Suyono, Suyono (2014) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru: Studi kasus di MTs Negeri Tumpang Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10710042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Seorang kepala madrasah dalam organisasi sangat dibutuhkan untuk membawa organisasi kepada tujuan yang telah ditetapkan. Peningkatan kinerja guru merupakan prihal yang sangat menentukan keberhasilan lembaga sekolah/madrasah, karena dari gurulah perubahan dalam bidang pendidikan akan dicapai. Faktor guru sangat menentukan terbentuknya peserta didik yang berkualitas. Oleh karena itu peran kepala madrasah sangat dibutuhkan dalam rangka membantu guru agar bisa lebih profesional. Pada penelitian ini, peneliti berusaha untuk menyajikan keberadaan tokoh sentral yaitu: kepala sekolah, yang dianggap memiliki kontribusi terhadap peningkatan kinerja guru di MTs Negeri Tumpang Malang.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan dan menganalisa peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Tumpang Malang. (2) Mendeskripsikan dan menganalis strategi apa yang digunakan oleh kepala madrasah MTs Negeri Tumpang Malang dalam meningkatkan kinerja guru. (3) Mengetahui dampak strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Tumpang Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode sehingga diperoleh data yang objektif. Informan penelitian yaitu: kepala madrasah, waka kurikulum, kesiswaan, dan 3 orang pendidik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Tumpang Malang adalah: a) Kepala madrasah sebagai supervisor, b) Sebagai evaluator, c) Sebagai educator. (2) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Tumpang Malang adalah: a) Membangkitkan semangat kinerja para guru dengan cara menumbuhkan rasa memiliki terhadap lembaga, b) Kerja sama dengan lembaga lain dalam mengikutkan workshop dan pelatihan, c) Meningkatkan bahwa tugas guru, d) Bentuk motivasi adalah instrinsik dan ekstrinsik, e) Melakukan komunikasi persuasif dan memberikan kesejahteraan di luar gaji pokok, g) Strategi memberi perintah sesuai dengan tupoksi dan strategi menegur, h) Strategi menerima saran dan strategi menciptakan disiplin kelompok. (3) Dampak strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri Tumpang Malang adalah: a) Selalu membuat perencanaan pembelajaran, b) Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, c) Mewujudkan iklim kelas yang kondusif, d) Menggunaan media pembelajaran.
ENGLISH:
A headmaster in the organization is needed to bring the organization to its intended purpose. Improved performance of teachers is crucial regarding the success of the institution of school / madrasah, because of changes in the field of teacher education will be achieved. Factors determining the formation of the teachers are very qualified learners. Therefore the role of headmaster is needed in order to help teachers to be more professional. In this study, researchers sought to present the existence of a central figure, namely: the principal, who is considered to have contributed to the improvement of the performance of teachers in MTs Overlapping Malang.
The aim of this study were: (1) To describe and analyze the role of headmaster in improving the performance of teachers in MTs Overlapping Malang. (2) Describe and analyze what the strategy used by the headmaster of MTs Negeri Malang Overlapping in improving teacher performance. (3) Examine the impact of strategies headmaster in improving the performance of teachers in MTs Overlapping Malang.
This study used a qualitative approach with case study design. Data was collected through interview techniques, observation, and documentation. While data analysis techniques, researchers used data reduction, data presentation and verification. To check the validity of the data is done with credibility, transferability, dependability, confirmability, using a variety of sources, theories and methods in order to obtain objective data. The informants are: headmaster, waka curriculum, and 3 educators.
The results showed that: (1) The role of headmaster in improving the performance of teachers in MTs Overlapping Malang are: a) the head of the madrasah as a supervisor, b) As an evaluator, c) As an educator. (2) Strategy headmaster in improving the performance of teachers in MTs Negeri Malang Overlapping are: a) Generating the spirit of the performance of teachers by growing sense of belonging to the institution, b) Cooperation with other agencies to include workshops and training, c) Increase that task teachers, d) Form of intrinsic and extrinsic motivation is, e) to communicate persuasively and provide welfare beyond basic salary, g) strategy gave the order in accordance with the duties and strategies reprimand, h) strategy receive suggestions and strategies for creating a disciplined group. (3) Impact headmaster strategy in improving the performance of teachers in MTs Negeri Malang Overlapping are: a) Always make lesson planning, b) Using a variety of learning methods, c) Creating a classroom climate conducive, d) uses the medium of learning.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad and Mulyadi, Mulyadi | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Kepala Madrasah; Kinerja; Guru; Principals; Performance; Teacher | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam | |||||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | |||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 11:56 | |||||||||
Last Modified: | 27 Jun 2016 11:56 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3175 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |