Reditiya, Viola Eva (2021) Pola pembelajaran pendidikan Islam di era new normal: Studi kasus MTs Negeri 3 Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
17110121.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan di era new normal memiliki banyak pilihan dalam penerapan pola pembelajarannya. Setiap lembaga memiliki kebijakan yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan, namun saran dari pemerintah hendaknya berpedoman dengan kurikulum yang ada dan tidak membebani peserta didik sehingga memudahkan untuk mengulang pembelajarannya kembali di rumah dan tujuan pembelajaran akan tercapai.
Berangkat dari sinilah penulis ingin membahas lebih dalam penelitian dan mengambil judul Pola Pembelajaran Pendidikan Islam di Era New Normal (Studi Kasus MTs Negeri 3 Pasuruan). Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan bentuk pola pembelajaran pendidikan Islam di MTs Negeri 3 Pasuruan (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penyelenggaraan pola pembelajaran pendidikan Islam di MTs Negeri 3 Pasuruan.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sehingga peneliti mencoba untuk memahami suatu permasalahan sampai tercapai kesimpulan yang bersifat obyektif dan fokus terhadap gejala yang diperlukan. Dalam teknik pengumpulan data , terdapat sebuah teknik yang biasa disebut dengan triangulasi. Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data dan memanfaatkan data yang lain.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pola pembelajaran pendidikan Islam era new normal (Studi Kasus MTs Negeri 3 Pasuruan) terdiri dari tiga pola, ada pola pembelajaran daring, luring dan home visit. Penentuan pola pembelajaran pendidikan Islam ditentukan oleh kemampuan setiap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. (2) Adapun faktor pendukung yaitu adanya platform pembelajaran yang resmi dari Kementrian Agama seperti E-learning, Ketersediaan alat teknologi yang memadai seperti handphone, kuota maupun jaringan internet yang stabil. Untuk faktor penghambat yaitu minimnya ketersediaan dana untuk pembelajaran daring, serta keterbatasan waktu.
ENGLISH:
Education in the new normal era has many choices in implementing its learning patterns. Each institution has different policies according to their abilities, but suggestions from the government should be guided by the existing curriculum and not be a burden to students so that it makes it easier to repeat learning at home and learning objectives will be achieved.
Starting from this, the author wants to discuss more deeply the research and take the title Islamic Education Learning Pattern in the New Normal Era (Case Study of MTs Negeri 3 Pasuruan). The purpose of this study was to (1) describe the form of Islamic education learning patterns at MTs Negeri 3 Pasuruan (2) describe the supporting and inhibiting factors in the implementation of Islamic education learning patterns at MTs Negeri 3 Pasuruan.
The model used in this research is qualitative using interview, observation and documentation techniques. This type of research is descriptive qualitative, so that the researcher tries to understand a problem until an objective conclusion is reached and focuses on the required symptoms. In data collection techniques, there is a technique known as triangulation. Triangulation is a technique for checking the validity of data and utilizing other data.
The results showed that, (1) The learning pattern of Islamic education in the new normal era (Case Study of MTs Negeri 3 Pasuruan) consisted of three patterns, there were online learning patterns, offline learning and home visits. Determination of Islamic education learning patterns is determined by the ability of each student to take part in learning. (2) The supporting factors are the existence of an official learning platform from the Ministry of Religion such as E-learning, the availability of adequate technology tools such as mobile phones, quotas and stable internet networks. For the inhibiting factors, namely the lack of available funds for online learning, and limited time.
ARABIC:
التعليم في العصر العادي الجديد له العديد من الخيارات في تطبيق أنماط التعلم الخاصة به. لكل مؤسسة سياسات مختلفة وفقًا لقدراتها ، لكن الاقتراحات المقدمة من الحكومة يجب أن تسترشد بالمنهج الحالي وألا تكون عبئًا على الطلاب بحيث يسهل عليهم تكرار تعلمهم في المنزل والأهدافسوف يتحقق التعل
بعيدًا عن هذا ، يريد المؤلف مناقشة البحث بشكل أعمق وأخذ العنوان دراسة حالة أنماط تعلم التربية الإسلامية في العصر العادي الجديد في مدرسة تساناويه نيجري 3 باسوروان. كان الغرض من هذه الدراسة هو (1) وصف شكل أنماط التعلم للتربية الإسلامية في مدرسة تسناوية 3 باسوروان (2) وصف العوامل الداعمة والمثبطة في تنفيذ أنماط تعلم التربية الإسلامية في مدرسة تسناوية 3 باسوروان
النموذج المستخدم في هذا البحث نوعي باستخدام تقنيات المقابلة والملاحظة والتوثيق. يعتبر هذا النوع من البحث نوعيًا وصفيًا ، لذلك يحاول الباحث فهم المشكلة حتى يتم الوصول إلى نتيجة موضوعية والتركيز على الأعراض المطلوبة. في تقنيات جمع البيانات ، هناك تقنية تعرف باسم التثليث. التثليث هو تقنية للتحقق من صحة البيانات واستخدام البيانات الأخرى
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Islamic Education Learning Pattern; New Normal Era; Pola Pembelajaran Pendidikan Islam; Era New Normal; نمط تعلم التربية الإسلامية ، العصر العادي الجديد | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Viola Eva Reditiya | ||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2021 09:50 | ||||||
Last Modified: | 02 Nov 2021 09:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/31473 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |