Strategi pendidikan akhlak di MTs Negeri Malang III Gondanglegi Kabupaten Malang

Aliyah, Indah Khinanatul (2015) Strategi pendidikan akhlak di MTs Negeri Malang III Gondanglegi Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11110209.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)

Abstract

INDONESIA:

Permasalahan seputar akhlak bangsa Indonesia cukup memprihatinkan, misalnya pencurian, perampokan, tawuran antar pelajar, kebiasaan menyontek saat ujian, seks bebas, pemerkosaan dan berbagai kekerasan terhadap anak dan remaja. Kondisi ini menandakan bahwa pendidikan akhlak tidak berdampak terhadap perubahan perilaku siswa, ini disebabkan oleh strategi yang digunakan selama ini masih konvensional yaitu strategi yang biasa saja atau cara yang tradisional. Dalam proses pendidikan akhlak dibutuhkan strategi yang efektif. Di MTs Negeri Malang III Gondanglegi Kabupaten Malang guru telah melakukan strategi guna untuk menanamkan nilai-nilai akhlak dan untuk mecapai tujuan dari pendidikan akhlak.

Rumusan masalah penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pendidikan akhlak di MTs Negeri Malang III Gondanglegi?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi pendidikan akhlak di MTs Negeri Malang III Gondanglegi? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Wawancara, (2) Observasi, (3) Dokumentasi. Informan ditentukan melalui teknik purposive sampling. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap analisis yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat.

Hasil penelitian menunjukkan strategi yang digunakan oleh guru dalam perencanaan yakni mengembangkan bidang akademik pelajaran PAI, bidang non akademik dan profesionalisme guru. Dalam pelaksanaan, seperti pembelajaran, keteladanan, larangan dan nasihat, pengawasan, hukuman serta pembiasaan sesuai ajaran agama. Sedangkan dalam evaluasi yang digunakan adalah observasi, dan penilaian antar siswa, penilaian diri dan portofolio. Faktor pendukungnya adalah bimbingan dari keluarga besar MTs Negeri Malang III Gondanglegi, keterlibatan keluarga dan masyarakat yang kondusif. Kemudian faktor penghambatnya adalah karakter dan asal daerah siswa yang berfariasi, penyala gunaan teknologi, dan lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurang kondusif. Solusi yang lakukan adalah dengan guru tetap bekerja sama dengan pihak keluarga untuk mendidik akhlak siswa, dan memberikan motivasi-motivasi kepada siswa untuk tetap mematuhi ajaran agama dan selalu melakukan akhlak terpuji.

ENGLISH:

Nowadays, problems of morals in Indonesia become concerned enough, for example robbery, looting, gang fighting among student, cheating while examination, free-sex, and other violence to children and adolescent. These condition become notice that moral education do not give impact to change attitude of student, becuase of strategy that use to apply are still conventional and no variation. For example, teacher use speech method to explain but they use writing test for evaluation. When teaching proces about moral education, teacher need effective and full variation of teaching strategy.

This research has focus of the research, that are : 1) How about strategy of moral education in MTsNMalang III Gondanglegi ?, 2) What about supporting factor and resctricting factor for strategy of moral education in MTsN Malang III Gondanglegi ? This research use qualitative approach with descriptive method. Technique of collecting data use (1) Interview, (2) Observation, (3) Documentation. Informant is determined by purosive sampling technique. Meanwhile, data analysis use descriptive analysis with three steps of analysis as follow as (1) Data Reduction, (2) Data Presentation, (3) Conclusion. For checking of the validity of the data author uses persistence of observation, triangulation, and checking friend colleague.

The result showed the strategies used by the teacher in planning are develop academics lesson of Islamic education, a non-academic field and professionalism of teacher. In implementation, such as learning, example, prohibition and advice, supervision, punishment and conditioning according religious teachings. While in the evaluation used are observation, assesment among students, self-assesment, and portofolio. Supporting factors are great family guidance from MTsN Malang III Gondanglegi, involvement of families and society that are condusive. Then the restricting factor is a character and origin varied student area, technology, anf abusive family environment and community that are less condusive. Solutions that keps teachers do work closely with the family to educate morals of students, and provide many motivations to students so they always obey of religion teaching and act with praise moral.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rossidy, Imron
Keywords: Strategi; pendidikan akhlak; strategy; moral education
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 27 Jun 2016 04:13
Last Modified: 27 Jun 2016 04:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3091

Actions (login required)

View Item View Item