to analyze the socio-economic situation of society, c) Designing activities or school programs and d) plan costs are spent in the process of realization of activities. Implementation public relations degan perform several activities, namely; a) The promotion, b) teaching and learning activities, and c ) the continuation of the career of output produced. While the evaluation of public relations activities through quarterly meetings and the ending programs meeting.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad and Al Idrus, Salim | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Manajemen Hubungan Masyarakat; Partisipasi Masyarakat; Public Relations Management; Public Participation | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 12:12 | |||||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 10:25 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3216 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |