Laraswati, Bara Septian (2015) Penerapan metode eksporatory discovery untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII di MtsN Sidorejo Magetan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11130063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari masalah, seringkali problem yang dihadapi dalam proses belajar mengajar adalah kecenderungan para siswa yang kurang antusias, begitu pula dalam pembelajaran IPS yang dialami pada siswa kelas VII MtsN Sidorejo Magetan, permasalahan tersebut kemungkinan besar dikarenakan metode yang digunakan oleh guru kurang bervariatif. Oleh karena itu perlu adanya inovasi yang dapat menyegarkan dalam pembelajaran IPS. Sebagai seorang guru yang professional, hendaknya dapat mengembangkan metode pembelajaran yang dapat memberi motivasi tersendiri bagi para siswanya. Metode Eksploratory Discovery sebagai salah satu metode alternatif dalam pembelajaran IPS, yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya, sehingga diharapkan dapat tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa. Dalam kegiatan belajar siswa, guru berperan sebagai penggerak atau pembimbing, sedangkan siswa berperan sebagai pelaksana atau peneliti. Penelitian skripsi ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau dalam bahasa asing sering dikenal Classroom Action Research (CAR) dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pemecahan masalah, menggunakan III siklus pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan mengetahui peningkatan Hasil belajar mata pelajaran IPS bagi siswa VII MtsN Sidorejo Magetan dengan menggunakan metode Eksploratory Discovery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Eksploratory Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Peningkatan ini ditunjukkan pada nilai rata-rata yang dicapai antara siklus I (68,1), siklus II (81,8) peningkatan prosentase 13,7 dan siklus III (95,6) peningkatan prosentase 13,8. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan dapat menjadi jembatan bagi munculnya penelitian baru. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dalam dunia penelitian pendidikan agar mutu pendidikan di Indonesia baik.
ENGLISH:
Learning and teaching activities cannot be separated from problem. Frequently, problem faced in learning and teaching process is that the students tend to be less enthusiastic, so does in the social science learning of class VII students of MtsN Sidorejo Magetan. The problems might be bigger due to the method used by the teachers which is less varied. Therefore, there must be innovation to freshen the students in social science learning. As a professional teacher, teacher should develop learning method that can provide particular motivation for the students. Exploratory Discovery Method is one of the alternative methods in social science learning that carries students into more comfortable learning atmosphere. Students will be more freely to explore new experiences in their learning, so that, learning activities will develop. In student’s learning activities, teacher is an advisor, whereas, students are executors and researchers. This research uses Classroom Action Research (CAR), while the research design is problem solving using III learning cycle. This Classroom Action Research (CAR) is purposed to figure out the improvement of social science subject’s study result of students class VII MtsN Sidorejo Magetan by using Exploratory Discovery Method. The result of the research shows that Exploratory Discovery Method is able to improve student’s Study Result for eachs IPS subject. The improvement is shown with the liveliness reached among cycle I (68,1), cycle II (81,8), the percentage of improvement 13,7, then, cycle III (95,6), the percentage of improvement 13,8. Based on the result, this research might be the means of new research appearance. In addition, this research is expected to broaden knowledge in education research in order to make education quality in Indonesia better.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Eksploratory Discovery; Hasil Belajar Siswa; Students’ Study Result | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 11:15 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2016 11:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3106 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |