Zahroh, Novia (2021) Penerapan green school dalam mengembangkan pendidikan karakter anak usia dini. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16160033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter adalah sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di negara kita. Di akui atau tidak diakui saat ini terjadi krisis yang nyata dan mengkhawatirkan dalam masyarakat dengan melibatkan milik kita yang paling berharga, yaitu anak anak. Green school merupakan program suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menjaga, memelihara dan membangun kondisi sekolah.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan green school pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 16 Lamongan, 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan green school pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 16 Lamongan, dan 3) untuk mendeskripsikan hasil dan evaluasi green school dalam mengembangkan pendidikan karakter anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 16 Lamongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, ddalam proses data di kumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi, display, dan conslusion drawing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan mengacu pada inovasi para guru, kreatifitas guru, adanya penghargaan dan sertifikat. 2) Pelaksanaan Peduli lingkungan meliputi: menanam tanaman atau bercocok tanam, membuang sampah pada tempatnya, dan cinta lingkungan dengan melakukan dan melaksanakan menjaga kebersihan dan keasrian. Kreatif meliputi: bahan pewarna, bahan untuk masak, dan menempel di gambar atau kolase. Bertanggung jawab meliputi: menyirami tenaman, megecek tanaman hama, dan mencabut rumput parasit. Disiplin meliputi: disiplin waktu dan budaya antri. 3) hasil dan evaluasi dengan memberikan motivasi serta nasehat. Pada pelaksaan ada beberapa faktor pendukung yaitu partisipasi orang tua, guru, siswa, dan sarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu kesadaran diri, teman sebaya.
ENGLISH:
Green School Implementation, Early Childhood Character Education Character education is now very relevant to overcome the moral crisis that is happened in our country. Whether we admit it or not, there is a real and worrying crisis in society involving our most valuable possession, namely children. Green school is a program of an educational institution that aims to maintain and build school conditions.
Research was conducted with the aim of: 1) to describe the planning of a green school in early childhood at Kindergarten of Aisyiyah Bustanul Athfal 16 Lamongan, 2) to describe the implementation of green school in early childhood at Kindergarten of Aisyiyah Bustanul Athfal 16 Lamongan, and 3) to describe the results and evaluation of green schools in developing early childhood character education at Kindergarten of Aisyiyah Bustanul Athfal 16 Lamongan.
The approach used is a qualitative approach. The data collection is observation, interview and documentation. The analysis used is reduction, display, and conslusion drawing.
The results showed that: 1) planning refers to teachers' innovation, teacher creativity, awards and certificates. 2) The implementation of environmental care included: planting crops or farming, disposing of garbage in its place, and loving the environment by maintaining cleanliness and beauty. Creative included: coloring materials, ingredients for cooking, and sticking in pictures or collages. Responsibilities included: watering crops, checking for pests, and removing parasitic grass. Disciplines included: time discipline and queuing culture. 3) results and evaluation by providing motivation and advice. In the implementation there are several supporting factors, namely the participation of parents, teachers, students, and adequate facilities. While the inhibiting factors are self-awareness, friends.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Green School; Pendidikan Karakter; Anak Usia Dini | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | Novia Zahroh | ||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2021 16:01 | ||||||
Last Modified: | 01 Dec 2021 16:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/32031 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |