Fitriyah, Ainur (2020) Praktik giveaway pada online shop di media Instagram perspektif Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan hukum perjanjian syariah: Studi di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
This is the latest version of this item.
|
Text (Fulltext)
15220159.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Program Giveaway merupakan salah satu program sales promotion pada Online Shop, dimana kegiatan ini berupa pemberian hadiah gratis kepada siapa saja sesuai dengan produk yang dijanjikan oleh seller, namun peserta harus memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah gratis tersebut. Praktik ini dilakukan secara online di media Sosial Instagram. Untuk pelaksanaannya sendiri belum ada ketentuan yang pasti, semua ketentuan dan persyaratan diatur oleh penyelenggara sendiri.
Dalam praktik ini ada dua permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini. Yang pertama, Bagaimana praktik Giveaway pada online shop di media Instagram perspektif UU ITE No. 11 Tahun. 2008? Yang kedua, Bagaimana praktik Giveaway pada online shop di media Instagram perspektif Hukum Perjanjian Syariah?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan wawancara secara langsung dan secara virtual kepada penyelenggara dan peserta giveaway, serta dokumentasi. Dari data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analisis yang dikaitkan UU ITE No. 11 Tahun. 2008 dan Hukum Perjanjian Syariah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Praktik giveaway yang dilakukan oleh pemilik online shop diatur dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2008. Dalam regulasi tersebut diatur walaupun tidak dijelaskan atau disebutkan secara detail. Selain daripada itu, dalam undang-undang tersebut juga menjelaskan tentang resiko hukum manakala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka dapat dibawa ke ranah hukum. (2) Dalam hukum Perjanjian Syariah, praktik giveaway menjadi sesuatu yang sah-sah saja selama proses transaksinya berlandaskan kepada syariah yang berlaku, yakni adanya kesepakatan yang sama-sama enak antara pemberi dengan penerima yang dimana tidak ada unsur saling merugikan atau salah satunya dibuat rugi.
ENGLISH:
Giveaway program is one of sales promotion programs in Online Shop, an activity in the form of giving free gifts to anyone in accordance with the product promised by the seller, however, participants must meet the requirements to get the free gift. This practice is carried out online on Instagram social media. For the implementation itself, there are no definite provisions, all terms and conditions are regulated by the organizer itself.
There are two problems of this practice that are studied in this thesis. First, how is the practice of giveaway in online shops on Instagram media in the perspective of Law Number 11 of 2008 concerning Electronic Information and Transactions? Second, how is the practice of giveaway in online shops on Instagram media in the perspective of Sharia Agreement Law?
This research uses empirical juridical research with a qualitative approach. The data collection technique in this research was done by directly and virtually interviewing the giveaway organizers and participants, as well as documentation. This data was then analyzed using descriptive analysis techniques associated with Law Number 11 of 2008 concerning Information and Electronic Transactions and Sharia Agreement Law.
The conclusions of this study are (1) The practice of giveaway by online shop owners is regulated in Law No. 11 of 2008. The law regulates the matter even though it is not explained or mentioned in detail. Apart from that, the law also describes legal risks that if there are undesirable events happen they may be brought into the realm of law. (2) In the Sharia Contract law, the practice of giveaway is something that is legal as long as the transaction process is based on the applicable sharia, namely there is a mutually pleasing agreement between the giver and the recipient in which no element of mutual harm exists nor one of the parties is at a loss.
ARABIC:
عملية عطاء الهدية من أعمال ترويج المبيعات في متجر على الانترنت، وهي عملية عطاء الهدية إلى
.من يستجيب للشروط. وهذه عملية في الإنتاكرام. و جميع الشروط عيّنها منّفذ
وفي هذه عملية توجد مشكلتان، وبحثتها الباحثة في هذا البحث. الأول،كيف عملية عطاء الهدية في متجر على الانترنت في الإنتاكرام بمنظور قنون رقم 11 سنة 2008 فيها يبحث عن إخباري و عملية تجارية؟ والثاني،كيف عملية عطاء الهدية في متجر على الانترنت في الإنتاكرام بمنظور حكم العقد الشرعي؟
وهذا البحث يستخدم المنهج القانوي الميداني بالمدخ الكيفي. وتستخدم الباحثة المقابلة و الوااق في أسلوب جمع البيانات. وتحليلها بالتحلي الوصفي يواف بالقنون رقم 11 سنة 2008 فيها يبحث .عن إخباري وعملية تجارية وحكم العقد الشرعي
ونتيجة لهذا البحث (1) عملية عطاء الهدية التي علمها تاجر في الإنترنت تكتب في القنون رقم 11 سنة 2008 . فيها تكتب عملية ب لا تشرح شرحا. وفيها يكتب الخطر الحكمي عندما توجد .المشكلة في الواقع
في حكم العقد الشرعي، عملية عطاء الهدية ص ّحة بشرط العملية موافقة بالشريعة، وهي يوجد (2) التراضي بين الباقع و المشتري
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Suwandi, Suwandi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | giveaway; transaksi elektronik; online shop; akad hukum perjanjian syariah; electronic transactions; online shop; sharia agreement contract law; الهدية; عملية تجارية في إنترنت; متجر على الانترنت; حكم العقد الشرعي | ||||||
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012716 al-Hibah (Hadiah) |
||||||
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah | ||||||
Depositing User: | Ainur Fitriyah | ||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2021 14:29 | ||||||
Last Modified: | 23 Sep 2021 14:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/30885 |
Downloads
Downloads per month over past year
Available Versions of this Item
- Praktik giveaway pada online shop di media Instagram perspektif Undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dan hukum perjanjian syariah: Studi di Kota Malang. (deposited 23 Sep 2021 14:29) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |