Implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan proses belajar mengajar: Studi multikasus di SMP Darul ‘Ulum Lampung Timur dan MTs Ma’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur

Abroza, Ahmad (2015) Implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan proses belajar mengajar: Studi multikasus di SMP Darul ‘Ulum Lampung Timur dan MTs Ma’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11710013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Standar mutu pendidikan pada dasarnya bersumber dari mutu proses pembelajaran, karena dalam proses pembelajaran terdapat pelayanan terhadap siswa sebagai pelanggan utama pendidikan. Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan sekolah dan berpusat pada kebutuhan siswa, meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan. Segala kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran diatur dalam Standar Nasional Pendidikan, khususnya tentang standar proses. Tujuan penelitian ini mencakup empathal, yaitu (1) standar mutu proses pembelajaran, (2) strategi yang dilakukan dalam pencapaian mutu, (3) bentuk evaluasi standar mutu proses pembelajaran, (4) faktor yang menjadi hambatan dalam implementasi sistem manajemen mutu dalam meningkatkan proses pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan rancangan muLtikasus. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi peran serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan analisis kasus individu. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan observasi terus – menerus, triangulasi, dan pengecekan anggota.

Hasil temuan penelitian di SMP Darul ‘Ulum Lampung Timurdan MTs Ma’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur dapat disimpulkan : (1) a) proses pembelajaran dimulai dengan proses perencanaanp embelajaran, penetapan metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian belajar. b) proses pembelajaran harus diakhiri dengan tesformatif dalam rangka untuk mengevaluasi dan memberikan motivasi kepada siswa. c) proses pembelajaran harus memberikan umpanbalik yang positif. (2) beban maksimal guru, sarana dan prasarana, dalam proses pembelajaran guru memberikan keteladanan, guru harus mampu menggunakan metode pengajaran, silabus dan pengajaran disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. (3) dalam melakukan evaluasi yaitu: a) evaluasi ketrampilan mengajar, b) evaluasi kepribadian, c) evaluasi profesionalisme, d) evaluasi dengan memanfaatkan siswa, dan e) evaluasi dengan memanfaatkan wali siswa (4) kurang antusiasnya wali siswa dalam mengisi blangko saran dan kritik, masih ada guru yang belum memaksimal dalam mengunakan liquid crystal display (LCD), belum meratanya jaminan kesehatan, masih ada beberapa guru kurang komitmen dalam menjalankan program standar mutu.

ENGLISH:

Globalizationas acondition that there is almost no limit or boundary between one country to another, one culture to another, one profession to another, up to one paradigm to another is as the reality that is felt in our daily life. Here, educationplays a very important role in the development and formation characterof a nation.

The focus of this research includes four things as follows: the standard quality of teaching and learning process, teaching and learning strategies, and the evaluation of the learning process and its obstacles in implementing the quality management system to improve the teaching and learning process.

In this research, the researcher used a qualitative research design. A qualitative research design is basically trying to describe problems in a comprehensive, holistic,and integrative way through observing and interacting with people in their environment about their surrounding circumstances. So this research is to understanding the social situation deeply, finding the pattern and hypothetical.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin and Abidin, Munirul
Keywords: Standar Mutu; Proses Pembelajaran; Quality Management; Teaching and Learning
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:10
Last Modified: 27 Jun 2016 05:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item View Item