Rahmawati, Mila (2021) Penerapan target costing sebagai upaya peningkatan laba untuk produksi keripik salak pada masa pandemi covid-19: Studi pada home industry Syakira Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
17520044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Target costing merupakan metode penentuan biaya produksi yang dikeluarkan berdasarkan harga pasar yang kompetitif. Target costing bukan sebuah pengendalian biaya, tetapi merupakan perencanaan biaya dengan melakukan pengurangan biaya. Tujuan penelitian ini untuk mengelola kembali biaya dan meningkatkan laba perusahaan pada masa pandemic covid-19.
Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan analisa deskriptif dengan data primer dan sekunder. Obyek penelitian ini adalah Home Industry Syakira. Analisis data yang dilakukan adalah analisis proses produksi, analisis harga jual yang berlaku saat ini dan menerapkan target costing denan menentukan harg jual kompetitif, menentukan target laba, menentukan target biaya dan rekayasa nilai.
Hasil penelitian pada Home Industry Syakira, dengan menerapkan target costing melalui rekayasa nilai (value engineering) yaitu mengurangi pembelian salak dari produsen dengan harga yang tinggi, mengganti pembelian minyak goreng dengan berat yang berbeda agar lebih hemat, dan mengurangi ukuran sticker kemasan yang lebih kecil. Melalui rekayasa nilai, perusahaan mendapatkan penghematan biaya sebesar Rp155.000 dari laba Rp4.654.000 menjadi Rp4.499.000. Perusahaan mampu memperoleh laba yang diharapkan sebesar 20% yang sebelumnya hanya 17% dari penjualan kerpik salak.
ENGLISH:
Costing target is a method of determining production costs based on competitive market prices. Target costing is not understood as a cost control, but as a cost planning accomplished by reducing the costs. The aim of this research is to re-manage company’s costs and draw an increase on its profits throughout the Covid-19 pandemic.
This is a qualitative research employing descriptive analysis with primary and secondary data. The object of this research is Syakira Home Industry. The data carried out involve the analysis of the production process and the analysis of the in progress selling price. The target costing in the analysis is arrayed by determining the competitive selling price, the profit target, the target cost and by conducting the value engineering.
Results showed by implementing target costing through value engineering include reducing the purchase of salak from producers of high prices, making the purchase of the cooking oil in disparate weight in order to attain economical expense, and downsizing the size on the packaging sticker. By deploying value engineering, the company obtained a cost savings of Rp155,000 from a profit of Rp.4,654,000 to Rp4,499,000. The company is able to earn the expected profit of 20%, compared to the former number standing only on 17% from salak chip sales.
ARABIC:
ا خٌى فٍت ا مٌسخ ذٍفت طش مٌت خٌسذ ذٌ حىا فٌٍ الإوخاج بىاء ػ ىٍ أسؼاس ا سٌ قُ ا خٌىافس تٍ. ا خٌى فٍت
ا مٌسخ ذٍفت سٌٍج حسىما ف ا خٌى فٍت، ىٌَى اٍ حخط طٍ حى فٍت ػه طش كٌ حم ا خٌىا فٌٍ. ا غٌشض مه زٌي ا ذٌساست
.ٔ ئداسة ا خٌىا فٌٍ ا خٌ فٍ تٍ صَ اٌدة أسباذ ا شٌشوت أثىاء خائست و فُ ذٍ- ٩
زٌا ا ىٌ عُ مه ا بٌسث بسث و ػُ مغ حس صَف مغ ب اٍواث أ تٌٍَ ثَاو تٌُ. ا ذٌٍف مه زٌا
حس ا بٌ اٍواث ا زٌي خٌم ئخشاؤي .(Syakira Home Industry) ا بٌسث صىاػت ا مٌىضي شاو شٍا
حس ػم تٍٍ الإوخاج، حَس سؼش ا بٌ غٍ ا سٌا حَطب كٍ ا خٌى فٍت ا مٌسخ ذٍفت مه خلاي حسذ ذٌ أسؼاس ا بٌ غٍ
ا خٌىافس تٍ، حَسذ ذٌ أ ذٌاف ا شٌبر، حَسذ ذٌ ا خٌىا فٌٍ ا مٌسخ ذٍفت اَ مٌ مٍت ا ىٌٍذس تٍ.
وخائح ا بٌسث ػه صىاػت ا مٌىضي شاو شٍا، مه خلاي حىف زٍ ا خٌى فٍت ا مٌسخ ذٍفت مه خلاي ا ىٌٍذست
ا مٌ مٍ تٍ، أي حم ششاء ا سٌالان مه ا مٌىخد هٍ بأسؼاس ػا تٌٍ، اَسخبذاي ششاء ص جٌ ا طٌ ب صُن مخخ فٍ
دٌؼ أوثش الخصادا، حَم ا سٌدم مه ػب ةُ لاصمت أصغش. مه خلاي ىٌذست ا مٌ مٍت، زصجٍ ا شٌشوت ػ ىٍ
فَ سُاث ف ا خٌى فٍت لذس اٌ ٠٠ٓٓٓ س بَ تٍ مه سبر لذسي ٠٠٠ٓٓٓ س بَ تٍ ئ ىٌ ٠٩٩ٓٓٓ س بَ تٍ.
حَسخط غٍ ا شٌشوت حسم كٍ ا شٌبر ا مٌخ لُغ بىسبت ٪ٕٓ اَ زٌي وان ف ا سٌابك ١ ٪ٔ فمط مه مب ؼٍاث سلائك
.(keripik salak) ا سٌا هٌ
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yuliati, Yuliati | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Target costing; covid-19; value engineering; target costing; covid-19; value engineering; : اٌٌٍُح ا مٌاخسخ شٍة ا ىٌ مٍاث ا ذٌ تٌٍٍٍ: ا خٌى فٍت ا مٌسخ ذٍفت، و فُ ذٍ- ٩ ،ٔ ىٌذست ا مٌ مٍت | ||||||
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Akuntansi | ||||||
Depositing User: | Mila Rahmawati | ||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2021 12:45 | ||||||
Last Modified: | 29 Oct 2021 12:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/31106 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |