Rancang bangun game 3D sebagai sarana mengingat hafalan Al-Qur’an dengan menerapkan metode Perceptron untuk memberikan prilaku pada NPC

Akaputra, Alian (2015) Rancang bangun game 3D sebagai sarana mengingat hafalan Al-Qur’an dengan menerapkan metode Perceptron untuk memberikan prilaku pada NPC. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
10650042.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Al-Qur’an diturunkan sedikit demi sedikit agar mudah di pelajari dan di hafalkan serta meneguhkan hati yang menerimanya. Al qur’an merupakan petunjuk bagi manusia dan sumber pokok ajaran islam. Al qur’an sangat penting untuk di hafal dan dipelajari. Adapun cara mengingat al quran yaitu selalu bersama al quran. Berbagai metode dan media belajar dibuat untuk memudahkan dalam mengingat hafalan al qur’an. Salah satunya adalah media game. Game ini berbentuk 3D dimana pemain berpetualang untuk mengingat hafalan al quran. Tujuan dari permainan ini adalah mengumpulkan ayat yang berada di area permainan secara urut sesuai dengan misi yang di berikan.

Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa implementasi perceptron untuk memberikan perilaku pada NPC pada game mencapai cahaya dapat berjalan dengan baik. Algoritma perceptron diterapkan pada NPC. Algoritma ini digunakan untuk memberikan perubahan perilaku NPC. Perubahan perilaku akan diproses menyesuaikan jumlah ayat yang dikumpulkan dan jumlah nyawa yang tersisa. Dari uji coba algoritma, diketahui epoch terkecil menggunakan threshold 0,1 dan untuk waktu eksekusi tercepat dengan menggunakan learning rate = 0.2 dan threshold = 0.1, waktu eksekusi yang di capai yaitu 0.936906 sedangkan waktu eksekusi tercepat dengan menggunakan learning rate = 0.7 dan threshold = 0.1, waktu eksekusi yang di capai yaitu
0.937644.

ENGLISH :

Al-quran was revealed little by little so easy to learn and memorize and uplift hearts to receive it. Al-Quran is a guidance for mankind and the source of the basic teachings of Islam. The Qur'an is very important to remember and learn. As for how to remember the Quran that is always with Al-Quran. Various methods and media of learning is made to facilitate the recall memorizing al-ur'an. One is the media game. This game shaped 3D where players adventure to remember memorizing the Quran. The objective of the game is to collect verses are in the game area in sequence according to the mission that is given.

Based on the test results it can be concluded that the implementation of the perceptron to provide the behavior of the NPCs in the game reaches the light can work well. Perceptron algorithm is applied to this NPC.Algoritma used to provide behavior change NPC. Changes in behavior are processed to adjust the number of verses were collected and the number of lives left. Of test algorithms, known epoch using a threshold of 0.1 and the smallest for the fastest execution time by using learning rate = 0.2 and threshold = 0.1, the execution time achieved is 0.936906 while the fastest execution time by using learning rate = 0.7 and threshold = 0.1 , execution time achieved is 0.937644.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Faisal, Muhammad and Nurhayati, Hani
Keywords: Given memorizing the Qur'an; Game Education; Artificial Neural Networks; Perceptron; Mengingat Hafalan Al Quran; Game Edukasi; Jaringan Syaraf Tiruan; Perceptron
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika
Depositing User: Alexander Malik
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:27
Last Modified: 27 Jun 2016 05:27
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3097

Actions (login required)

View Item View Item