Fadillah, Ega Yahya (2015) Perbedaan perspective-taking antara pejalan kaki dengan pengendara sepeda motor pada mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10410116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengendara motor dan pejalan kaki merupakan pengguna jalan mayoritas di Kota Malang. Antara keduanya sering sekali melanggar lalu-lintas, sehingga menimbulkan terjadinya konflik antar keduanya. Terjadinya konflik disebabkan oleh pengendara motor dan pejalan kaki sama-sama ingin diprioritaskan dan tidak menggunakan perspective-taking saat menggunakan jalan. Perspective-taking merupakan proses memahami pikiran-pikiran dan perasaan-perasaan orang lain dengan cara menempatkan diri sendiri pada posisi atau keadaan yang dialami orang lain itu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perspective-taking pengendara motor dan pejalan kaki serta untuk mengetahui perbedaan perspective-taking antara individu saat berperan sebagai pengendara motor dengan individu saat berperan sebagai pejalan kaki pada mahasiswa UIN MALIKI Malang. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana tingkat perspective-taking pengendara motor dan pejalan kaki dan apakah ada perbedaan perspective-taking antara individu saat berperan sebagai pengendara motor dengan individu saat berperan sebagai pejalan kaki.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam (anngkatan 2012) jurusan psikologi UIN MALIKI Malang yang berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perspective-taking. Analisis data yang digunakan adalah teknik t-test (uji beda) independent samples t-test.
Pada penelitian ini ditemukan bahwa mayoritas pejalan kaki mempunyai tingkat perspective-taking yang sedang yaitu dengan persentase 64% (32 mahasiswa), sedangkan 20% (10 mahasiswa) memiliki perspective-taking tinggi dan 16% (8 mahasiswa) memiliki perspective-taking rendah. Hal yang sama juga ditemukan pada mayoritas pengendara motor mempunyai tingkat perspective- taking yang sedang, yaitu 64% (32 mahasiswa) sedangkan 22% (11 mahasiswa) memiliki tingkat perspective-taking tinggi dan 14% (7 mahasiswa) memiliki tingkat perspective-taking rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pespective-taking yang signifikan antara individu saat berperan sebagai pejalan kaki dengan individu saat berperan sebagai pengendara motor, hal ini ditunjukkan oleh koefisien = 2,152 dengan = 1,980 dan berada pada signifikansi 0,05 yang menunjukkan bahwa > (2,152 > 1,980), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha1 dan Ha2 diterima.
ENGLISH:
Bikers and pedestrians constitute the majority of road users in the city of Malang. Between the two often violate traffic, causing conflict between the two. Conflicts caused by bikers and pedestrians alike want prioritized and do not use perspective-taking while using the road. Perspective-taking is the process of understanding the thoughts and feelings of others by placing themselves in the position or state that happened to someone else.
This study aims to determine the level of perspective-taking bikers and walkers as well as to know the difference between an individual perspective- taking when acting as a motorist with the individual while acting as a pedestrian on UIN MALIKI Malang students. So that the problem in this research is how the level of perspective-taking bikers and pedestrians and whether there are differences in perspective-taking between individuals when acting as a motorist with the individual while acting as pedestrians.
This study uses descriptive quantitative research. Subjects were taken in this study is a six semester students (class of 2012) psychology of UIN MALIKI Malang, amounting to 50 people. The sampling technique in this research is to use random sampling. Methods of data collection in this study using a scale perspective-taking. The data analysis technique used is the t-test (different test) independent samples t-test.
This study found that the majority of pedestrian have this level of perspective-taking is the percentage being 64% (32 students), whereas 20% (10 students) have a high perspective-taking and 16% (8 students) have a low perspective-taking. The same was found in majority of motorists in middle category with the percentage of 64% (32 students), whereas 22% (11 students) have higher levels of perspective-taking and 14% (7 students) have a perspective-taking level lower. The result showed that there is a significanct differences in perspective-taking between individuals while acting as a pedestrian with individuals while acting as a motorist, this is indicated by the coefficient = 2,152 with = 1,980 and is at 0.05 which indicates that > (2.152 > 1.980), thus it can be concluded that Ha1 and Ha2 accepted.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yahya, Yahya | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perspective-taking; Pejalan Kaki; Pengendara Motor; Pedestrian; Motorists; Bikers; Walkers | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2016 11:15 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2016 11:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3100 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |