Rahmayanti, Berlian Ayu (2015) Pengaruh persepsi store atmosphere terhadap pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif pada konsumen di Malang Town Square. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11410042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Persaingan bisnis di bidang pemasaran di Malang, membuat para pembisnis harus memiliki diferensiasi dan strategi pemasaran yang tepat. Matos diharapkan mampu membidik pasar agar dapat melakukan pembelian, disamping itu konsumen harus menjadi smart buyer agar terhindar dari pembelian impulsif. Oleh karena itu hendaknya para pelaku bisnis dapat mempelajari persepsi store atmosphere, pembelian impulsif, dan emosi positif. Persepsi store etmosphere adalah penilaian tehadap perancangan lingkungan toko melalui komunikasi visual, pencahayaan, warna, musik dan penciuman sehingga akan merangsang dan mempengaruhi perilaku pembelanjaan konsumen. Pembelian impulsif adalah pembelian yang tidak direncanakan yang terjadi di dalam toko dan dialami konsumen secara spontan dan tanpa memikirkan resiko. Sedangkan emosi positif adalah perasaan senang, puas, cinta, tertarik, bangga dan lega yang muncul sebagai respon dari lingkungan karena sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi store atmosphere terhadap pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif pada konsumen di Malang Town Square (Matos). Subyek penelitian ini adalah konsumen di Matos sebanyak 100 responden dengan perngambilan sampel secara accidental sampling. Pengambilan data menggunakan skala persepsi store atmosphere (α = 0,742), skala pembelian impulsif (α =0,861), dan skala emosi positif (α = 0,692).
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: tingkat persepsi store atmosphere pada konsumen berada pada taraf sedang (67%), tingkat pembelian impulsif pada konsumen berada pada taraf sedang (71%), dan tingkat emosi positif pada konsumen berada pada taraf sedang (71%). Hasil analisis data menunjukkan nilai F = 0,930 , variabel store atmosphere dengan signifikansi 0,263 (p>0,05) dan variabel emosi positif dengan signifikansi 0,234 (p>0,05) yang berarti tidak ada pengaruh persepsi store atmosphere terhadap pembelian impulsif yang dimediasi oleh emosi positif. Selanjutnya hasil menunjukkan nilai F = 0,423 dan sig = 0,517 yang berarti tidak ada pengaruh langsung persepsi store attmosphere terhadap pembelian impulsif.
Hasil lain yang diperoleh yakni F = 0,593 dan Sig = 0,443 (p>0,05) hal ini berarti emosi positif tidak berpengaruh terhadap pembelian impulsif konsumen. Kemudian hasil menunjukkan nilai F = 25,481 dan Sig = 0,000 (p<0,05) hal ini berarti persepsi store atmosphere berpengaruh terhadap emosi positif konsumen. Sumbangan efektif pengaruh persepsi store atmosphere terhadap emosi positif konsumen ditunjukkan dengan koefisien determinan R2 = 0,206 atau sebesar 20,6%.
ENGLISH:
Business competition in the field of marketing in Malang, make the businessmen have differentiation and right marketing strategy. Matos is expected to target the market in order to make purchases, besides, the consumers as the doer of business are able to study Store atmosphere Perception, impulsive buying, and positive emotions. Store Atmosphere Perception is an assessment towards the design of the store environment through visual communication, light, colors, music and smells that will stimulate and affect the behavior of consumers’ shopping. Impulsive buying is unplanned purchases that occur in store and experienced by the consumers spontaneously without thinking about the risks. While positive emotion is feeling happy, satisfied, love, interest, pride and relief that emerged in response to the environment because it corresponds to the desired purposes.
This study aimed to know the effects of store atmosphere perception towards impulse purchases mediated by positive emotions in consumers in Malang Town Square (matos). The subject of the study is the consumers in Matos for 100 respondents with accidental sampling technique. The data was collected using store atmosphere perception scale (a = 0742), the scale of impulsive buying (a = 0861), and the scale of positive emotions (a = 0.692).
The results of this study are as follows: the level of consumers’ perception of store atmosphere was at moderate (67%), the level of impulse purchases on consumers was at moderate (71%). The results of the data analysis showed that value F = 0. 930, variable store atmosphere with its significance for 0. 263 (p> 0.05) and variable positive emotions with its significance for 0.234 (p> 0.05), which means there was no effect on the perception of store atmosphere towards impulse buying mediated by positive emotions. Further, another result showed that the value of F = 0.423 and sig = 0517, which means there was no direct influence on the perception of store atmosphere towards impulse purchases.
Other results showed that F = 0593 and sig = 0443 (p> 0.05) which means that positive emotions did not affect the consumer’s impulse buying. Then, the value F = 25.481 and Sig = 0.000 (p> 0.05) which means that the perception of store atmosphere affected towards the consumers’ positive emotional. The effective contribution of store atmosphere perception influence towards the consumers’ positive emotions indicated by determinant coefficient R2 = 0.206 or for 20.6%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mangestuti, Retno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Persepsi Store Atmosphere; Pembelian Impulsif; Emosi Positif; Store Atmosphere Perception; Impulsive Buying; Positive Emotions | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 11:15 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2016 11:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3109 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |