Maharsari, Athik Faradisa (2016) Pembelajaran Sosisologi berbasis integrasi: Studi kasus di SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11130052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran Sosiologi berbasis Integrasi belum banyak digunakan di berbagai sekolah umum. SMA Al-Rifa’ie telah menerapkan pembelajaran Sosiologi berbasis integrasi semenjak adanya Kurikulm 2013. Pesantren pada umumnya merupakan tempat mempelajari ilmu agama, tetapi pada dewasa ini, kita harus sadar betapa agama dan dunia harus berjalan dengan berdampingan dan seimbang. Hal tersebutlah akhirnya yang menyadarkan betapa pentingnya pembelajaran berbasis integrasi.
Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mengetahui perencanaan pembelajaran Sosiologi berbasis Integrasi di SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang, (2) Mengetahui proses pembelajaran Sosiologi berbasis Integrasi di SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang, (3) Mengetahui hasil pembelajaran Sosiologi berbasis Integrasi di SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan melakukan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Perencanaan pembelajaran Sosiologi berbasis Integrasi di SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang adalah dengan membuat Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP) dan menentukan variasi pembelajaran, untuk memudahkan guru menyampaikan dan menyajikan materi pelajaran, (2) Proses pembelajaran Sosiologi berbasis Integrasi di SMA Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang yaitu dengan menyelipkan ayat Al-Quran pada BAB yang akan dipelajari, (3) Guru Sosiologi mengevaluasi peserta didik bukan berdasarkan nilai tertulis saja, tetapi perilaku siswa juga menjadi acuan dalam penilaian seperti yang kita tahu bahwa Kurikulum 2013 dapat meningkatkan pendidikan berkarakter seorang peserta didik.
EMGLISH:
Sociology learning based on integration has not been widely used in public schools. SMA Al-Rifa'ie was implemented Sociology learning based integration since from the appear of 2013 curriculum. Generally, boarding school is a place to study about religious sciences, but today we must know that religious sciences and general sciences must be balance. From this reason above, is an important point of the importance of integration based learning.
The objectives of this study are: (1) Understand the learning plan based on Integration Sociology at SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang, (2) Understand the learning process based integration Sociology at SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang, (3) Understand the learning result of Sociology Integration based on SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang.
To achieve the above objectives, researcher using descriptive qualitative research approach. The key of this instrument is the researcher, and data collection techniques are observation, interview, and documentation. Data were analyzed by reducing the data, presenting data, and verify or conclusion. After the researchers used triangulation to the validity of the data.
The results of this research are, (1) Plan of sociology learning based on integration at SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang is making of Preparation Plan (RPP) and determine the variation of learning, to easier the teacher in the learning process, (2) The learning process of Sociology integration at SMA Al-Rifa'ie Gondanglegi Malang by inserting verses of the Quran in Chapter which will be studied, (3) Sociology teacher evaluate the students rather than on the value of the written, but the student's behavior is also a reference in the assessment as we know that Curriculum 2013 can improve the educational character of learner.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajarn Sosiologi; Integrasi; Sociology Learning; Integration | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2016 13:29 | ||||||
Last Modified: | 25 Jun 2016 13:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/3036 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |