Model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru mapel PAI: Studi kasus di MTs. Al Ittihad Poncokusumo Kabupaten Malang

Aisyah, Ning (2014) Model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru mapel PAI: Studi kasus di MTs. Al Ittihad Poncokusumo Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10710043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kepala madrasah merupakan pimpinan puncak di lembaga pendidikan yang dikelolanya, sebab seluruh pelaksanaan program pendidikan di tiap-tiap madrasah dilaksanakan atau tidak tercapai atau tidak tujuan pendidikan maka sangat tergantung kepada kecakapan dan keberanian kepala madrasah selaku pimpinan. Kepala madrasah sebagai pemimpin pembelajaran dan sumber daya manusia hendaknya mampu menciptakan iklim organisasi yang baik agar semua komponen madrasah dapat memerankan diri secara bersama untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi.

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah; (1) Untuk menjelaskan model kepemimpinan Kepala MTs Al-Ittihad dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan Agama, (2)Untuk mendeskripsikan strategi apa yang dilakukan oleh Kepal MTs Al-Ittihad dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Agama, dan (3) Untuk mengetahui dampak strategi kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan Kompetensi Pedagogik guru MAPEL PAI di MTs Al-Ittihad Belung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus, dengan rancangan kasus tunggal. Pengumpulan datanya dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data mengggunakan analisis deskriptif dengan model analisis interaktif. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1) Model Kepemimpinan Kepala MTs Al Ittihad Poncokusumo Malang Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru MAPEL PAI yang diterapkan adalah lebih berorientasi pada pola kepemimpinan situasional (2) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru MAPEL PAI adalah dengan menggunakan: 1) Kemampuan mengelola kelas, 2) Kemampuan dalam sistem pengajaran, dan 3) Kemampuan dalam penataan iklim kelas. (3) Dampak Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru MAPEL PAI di MTs Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang adalah imbas dari ketiga strategi tersebut antara lain: kompetensi guru menjadi lebih baik, lebih proaktif, guru lebih disipli, administrative, etos kerja meningkat, lebih taat akan peraturan, efektif mempersiapkan perangkat, prestasi siswa meningkat, dan guru lebih semangat up date strategi belajar berbasis IT.

ENGLISH:

Headmaster is the top leadership in educational institutions under its management, because of the implementation of educational programs in every school implemented or not achieved nor the purpose of education is dependent upon the skill and courage as leader of the headmaster. Headmaster as leaders of learning and human resources should be able to create a good organizational climate so that all components can portray themselves school together to achieve the goals and objectives of the organization.

The focus of this research is; (1) How is the leadership model used by the head of MTs Al-Ittihad (2) How is the strategy developed by the Head of MTs Al- Ittihad in improving the pedagogical competence of teachers of Religious Education, and then (3) What is the impact of leadership strategies to increase headmaster Pedagogic Competence PAI teacher at MTs Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang. Thus this study aims (1) to reveal the head of the leadership model of MTs Al-Ittihad in improving the pedagogical competence of teachers of Religious Education, (2) to describe what the strategy undertaken by Al-Ittihad clod MTs in improving pedagogical Teachers of Religious Education, and (3 ) To determine the impact of headmaster's leadership strategy to increase Pedagogic Competence PAI teacher at MTs Al-Ittihad Belung. This study used a qualitative approach, data collection with interview techniques, observation, and documentation. Data analysis techniques with interactive analysis model. To check the validity of the data is done with credibility, Transferability, dependability, confirmability.

The results showed that: (1) Leadership Model MTs Al Ittihad Poncokusumo Head of Malang in Improving Teacher Pedagogic Competence PAI applied is more oriented on the pattern of situational leadership (2) Principals Strategies In Improving Teacher Pedagogic Competence PAI is to use: 1) Ability manage the class, 2) the ability of the teaching system, and 3) the ability of the arrangement of the classroom climate. And to (3) Impact of Principals Leadership Strategies Against Increased PAI Teacher Pedagogic Competence in MTs Al- Ittihad Belung Poncokusumo Malang is the impact of the three strategies are: competence of teachers to be better, more proactive, more disipli teacher, administrative, ethos increased employment, more obedient to the rules, effectively prepares the device, increasing student achievement, and teacher morale up date more IT-based learning strategies.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Baharuddin, Baharuddin and Sutiah, Sutiah
Keywords: Model Kepemimpinan; Kompetensi Guru PAI; Models of Leadership; Competence of Teachers PAI
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 27 Jun 2016 04:59
Last Modified: 27 Jun 2016 04:59
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3184

Actions (login required)

View Item View Item